3 Resep Waffle Ala Cafe Lembut

3 Resep Waffle Ala Cafe Lembut – Waffle, siapa sih yang tidak kenal dengan camilan lembut yang satu ini? terbuat dari bahan utama tepung terigu yang di olah menjadi kue yang memiliki rasa ciamik ini memang disukai banyak orang. Waffle atau yang sering disebut Wafel ini memiliki tesktur yang lembut di dalam namun crispy di luar. tekstur renyah nya benar-benar mengigit di lidah, dan tekstur lembutnya lumer dimulut.

Jika dirasa-rasa makanan Waffle ini hampir mirip dengan pancake yang lembut. memang benar, karena untuk bahan-bahan digunakan hampir sama dengan pancake. cuma bedanya untuk pancake biasanya memiliki bentuk bulat/oval dan tampilannya bulat rapih seperti macam Serabi, Kue Dorayaki, Martabak Manis dan semacamnya. sedangkan untuk tampilan Waffle memiliki banyak sekali bentuk dan kreasinya.

Dari bentuk bulat, peregi, persegi panjang, segitiga lengkap dengan bulatan-bulatan waffle yang membuat tampilan jajanan Waffle semakin menarik. nah, bagi anda yang penasaran dan ingin mencoba membuat Pancake yang lezat dengan sirup maple nya, silahkan klik resepnya disini Resep Pancake Pisang Ekonomis. lanjut ke waffle, jajanan kafe yang populer di tahun 2015 ini merupakan kue yang berasal dari Belgia, benua Eropa. namun karena kelezatannya, kini Waffle menjadi jajanan nge-hitz dimana-dimana seperti Indonesia, Perancis, Belanda, Skandinavia dan Amerika Serikat.

Untuk membuat Waffle Ala Cafe yang enak dengan bentuk dan ukuran yang menarik, kita akan menggunakan cetakan Waffle/waffle iron bermotif. sebenarnya ada banyak variasi cetekan Waffle berdasarkan jenis alat yang terbuat dari besi serta aneka resep yang digunakan. ada lebih dari satu lusin varietas, namun kami rasa itu hanya ada di Belgia saja. walaupun Waffle sudah masuk deretan jajanan yang populer di Indonesia, namun sayangnya waffle ini termasuk santapan yang dijual ditempat-tempat khusus saja, seperti cafe atau restauran.

Jadi dapat anda bayangkan harga dari sebuah Waffle yang dijual di tempat-tempat khusus ini bukan? nah, dari pada merogoh kocek dalam-dalam lebih baik membuatnya sendiri dirumah. cara membuat Waffle ala cafe dengan aneka kreasi seperti Original Waffle/Waffle Belgia, Chocolate Waffle, Churro Waflle, Matcha Waffle, Waffle Red Velvet dan Waffle Daging Asap ternyata sangat mudah dan tidak ribet loh. karena admin penggemar Waffle, kali ini kami akan membagikan 3 Resep Waffle Ala Cafe Aneka Kreasi yang akan membuat lidahmu tak ingin berhenti bergoyang.

Yasudah, yuck disimak ke 3 Resep Waffle Ala Cafe dan Cara Membuatnya seperti dibawah ini. disimak, lalu segera di pratekkan yaa.. semoga sesuai selera šŸ™‚

1. Resep Basic Belgian Waffle dan Cara Membuat

waffle belgia

Resep Basic Belgian Waffle dan Cara Membuat

Sebelum anda mencoba berbagai resep kreasi dari waffle yang beraneka macam bentuk dan rasanya, kita mulai terlebih dahulu dengan belajar membuat Waffle sederhana namun yang paling menjadi idola yaitu Resep Waffle Belgia. Waffle Belgia ini enak sekali disajikan dengan topping apapun, Ā seperti Kismis, Keju, Kacang, Coklat, Selai Strawberry, pandan, Selai Blueberry, es krim, sirup coklat, buah-buahan seperti pisang, duren dan madu, saus blueberry dan lain sebagainya.

Bahan Untuk Membuat Waffle Belgia:

  • Tepung terigu serba guna 100 gram
  • Tepung maizena 25 gram
  • Telur ukuran besar 1 butir ( pisahkan antara kuning dan putihnya )
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • Baking soda 1/4 sendok teh
  • Susu cair 240 mili liter
  • Minyak sayur 6 sendok makan
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Vanila bubuk 1/2 sendok teh

Cara Membuat Basic Belgian Waffle :

  1. Langkah awal panaskan cetakan waffle pada suhu 150 serajat Celcius.
  2. Setelah itu campurkan bahan-bahan kering seperti tepung terigu, tepung maizena, baking powder, baking soda, dan garam menjadi satu, lalu ayak hingga rata.
  3. Selanjutnya campurkan kuning telur yang sudah dipisahkan dari putihnya dengan susu cair dan minyak sayur.
  4. Kemudian diwadah terpisah, kocok putih telur hingga mulai mengembang. sambil terus dikocok, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit. kocok terus hingga busa putih telur menjadi kaku dan meninggalkan jejak, lalu tambahkan vanilla bubuk.
  5. Langkah selanjutnya satukana adonan bahan-bahan basah seperti campuran susu cair, minyak sayur dan kuning telur ke dalam adonan bahan kering yang sudah kita ayak tadi. aduk dengan menggunakan mixer sampaia adonan tercampur dengan rata. masukkan putih telur yang sudah dikocok dengan gula dan vanilla tadi ke dalam adonan. aduk perlahan dengan menggunakan spatula sampai adonannya menyatu.
  6. Oleskan mentega pada cetakan waffle yang sebelumnya sudah di panaskan. setelah itu tuang adonan waffle secukupnya ke dalam cetakan waffle. masak sampai berwarna kecoklatan dan bagian luarnya mulai mengeras. angkat waffle, lalu beri toping pilihan anda d atasnya.
  7. Waffle belgia siap untuk disajikan.

Belgian Waffle ini cocok dimakan dengan aneka kreasi Waffle apapun yang anda suka. ciri khas dari Belgian Waffle adalah disajikan dengan sirup maple. namun karena sirup maple sedikit sulit didapatkan di Indonesia, anda dapat berkreasi sesuka kalian untuk memilih topping yang pas untuk waffle yang anda buat.

2. Resep Chocolate Waffle/Coklat Wafel

waffle coklat

Resep Chocolate Waffle/Coklat Wafel

Tidak hanya cocok sebagai topping, cokelat juga enak dijadikan sebagai rasa/bahan utama dari kreasi Waffle. cokelat yang memiliki rasa manis legit memberikan sensasi yang super nikmat disetiap gigitannya. Waffle Coklat atau Chocolate Waffle ini paling enak di padukan dengan rasa manis nya buah-buahan yang alami. rasanya enak, layak disajikan untuk orang terkasih dan keluarga tercinta. yuck diintip Bahan-bahan dan Cara Membuat Chocolate Waffle seperti berikut ini.

Bahan-bahan Chocolate Waffle :

  • Butter 240 gram, lelehkan
  • Telur 4 butir ( kocok )
  • Gula 300 gram
  • Bubuk kakao/bubuk cokelat 120 gram
  • Tepung terigu 240 gram
  • Ekstrak vanila 1 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Air 120 mili liter

Cara Membuat Chocolate Waffle :

  1. Campur semua bahan diatas menjadi satu, aduk-aduk higga adonan tercampur dengan rata.
  2. Setelah itu panaskan cetakan waffle sampai suhu 130 derajat celcius. jangan lupa untuk mengoleskan mentega diatas cetakannya ya.
  3. Bila cetakan sudah panas, tuang adonan ke dalamnya. kemudian masak dengan menggunakan api sedang atau panas medium bila anda menggunakan pencetak waffle bertenaga listrik.
  4. Masak waffle satu persatu selama 50 detik hingga 1 menit.
  5. Waffle coklat siap untuk dinikmati.

Toping yang paling enak untuk disajikan dengan Chocolate Waffle ini adalah dengan es krim vanila. kenapa? karena Ice cream vanilla mampu menyeimbangkan rasa khas dari coklatnya. selain itu, memadukan toping buah-buahan, selai strawberry, selai blueberry, atau kacang-kacangan seperti cacahan almond, kenari dan kacang mede juga sangat enak dan lezat. silahkan dicoba yaa!

3. Resep Waffle Daging Asap Gurih

waffle daging asap

Resep Waffle Daging Asap Gurih

Waffle memang identik dengan rasa manis, namun waffle yang disantap dengan potongan daging asap juga tak kalah lezatnya loh. Waffle Isi Daging Asap ini paling cocok disajikan untuk sarapan pagi yang enak dan bergizi. selain itu dipadukan dengan keju parut juga sedap. anda dapat membuat Waffle dengan citarasa gurih ini untuk menu makan siang ataupun bekal anak ke sekolah. yuck, segera dicoba !

Bahan-bahan Waffle Daging Asap :

  • Tepung terigu serba guna 90 gram
  • Tepung maizena 30 gram
  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • Baking soda 1/4 sendok teh
  • Garam meja 1/4 sendok teh
  • Keju cheddar parut 65 gram
  • Daging asap 45 gram atau paperoni cincang
  • Daun bawang yang di potong tipis 1 sendok makan
  • Buttermilk 240 mili liter
  • Minyak sayur 80 mili liter
  • Telur 1 butir

Cara Membuat Waffle Daging Asap :

  1. Langkah awal ayak dan aduk tepung terigu, tepung maizena, baking powder dan baking soda menjadi satu dalam sebuah wadah/mangkuk.
  2. Setelah itu masukkan keju, daun bawang dan daging asap atau peperoni cincang. aduk hingga rata secara perlahan.
  3. Kemudian dalam mangkuk yang berbeda, campur buttermilk, minyak sayur dan telur hingg tercampur rata. bila sudah benar-benar tercampur, tuang adonan basah ini ke dalam bahan kering, aduk sampai tercampur dengan baik.
  4. Diamkan adonan selama 20 hingga 30 menit sebelum adonan waffle di masak agar adonan lebih mengembang dan bertekstur empuk.
  5. Selanjutnya panaskan cetakkan waffle hingga suhu 150 derajat celcius. olesi permukannya dengan mentega, lalu tuangi adonan secukupnya. masak sampai berubah warna menjadi berwarna cokelat keemasan.
  6. Angkat, dan nikmati Waffle daging asap selagi hangat.

Rasa lezat dan gurihnya waffle daging asap ini semakin lengkap dan komplit dengan tambahan telur mata sapi dan sosis saat penyajian. semprotnya sedikit saus sambal botolan atau mayonese bila suka hingga tampilannya mirip dengan Waffle Sandwich.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai ke 3 Resep Waffle Ala Cafe LembutĀ homemade nya. silahkan mencoba dan berkreasi sendiri sesuai dengan selera masing-masing ya. buka juga resep menarik lainnya dari kami seperti Resep Kue Kuping Gajah Renyah Empuk yang wajib untuk dicoba. terimakasih sudah membuka resephariini.com, semoga bermanfaat. bila anda menyukai artikel Resep Waffle Ala Cafe Lembut ini jangan lupa like dan share ke media sosial seperti facebook, twitter atau akun google+ kalian ya. sekian šŸ™‚

Advertisement