Resep Bakpao Isi Ayam Jamur Lembut Menul

Resep Bakpao Isi Ayam Jamur – Rasanya sudah lama banget pengin bikin bakpao yang enak dan menul. Tapi waktunya belum sempat terus. Akhirnya mumpung weekend, saya sempatkan membuat roti bakpao ini. Kali ini saya menggunakan isian ayam jamur yang di masak dengan bumbu kecap yang gurih.

Mungkin sebagian orang lebih suka isian bakpao manis ya. Seperti bakpao isi kacang hijau, bakpao cokelat, bakapo isi nutella, bakpao isi kelapa, bakpao selai stroberry, bakpao pisang dll. Tapi menurut saya isi ayam jamur juga enak loh. Hasilnya enak dan gurih, cocok di makan bersama cocolan saus sambal pedas atau saus tomat.

Yuk Cicipi : Resep Cotton Japanese Cheesecake Enak dan Super Lembut

Sebelum saya membagikan rahasia suksesnya saya membuat bakpao isi ayam jamur yang anti gagal dan menul-menul. Saya akan sedikit menjelaskan asal usul bakpao yang mungkin belum anda ketahui. Versi Wikipedia bakpao yang sering disebut raubao merupakan makanan trasdisional Tionghoa. Dikenal sebagai bakpao di Indonesia karena diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang Tionghoa di Indonesia.

bakpao daging ayam

Bakpao Daging Ayam

Pao yang berarti *Bungkusan* dan bak yang memiliki artian daging. Jadi bisa dikatakan bakpao ini adalah bungkusan yang berisi daging. Bakpao yang dalam bahasa Hakka / Khek yaitu Nyukpao / Yugpao yang memiliki arti yang sama yaitu Daging Berbungkus. Bakpao sendiri berarti harfiah adalah baozi yang berisi daging. Pada awalnya daging yang paling lazim digunakan adalah daging babi.

Advertisement

Cicipi Juga : Cara Membuat Roti Sarang Lebah (Bee Hives Bun) Ala Malaysia

Akan tetapi baozi sendiri kini dapat diisi dengan bahan lainnya seperti daging ayam, cincangan daging sapi, sayur-sayuran, serikaya manis, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau dan lain sebagainya sesuai selera sehingga menjadi bakpao halal. Sedangkan untuk bakpao yang berisi daging ayam dinamakan kehpao. Cara membuat roti bakpao isi ayam jamur tentu saja cukup mudah dan tidak sulit. Hanya saja kita harus sedikit bersabar menunggu proses fermentasi yang cukup membutuhkan waktu yang lama.

Kulit bakpao pada umumnya dibuat dari adonan tepung terigu yang diberi ragi untuk bahan pengembang adonan/roti/kue. Yang kemudian diberikan isian, lalu adonan dibiarkan sampai mengembang lalu dikukus sampai matang. Untuk membedakan isi bakpao yang dibuat, tanpa daging (vegetarian) atau isian manis biasanya di atas bakpao diberi titikan warna. Demikian juga dengan isian yang lain juga diberi tanda warna yang berbeda-beda mulai dari hijau (pandan), merah, hitam, coklat dll.

Oke, berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Bakpao Isi Ayam Jamur yang enak, menul dan anti gagal. Langsung di pratekkan ya 🙂

Step By Step Membuat Bakpao Isi Ayam Jamur

bakpao isi ayam jamur

Step By Step Membuat Bakpao Isi Ayam Jamur

Karena saat ini akan membuat bakpao isi ayam jamur, jadi kita masak ayam jamur kecapnya dulu ya. Berikut bahan dan cara membuatnya, cekidot!

Bahan Isi Ayam Jamur Kecap :

  • Daging ayam 100 gram (rebus dalam 500 mili air, lalu potong kotak kecil)
  • Jamur tiram 150 gram
  • Bawang bombay 1/2 buah, dicincang kasar
  • Bawang putih 2 siung, cincang kasar
  • Saus tiram 1/2 sendok makan
  • Kecap manis 1 sendok makan
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Garam / kaldu bubuk 1/2 sendok teh, jika suka
  • Merica 1/2 sendok teh

Cara Membuat Ayam Jamur Masak Kecap :

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai tercium aroma wangi sedap. Kemudian tambahkan ayam, aduk rata.
  2. Tambahkan saus tiram, kecap manis, garam, merica dan gula. Aduk rata.
  3. Kemudian tuangkan sisa air rebusan ayam tadi, dan masak sampai bumbu meresap. Koreksi rasa, sisihkan.

Setalah selesai membuat isian ayam jamur masak kecap, sekarang tinggal membuat adonan roti bakpao isi ayam jamur atau yang sering disebut kulit bakpao. Yuk bu ibu, silahkan di simak.

[Sponsor] Cari jam tangan/tas/kacamata branded yang stylish berkualitas dengan harga terjangkau? Cocok jadi hadiah untuk orang tersayang. Hubungi: PIN 7C608A6C / WA 082324908020

Bahan Adonan Kulit Bakpao :

  • Tepung terigu protein rendah 250 gram
  • Tepung tang mien 65 gram
  • Gula tepung 50 gram
  • Susu bubuk 20 gram
  • Ragi instan 6 gram (1 1/2 sendok teh)
  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • Putih telur 1 buah
  • Air es 150 mili liter
  • Mentega putih 30 gram
  • Garam 1/2 sendok teh

Langkah Membuat Kulit Bakpao :

  1. Campur tepung terigu, tepung tang mien, gula tepung, susu bubuk, ragi instan, dan baking powder. Aduk rata.
  2. Selanjutnya masukkan putih telur dan air es dengan sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan mentega putih dan garam, lalu uleni lagi sampai elastis (kalis). Lalu diamkan selama 30 menit.
  3. Kempiskan adonan, lalu timbang masing-masing seberat 25 gram bentuk bulat. Diamkan lagi selama 10 menit.
  4. Pipihkan adonan, beri isi secukupnya, lalu bentuk bulat. Letakkan adonan isi di atas kertas roti, lalu diamkan selama 40 menit sampai mengembang.
  5. Langkah akhir kukus roti bakpao isi ayam jamur selama 10 menit di atas api sedang sampai matang.

Tips Sukses Membuat Bakpao yang enak, berserat dan menul-menul adalah anda harus benar-benar menguleni adonan sampai benar-benar elastis. Jika di bentuk bulat, adonan harus bisa licin. Kalau bocel-bocel dan tidak licin, pertanda bahwa anda kurang menguleninya sehingga kurang elastis / kurang kalis.

Kemudian setelah adonan didiamkan selama 30 menit, adonan akan menjadi lebih lembut, mudah dibentuk dan jika di buka adonannya dengan dua tangan, adonan roti bakpao yang berhasil dan bagus akan muncul serat-serat. Inilah yang akan membuat bakpao isi daging ayam bisa berpori cantik dan lembut saat di makan. Jadi kuncinya saat menguleni adonan ya, ingat harus benar-benar kalis dan elastis.

Jangan Lewatkan : Resep Roti Manis Empuk Aneka Rasa, Enak dan Anti Gagal

Selanjutnya untuk tepung tangmien, menurut saya wajib memakainya. Bertujuan agar hasil akhir bakpao putih dan lembut. Yah, walaupun ada olahan bakpao yang dibuat tanpa tepung tangmien, namun hasilnya kurang bagus dan tampilannya kurang menarik. Soalnya tidak putih mulus layaknya bakpao tangmien. Jika anda bingung apa itu tepung tangmien, maka saya jelaskan sedikit ya.

bakpao daging

Bakpao Isi Cincangan Daging Ayam

Tepung tang mien merupakan tepung yang terbuat dari pati gandum, dengan warna yang lebih putih dan tektsur yang lebih halus dari tepung terigu. Tepung ini sering digunakan untuk membuat kulit hakau (dim sum udang) dan mantou. Tepung ini membuat warna kulit hakau dan mantou jadi transparan dan teksturnya menjadi lentur dan lembut. Anda dapat membeli tapung tangmien di TBK (toko bahan kue) dan swalayan terdekat.

Dengan ini, makanan yang diolah dengan tepung tang mien sebaiknya selalu berada di dalam alat pemanas sebelum disajikan. Misalnya seperti bakpao isi ayam jamur ini. Jika masih ada sisa bakpao yang tidak langsung dimakan sebaiknya segera di simpan di wadah tertutup lalu simpan di dalam freezer. Nah, ketika akan di sajikan lagi, baru deh bakpao di kukus lagi sebentar maka bakpao akan tersaji hangat dan lembut kembali.

Selain bakpao klasik seperti bakpao manis dan bakpao isi daging, kini muncul kreasi bakpao goreng bakpao mini, dan bakpao karakter yang tampilannya lebih bagus dan menarik. Untuk membuat bakpao karakter mungkin akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Ingin segera mencoba membuat Resep Bakpao Isi Ayam Jamur Lembut Menul ini? Yuk, segera dibuat!

Selamat mencoba dan bekreasi sendiri dengan resep dan cara membuat bakpao isi daging ayam jamur ini ya, Semoga bermanfaat.

Silahkan di share bunda, terimakasih 🙂

Sumber :
Diah Didi – Bakpao isi Ayam Jamur

Advertisement