Resep Bubur Sumsum dan Tips Membuatnya Agar Enak Lembut

Resep Bubur Sumsum dan Tips – Bubur sumsum merupakan salah satu bubur yang memiliki warna putih bersih yang berasal dari Jawa. Memiliki teksture lembut dan rasanya yang enak membuat bubur sum sum di sukai banyak orang. Gurihnya bubur sumsum yang terbuat dari tepung beras dan santan, dengan di padukan legitnya saus gula merah yang kental dan harum pandan, siapa yang berani menolaknya?

Saya juga salah satu penggemar bubur sumsum dari kecil. Kalau di Jawa (Purwokerto Banyumas), bubur sumsum ini di jual di pasar-pasar tradisional. Dengan harga yang cukup murah yaitu hanya Rp 1000,- saja. Selain di jual di pasar, bubur sum sum juga seringkali di jajakan oleh ibu-ibu atau mbah-mbah yang berjualan keliling dengan bantuan tenggok (keranjang dari bambu) gitu bun.

jenang sapar

Bubur Sumsum Candil Mutiara Komplit

Selain menjual bubur sum sum, biasanya penjual juga menyajikan bubur gempol yang sering disebut jenang gempol. Saking enak dan gurihnya bubur sumsum, selain populer di Indonesia, bubur ini juga terkenal sampai ke Negara tetangga. Seperti Malaysia, Singapura, bahkan sampai Hongkong dan Taiwan. Umumnya bubur sum sum ini di kenalkan kepada masyarakat di Negara tersebut oleh tenaga kerja wanita Indonesia yang bekerja di Negara tersebut. Wow, luar biasanya memang bubur sum sum ini ya bun.

Cicipi Juga : Resep Bubur Mutiara Jahe Kuah Santan, Pas Manis dan Gurihnya!

Cara membuat bubur sumsum sebenarnya merupakan hal yang sangat mudah dan praktis. Tapi kalau kita tidak hati-hati hasil olahan bubur yang kita buat bisa menggumpal dan bergirindil atau bahkan jadi terlalu padat. Padahal kan ciri khas dari bubur sum sum sendiri adalah bubur lembut yang dapat membelai lidah. Layaknya olahan Resep Wedang Kembang Tahu Kuah Jahe yang beberapa waktu lalu saya bagikan.

Nah untuk mendapatkan bubur sum sum yang enak, lembut dan tidak eneg saat di makan. Saya admin dari Resephariini.com akan membagikan kunci sukses atau Tips Membuat Bubur Sumsum yang perlu bunda ketahui agar hasilnya super lembut dan endes. Berikut tipsnya, yuk simak šŸ™‚

Tips Membuat Bubur Sumsum Agar Tidak Menggumpal Enak dan Lembut :

  1. Tips pertama adalah pakai santan segar yang agak kental untuk membuat bubur sum sum ini agar hasilnya enak, halus, mengkilat serta gurih rasanya. Minimal pemakaian perbandingan dari 100 gram tepung beras, dan 650 mili liter santan yang terbuat dari 1/2 butir kelapa parut. Tapi jika terpaksa tidak ada santan murni segar, bisa pakai santan instan siap pakai yang di encerkan terlebih dahulu dengan sedikit air agar hasilnya tidak eneg saat di makan. Pilih santan instan dengan kualitas baik ya bun. Kalau saya sih suka pakai Bumas, rasanya natural seperti kelapa asli. Enak deh!
  2. Sebenarnya untuk resep bubur sumsum asli / original / klasik, tepung beras yang dipakai harus fresh. Yaitu tepung beras yang baru di giling, karena kalau di Jawa banyak tempat penggilingan tepung di pasar-pasar atau di perorangan. Tapi jika tidak ada tepung beras fresh, bisa menggunakan tepung beras kemasan tak masalah. Tapi bunda di tuntut memilih atau menggunakan tepung yang bagus, agar tidak bau apek tepung berasnya.
  3. Untuk membuatnya cairkan terlebih dahulu tepung beras dengan sebagian santan, jangan langsung di tuang langsung tepungnya di atas santan yang mendidih. Nanti hasilnya bisa menggumpal dan di pastikan hasilnya menggumpal dan keras.
  4. Jangan lupa ketika memasak bubur ini harus terus di aduk-aduk sampai mengental, meletup-letup dan benar-benar tanak / matang (masak dan tidak bau tepung).
  5. Tambahkan pula daun pandan di bubur sum sum, bertujuan agar bubur semakin enak dan harum pandan yang menggoda.
  6. Kemudian jangan lupa masukkan garam ya bun ke dalam kudapan atau jajanan manis sekalipun, walaupun cuma seujung jari. Biar manis gurih.
  7. Terus agar kuah kinca atau saus gula merah lebih enak dan beraroma, jangan lupa tambahkan daun pandan dan kayu manis, pasti tambah endesss deh kuahnya dan pasti semakin enak dan wangi sedap.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang bubur sum sum dan Tips sukses agar hasilnya enak dan lembut. Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Bubur Sumsum aroma kayu manis yang wajib di coba.

Step By Step Membuat Bubur Sumsum

bubur sumsum

Step By Step Membuat Bubur Sumsum

Bahan-bahan Bubur :

  • Tepung beras yang bagus 100 gram
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Santan 650 mili liter dari 1/2 butir kelapa
  • Daun pandan 2 lembar, potong-potong

Bahan Saus Kinca :

  • Gula merah 200 gram, sisir
  • Air 100 mili liter
  • Kayu manis batangan 3 centi meter, cuci bersih (saya tambahkan ini agar makin wangi sedap,
  • kalau tidak ada skip saja)
  • Daun pandan 1 lembar, potong-potong
  • Sedikit garam

Cara Membuat Bubur Sumsum :

  1. Bubur Sumsum : Langkah pertama campur tepung beras dengan sebagian santan dan garam. Aduk rata.
  2. Kemudian masukkan sisa santan dan pandan sampai mendidih.
  3. Tuang larutan tepung beras, aduk sampai kental dan mendidih. Masak terus dan aduk terus agak lama dengan api kecil agar tidak bau tepung mentah, angkat.
  4. Saus Kinca : Masak semua bahan sampai mendidih dan gula larut. Lalu masak terus dengan api kecil sampai kuah gula merah mengental dan kecoklatan. Angkat, saring.
  5. Sajikan bubur sumsum hangat lengkap dengan saus gula jawa / merahnya. Mantap!

Kalau keluarga saya sukanya bubur sum sum dingin, jadi biasanya saya masukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu sebelum disajikan. Agar lebih komplit di tambahi bubur candil (bubur sapar) dan bubur mutiara. Pasti makin enak dan lezat deh! Kalau bunda ingin membuat bubur candil silahkan klik di sini Resep Kolak Biji Salak, Menu Takjil Idola Buka Puasa. Dibuat Yuk!

Semakin banyaknya orang yang suka dengan bubur sum sum, kini bubur sum sum tak melulu mempertahankan warna putihnya. Karena kini muncul inovasi bubur sumsum hijau, bubur sumsum cokelat, bubur sumsum tanpa santan bahkan bubur sumsum untuk bayi yang biasanya di santap di pagi hari untuk sarapan.

Oke, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Bubur Sumsum dan Tips Membuatnya Agar Enak Lembut. Semoga bermanfaat šŸ™‚

Sumber :
Diah Didi – Tips Membuat Bubur Sumsum Yang Enak dan Lembut

Loading...