Cara Membuat Bakso Daging Sapi Kenyal Special Kuah Sedap

Cara Membuat Bakso Daging Sapi Kenyal – Sebenarnya sudah lama sekali rasanya saya ingin membuat bakso daging sapi special yang kenyal ala abang-abang dan warung bakso. Namun apa lah daya dari kemarin saya lebih asik bikin kue dan es krim untuk jualan. Jadi baru sekarang menyempatkan waktu membuat hidangan yang jadi icon Indonesia ini. Apa lagi saat ini lagi musim hujan, jadi pas kan hujan-hujan makan yang hangat-hangat 🙂

Membuat bakso sapi yang kenyal dan mental selalu menjadi tantangan tersendiri bagi si pembuat bakso. Walaupun banyak resep bakso daging sapi yang beredaran di Internet. Mulai dari bakso sapi yang membuatnya dengan menghaluskan daging dengan cara di cincang sampai benar-benar super halus. Menguleninya, kemudian membanting-bantng adonan agar masing-masing serat terpisah dan menjadi kompak menyatu lalu di rebus hingga mengapung yang pertanda bakso matang. Menurut saya cara seperti itu merupakan cara jadul untuk membuat bakso.

Karena saat ini ada banyak cara membuat bakso daging sapi ala abang-abang yang mudah dibuat dengan bantuan blender dry mill kecil yang biasa digunakan untuk menggiling bumbu dan biji-bijian. Namun karena mesin ini cenderung menjadi lebih panas di gunakan untuk menghaluskan daging jadi bisa menggunakan blender, chopper atau food processor. Cara lain kalau tidak punya alat bisa menggiling daging di tempat penggilingan yang biasanya ada di pasar tradisional atau tempat jualan daging terdekat.

bakso daging

Bakso Daging Sapi Homemade

Kunci utama membuat bakso kenyal adalah merubah struktur dan tekstur serat daging yang kasar menjadi luar biasa halus. Jadi alat sangat penting untuk mendapatkan daging giling super halus agar hasilnya benar-benar bakso daging sapi special. Selain alat, faktor lainnya adalah kesegeran bahan yang digunakan, maksud saya adalah kualitas daging sapi yang digunakan. Sebaiknya gunakan daging segar yang belum dibekukkan sama sekali di freezer, kalau perlu yang masih berdarah. Kondisi daging seperti ini sangat bagus di olah menjadi bakso.

Yuk Icip-icip : Resep Membuat Bakso Ikan Homemade

Mungkin sebagian anda tidak percaya dengan saran ini, namun anda akan merasakan sendiri perbedaan hasil bakso daging yang fress dengan daging yang sudah dibekukan. Sungguh hasilnya sangat jauh berbeda, daging segar akan menghasilkan bakso yang berwarna lebih gelap, tekstur bakso kenyal dna rasanya super gurih. Sementara untuk daging beku menghasilkan bakso yang bewarna pucat keputihan. Teksturnya seperti busa, dengan rasa yang hambar, jadi hilang ciri khas gurih daging di dalamnya

Sekarang pertanyaannya, bagian daging sapi manakah yang terbaik / terenak untuk membuat bakso? Menurut pengalaman saya bagian paha dan top side selalu dianjurkan untuk digunakan dalam resep bakso daging sapi kenyal alami. Saran ini bukan tanpa maksud, karena daging paha memiliki tekstur lebih liat, kompak dengan ikatan serat yang lebih halus.

Sedangkan daging dari bagian yang berotot (skeletal) seperti bagian paha mempunyai daya ikat yang tinggi karena banyak yang mengandung miofibril (serabut otot) dan jaringan pengikat, yaitu komponen fungsional yang sangat penting untuk pembentukan gel. Gel ini akan terbentuk kala daging bakso di rebus dalam air panas dan membuat hasil bakso menjadi kenyal.

bakso-daging-sapi

Bakso Daging Sapi Lengkap Tahu dan Pangsit Goreng

Jika anda membandingkan antara resep bakso daging sapi yang versi jadul dengan step by step membuat bakso daging sapi yang saya bagikan kali ini. Mungkin akan ada banyak bahan yang tidak perlu di masukkan ke dalammnya. Contohnya seperti kecap ikan, banyak resep bakso sapi yang menggunakan kecap ikan yang bertujuan agar rasanya lezat dan gurih. Dan ternyata tanpa kecap ikan pun kalau daging yang digunakan segar hasilnya super gurih.

Cicipi Juga : Resep Membuat Bakso Ikan Lele

Beberapa proses pembuatannya juga saya skip, misal menguleni, membanting-banting dan memasukkan bakso ke dalam air es setelah perebusan. Dan hasilnya pun tetap kenyal dan mantal. Bakso lezat ini paling pas jika di santap dengan kuah bakso atau kuah kaldo bakso yang super duper mantap maknyus. Untuk itu diperlukan kaldu daging sapi asli sebagai bahan dasarnya.

Homemade kaldu daging sapi yang gurih dan lezat ternyata cukup mudah di buat. Nanti saya akan jelaskan langkah membuat kuah bakso daging sapi yang enak dan segar. Selain kuah yang sedap, bakso akan menjadi lebih special jika anda menambahkan potongan tahu, mie soun dan potongan bengkuang di dalam kuahnya. Mungkin banyak dari anda yang belum pernah menambahkan potongan bengkuang ke dalam sup / sop maka anda harus mencobanya.

Karena umbi putih yang satu ini memiliki kelebihan dapat membuat kuah lebih segar dan gurih. Selain itu crunchy bengkuang yang tidak memiliki aroma dan rasa yang kuat membuat bengkuang mudah berbaur dengan bahan lainnya.

Oke berikut Bahan-bahan dan Proses Membuat Bakso Daging Sapi Kenyal untuk 50 butir bakso ukuran standar, lengkap dengan kuah super maknyusss.

Step By Step Membuat Bakso Daging Sapi dan Kuah

bakso daging sapi

Resep dimodifikasi dan diadaptasi dari Bunda Endang JTT

Bahan Bumbu Bakso :

  • Daging sapi bagian paha atau top side 500 gram (Pilih kondisi segar bukan beku dan sebaiknya tidak dicuci. Atau jika ingin dicuci sebaiknya saat daging masih dalam bongkahan besar, bukan setelah dipotong-potong)
  • Es batu 6 kotak (ice cube ukuran kurang lebih 2x2cm)
  • Putih telur 2 butir
  • Tepung tapioka / kanji 4 sendok makan
  • Garam 2 1/2 sendok teh
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Merica bubuk 1 sendok teh
  • Baking powder double acting 1/2 sendok makan (Bisa menggunakan baking soda)
  • Minyak goreng 2 sendok makan (minyak membuat daging menjadi lebih licin dan halus kala digiling)

Bahan dan Bumbu Kaldu :

  • Tulang dada ayam + kulitnya 2 buah (bisa diganti dengan tulang sapi)
  • Air 1 liter

Bumbu Halus Kuah Kaldu :

  • Bawang putih 5 siung
  • Jahe 3 centi meter
  • Garam secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Masako sapi 1/2 bungkus
  • Gula pasir sesuai selera

Bumbu Tambahan Kuah Kaldu :

  • Daun jeruk 2 lembar
  • Serai 1 batang (geprek)

Bahan Pelengkap Bakso :

  1. Buah bengkuang 1/2 buah atau berat 500 gram, potong kubus atau kecil-kecil sesuai selera
  2. Caisim atau pokcoy secukupnya, rebus
  3. Tahu putih 15 buah ukuran 3x3cm, goreng matang lalu masing-masing potong menjadi 4 bagian
  4. Daun bawang 2 batang, rajang halus
  5. Bawang goreng secukupnya untuk taburan
  6. Mie soun kering 100 gram (rebus sebentar sampai lunak, tiriskan)
  7. Sambal cabai rawit (rebus 25 buah cabai rawit merah sapai lunak, haluskan)

Cara Membuat Bakso Daging Sapi :

  1. Pertama-tama hancurkan daging dengan food processor atau chopper bersama setengah porsi es batu, putih telur dan minyak goreng. Setelah daging sapinya hancur dan halus, masukkan bumbu bakso lalu giling sampai benar-benar menyatu dan masukkan setengah lagi es batu, putih telur dan minyak.
  2. Proses mengancurkan daging pastikan benar-benar seperti pasta ya bun, kalau belum seperti pasta pasti baksonya nanti akan bergerindil. Matikan chopper atau food processor beberapa kali sampai benar-benar halus adonannya.
  3. Selanjutnya bulatkan bakso menggunakan tangan atau sendok lalu masukkan ke dalam air yang belum mendidih, setelah adonan bakso semua sudah di bentuk bulat-bulat baru deh airnya di didihkan dengan menggunakan api kecil. Jika baksonya sudah mengapung pertanda bakso sudah matang dan langsung di angkat.
  4. Kalau ingin membuat bakso yang ada isi nya, bisa di beri isian telur puyuh rebus, telur ayam rebus, sosis, ati ampela, dan cincangan daging sapi sesuai selera.

Langkah membuat Kuah Bakso :

  1. Masak air bersama tulang dada ayam + kulitnya.
  2. Kemudian masukkan bumbu halus dan bumbu pelengkap, aduk sampai tercampur dengan rata. Tes rasa, jika di rasa ada yang kurang silahkan tambahkan garam atau gula pasirnya.
  3. Selanjutnya masukkan bakso yang telah matang, tunggu sampai mendidih.

Penyajian Bakso :

  1. Siapkan mangkuk / mangkok saji, tata mie soun, tahu, bakso dan bekuang di dalam mangkuk.
  2. Siram dengan kuah bakso, lalu sajikan dengan taburan daun bawang dan bawang merah goreng plus sambal cabai rawit.

Walaupun di Indonesia memiliki banyak kreasi bakso yang menggoda seperti bakso ikan, bakso tahu, bakso ayam, bakso pangsit serta bakso seafood seperti bakso cumi, bakso udang, bakso kepiting dll, namun bakso daging sapi asli masih menjadi pilihan banyak orang. Di solo olahan bakso sering kali di sebut bakso pentol.

Selain endes di nikmati dengan kuah sedap, bakso juga enak di nikmati hanya dengan di goreng (basreng) bersama saus sambal. Selain itu ditambahkan dalam campuran masakan juga lezat. Mulai dari seblak basah bakso, capcay, Reseo Sayur Sup Bakso Enak Segar, Bakso Penyet, nasi goreng, mie goreng, mie kuah dan lain sebagainya.

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Cara Membuat Bakso Daging Sapi Kenyal Special Kuah Sedap. Semoga bermanfaat 🙂

Loading...