Cara Membuat Croissant Coklat Keju (Roti Bulan Sabit)

Cara Membuat Croissant – Seperti Yang kita ketahui bahwa di Indonesia adalah negara yang kaya akan suku bangsa dan kebudayaannya. Di sisi lain untuk urusan kulinernya ternyata sangat bervariasi seperti yang satu ini. Roti croissant bisa juga disebut dengan roti bulan sabit merupakan salah satu jajanan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Untuk resep roti croissant yang saya bagikan ini sedikit berbeda dengan adonan puff pastry ya bun. Tapi masih saudaraan heehhe. Kalau puff pastry dalam dough tidak dicampur ragi, tapi untuk adonan croissant dicampur ragi karena croissant merupakan perpaduan antara puff pastry dan roti. Biasanya croissant disajikan saat sarapan bule bule disana, tapi kalau buat saya sih bisa untuk camilan.

Coba Juga : Resep Magic Custard Cake 3 Lapis Enak Unik

Selain dimakan begitu saja, roti croissant bisa juga di kreasikan menjadi makanan yang lebih lezat. Misalnya seperti croissant isi cokelat lumer, isi pisang, buah-buahan segar seperti strawberry, anggur, leci, buah naga atau bisa juga dibuat sandwich, burger atau hogdog isi daging atau sosis. Kondiri roti bulan sabit seperti ini paling enak dimakan bersama teh manis hangat, susu dan kopi favorit.

cara membuat croissant

Croissant Isi Coklat Keju

Menurut saya croissant merupakan salah satu roti yang memiliki bentuk sangat unik dan berbeda dari olahan roti manis lainnya. Dan ternyata dibalik penampilan Croissant yang sangat unik ini tersimpan cerita atau sejarah yang menarik. Ada yang sudah tahu belum ya? Yang belum yuk mari kita simak asal-usul dari croissant.

Cicipi Juga : Resep Bolu Kukus Karakter (Character Bolu Mingkem)

Ternyata roti croissant ini termasuk salah satu kudaoan yang berasal dari Negara Perancis. Menurut cerita sejarahnya, roti croissant sudah di buat sejak tahun 732, roti ini dibuat untuk merayakan kemenangan pasukan Franks atas pasukan Umayyad dalam sebuah peperangan Tours. Mereka membetuk roti ini mirip dengan bulan sabit karena ingin menunjukan lambang dari pasukan Islam. Maka dari itulah bentuk dari roti croissant seperti bulan sabit.

Dengan seiring berkembangan zaman, roti croissant saat ini sudah dibuat dengan berbagai tambahan bahan dan isian di antaranya seperti isi coklat, pisang keju coklat, keju, daging dan selai cream sesusai selera. Saat ini banyak sekali toko kue yang menjajakan croissant dengan harga yang bervariasi. Namun bunda pernah berfikir tidak kalau membuat camilan dirumah langsung dari dapur untuk keluarga tercinta lebih menyenangkan?

Selain hemat, kita juga bisa menikmatinya sampai puas tanpa ada jumlah batasan. Nah, bagi bunda yang ingin mencoba membuat croissant sendiri di rumah. Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Croissant yang harus bunda siapkan dan simak. Cekidot!

Step By Step Cara Membuat Croissant

Cara Membuat Croissant

Step By Step Cara Membuat Croissant

Bahan A :

  • Tepung protein tinggi 250 gram (misal : cakra kembar, tali emas dll)
  • Gula pasir 30 gram
  • Ragi instant 1 sendok teh (misal : fermipan, saf instant dll) pastikan fresh agar ragi bekerja dengan baik
  • Air hangat (suam-suam kuku) 125 mili liter
  • Garam 1 sendok teh
  • Mentega 30 gram

Bahan B :

  • Mentega korsvet 125 gram

Filling atau Bahan Isian :

  • Selai coklat dan parutan keju (bisa diseuaikan dengan selera)

Bahan Olesan :

  • Kuning telur 1 butir
  • Susu cair 1 sendok makan

Cara Membuat Croissant Coklat Keju :

  1. Masukkan mentega korsvet ke dalam kantung plastik bening, lalu gilas perlahan sampai berbentuk lempengan kotak. Kemudian simpan dalam lemari es agar tidak mengeras.
  2.  Campur semua bahan A, uleni sampai kalis. Lalu diamkan kurang lebih selama 30-60 menit atau sampai mengembang 2x lipat.
  3. Kempeskan adonan A, lalu taburi meja kerja dengan tepung agar tidak lengket, gilas adonan A memanjang dan melebar. Keluarkan bahan B dari lemari es, buang plastiknya, letakkan di tengah adonan A.
  4. Selanjutnya lipat ujung-ujung adonan A ke dalam seperti amplop sampai menutupi bahan B.
  5. Tekan-tekan adonan secara vertikal dan horizontal menggunakan rolling pin agar mudah untuk menggilas (Note : selalu taburi alas kerja dengan tepung ya saat hendak menggilas. Bertujuan agar adonannya tidak menempel dimeja).
  6. Gilas memanjang melebar, lipat ujung atas dan bawah ke dalam. lalu lipat lagi ujung kanan dan kiri ke dalam.
  7. Kemudian lipat lagi seperti menutup buku. Bungkus adonan dengan plastic wrap atau plastik biasa sampai tertutup rapat. Lalu simpan dalam lemari es 15-30 menit. Ulangi step 5-7 sampai 3 kali. Lebih sering melipat lebih banyak layer.
  8. Setelah proses melipat lipat selesai, bagi dua adonan.
  9. Gilas 1 bagian adonan menjadi persegi ukuran 30cmx30cm (aku nurut feeling aja).
  10. Potong adonan yang sudah digilas menjadi 3 bagian. Lalu setiap bagian dipotong lagi secara diagonal menjadi sebuah adonan yang berbentuk segitiga.
  11. Ambil satu bagian adonan segitiga. Samakan sudut bawahnya agar simetris lalu potong sedikit sisi bawah segitiga. Beri filling sesuai selera (aku pakai selai coklat dan parutan keju), kemudian gulung. Lihat gambar dibawah untuk memeperjelas step.
  12. Selanjutnya lakukan step 11 sampai adonan habis. Tata dalam loyang yang sudah bersemir margarin atau mentega. Diamkan sampai mengembang sekitar 30-60 menit.
  13. Oles dengan campuran kuning telur dan susu cair. Panggang croissant dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 200 derajat celcius di 10 menit pertama, lalu panggang lagi dengan suhu 190 derajat celcius di 12 menit kedua atau sampai matang dan bewarna coklat keemasan.
  14. Roti croissant siap untuk dinikmati selagi hangat. Hasilnya berongga, lumayan lah untuk pemula seperti saya yang baru pertama kali buat croissant 🙂

Tips Sukses Cara Membuat Croissant :

  1. Panas setiap oven berbeda-beda ya, jadi sesuaikan saja dengan oven yang dipakai. Kalau mengikuti resep masih belum matang, tambah lagi waktu pemanggangannya. Kalau saya pakai oven tangkring, dengan api besar dan lumayan lama sekitar 30 menit lebih manggangnya karena oven tangkring panasnya kurang merata. Di 15 menit pertama saya olesi lagi croissant dengan campuran kuning telur dan susu. Lalu panggang lagi sampai terlihat matang atau garing dan bewarna kecoklatan.
  2. Teksture croissant yang bagus adalah berongga dan berlapis. Jika bunda mengikuti step by step cara membuat croissant ini dengan benar, hasilnya pun demkian. Berongga dan berlapis, nyuumiii.

Selama proses mengolah adonan roti croissant di perlukan ketelatenan dan kesabaran agar roti croissant menjadi empuk dan berongga. Walaupun sedikit melelahkan, namun kalau sudah menikmati sedapnya roti bulan sabit ini rasa lelahpun akan segera hilang.

Roti croissant bisa menjadi cemilan untuk menemani waktu santai di rumah bersama kerabat dan keluarga. selain itu bisa di jadikan peluang usaha UKM dengan menjual croisan hasil karya sendri dengan rasa yang tak kalah dengan olahan roti croissant kelas toko bakerry ternama.

Jangan Lewatkan : Resep Roti Manis Empuk Aneka Rasa, Enak dan Anti Gagal

Selain itu, tampilan roti croissant yang mewah selain di jadikan camilan dan jualan, roti ini cocok dijadikan kudapan berbagai acara-acara special. Seperti arisan, syukuran / pengajian, ulang tahun dan lain sebagainya.

Demikian ulasan kami mengenai artikel Cara Membuat Croissant Coklat Keju (Roti Bulan Sabit). Selamat berkreasi sendiri, semoga bermanfaat.

Silahkan di share bunda, terimakasih 🙂

Sumber :
Novi Dyah Purwita H Cookpad – Homemade Croissant