Cara Membuat Mie Lidi Biting Kering Pedas Khas Pemalang

Cara Membuat Mie Lidi Biting – Satu lagi jajanan kota Pemalang yang ngehitz dan populer dimana-mana setelah buah nanas dan selai nanas. Bernama mie lidi yang sering disebut mie lidi-lidian, mie biting dan mie lidi kering ini merupakan salah satu klethikan alias camilan unik melegenda di sana. Jajanan sederhana yang berupa mie berbentuk seperti lidi ini ada di daerah Cokra, Mulyoharjo Pemalang.

Di lansir dari kuliner Pemalang situs kabarpemalang.com, mie lidi ini merupakan mie kering yang memiliki bentuk bermacam-macam dengan variasi ukuran yang bisa di atur sesuai selera. Mulai dari mie lidi biting kering yang berdiameter kecil, sedang sampai mie lidi yang bentuknya agak besar. Untuk panjang mie lidi rata-rata kurang lebih 10 cm.

Mie lidi original menurut saya rasanya sepeti mie pada umumnya, yaitu hambar yang sedikit ada rasa gurihnya. Namun kini mie lidi di sulap menjadi camilan yang memiliki aneka rasa yang menggoda. Mulai dari mie lidi asin gurih, mie lidi pedas, mie lidi balado, mie lidi setan alias super pedas, mie lidi baberque, jagung dan masih banyak pilihan rasa lainnya.

Yuk Icip-icip : Step By Step Cara Membuat Mie Terbang Jogja Anti Gravitasi Yang Ngehits Di IG

Populer nya mie lidi biting renyah membuat jajanan ini terkenal seantero Indonesia. Jadi tak aneh lagi jika saat ini banyak orang yang mencoba peruntungan dengan menjual olahan mie lidi biting snack rumahan. Biasanya mereka menitipkan dagangannya di warung-warung, kantin sekolahan bahkan ada juga yang menjualnya lewat online. Kebanyakan penjual mie lidi biting aneka rasa menjual produknya dengan menempelkan brand namanya sendiri (merk sendiri).

mie lidi biting

Stik Mie Biting alias Mie Lidi Lidian Super Endesss

Satu bungkus mie lidi pada umumnya di jual sekitar Rp 8.000,- hingga Rp 15.000,- per bungkus-nya. Harga mungkin di pengaruhi oleh rasa serta kemasan yang di pakai. Jadi harganya pun bervariasi dengan berat dan rasa yang bervariasi pula. Terlepas dari itu semua jajanan era 90-an ini memang layak untuk dicoba.

Rasanya yang khas dengan tampilan yang semakin menarik cocok juga di jadikan camilan kekinian yang tak kalah dengan snack yang ngehitz saat ini. Cara membuat mie lidi biting homemade menurut saya memang sedikit ribet. Karena kita akan membuat mie lidi sendiri, yang tentunya bunda harus punya penggilingan mie.

Cicipi Juga : 3 Resep Membuat Mie Instan Mirip Bungkus

Tapi kalau tidak ingin rempong sendiri boleh memakai mie lidi mentah siap pakai yang biasanya di jual via online. Mie lidi siap pakai banyak dijual penjual online Surabaya, Jakarta, Bandung dan ada juga di swalayan. Tapi kalau ingin yang lebih ekonomis dapat banyak dan higienis, lebih baik membuat mie lidi homemade saja. Selain enak, hasilnya pun lebih crispy dan lebih tahan lama walaupun tanpa bahan pengawet.

Oh iya selain di keringkan, mie lidi ini bisa di masak menjadi mie lidi goreng Oh jadi ini toh rahasia cara membuat mie lidi biting yang kering dan renyah. Selain di keringkan, mie lidi juga bisa di masak mie goreng gomakĀ khas Medan dan mie lidi kuah yang sedap. Bagaimana, mulai tertarik dan segera ingin mencoba sensasi kriuk mie lidi biting Pemalang? Yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Mie Lidi Biting Kering Pedas seperti berikut ini.

Step By Step Langkah Membuat Mie Lidi Biting

mie lidi biting

Step By Step Langkah Membuat Mie Lidi Biting

Resep dan Review By Bunda Wulan Dari Cookpad

Bahan-bahan Mie Lidi :

  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • Tepung terigu 250 gram (pilihlah yang mengandung kadar protein tinggi)
  • Air 60 mili liter
  • Telur 2 butir (ambil bagian putihnya saja)
  • Tepung sagu 30 gram
  • Penyedap rasa 1/4 sendok teh

Bahan Untuk Taburan :

  • Bubuk balado 1 sendok makan
  • Bubuk cabai 1 sendok makan
  • Tepung sagu 25 gram
  • Untuk bubuk taburan, bunda bisa mencampurkan semua bahan tersebut di atas menjadi satu. Kemudian taburkan pada mie lidi sebelum akhirnya disajikan.

Cara Membuat Mid Lidi Biting Kering Pedas :

  1. Langkah pertama campur semua bahan menjadi satu ke dalam wadah mulai dari tepung sagu, tepung terigu, baking powder, penyedap rasa dan garam. Aduk rata sampai rata, sisihkan.
  2. Selanjutnya kocok lepas putih telur lalu tambahkan tepung terigu sembari diuleni sampai rata.
  3. Tambahkan air lalu aduk kembali sampai rata dan diamkan sekitar 15 menit.
  4. Giling adonan menggunakan penggilingan. Giling dengan ketebalan pada nomor 1 sampai 4. Pada tiap pegantian ketebalan, sebaiknya dilakukan penggilingan 2-3 kali.
  5. Selanjutnya potong mie menjadi 8 cm lalu potong lagi kecil-kecil.
  6. Panaskan minyak dengan api sedang lalu masukkan mie lidi ke dalamnya lalu goreng sampai matang. Angkat.
  7. Langkah terakhir adalah dengan menaburkan bahan taburan yang telah di campur rata.
    Mie lidi siap untuk dihidangkan.

Walaupun prosesnya sedikit panjang, hasil mie lidi biting yang crispy akan menghilangkan rasa lelah dengan seketika. Oh iya penggunaan bubuk rasa tak harus pakai yang ada di dalam resep mie lidi biting ini ya. Bunda bisa sesuaikan dengan selera saja.

Oke selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan rahasia Cara Membuat Mie Lidi Biting Kering Pedas Khas Pemalang. Jangan lewatkan masakan mie lainnya dari kami seperti Resep Mie Ramen Korea Pedas Halal yang sayang bila terlewatkan.

Silahkan share bun šŸ™‚