Cara Membuat Tape Singkong Lembut dan Manis

Cara Membuat Tape Singkong – siapa yang tak mengenal tape singkong? meski namanya terdengar ndeso, tapi jangan remehkan makanan khas Indonesia yang satu ini. tape singkong sendiri merupakan makanan tradisional Indonesia yang sudah bertahun-tahun dibuat dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kudapan ini memang lebih familiar di daerah Jawa dan bali, sedangkan di tanah Sunda atau Jawa barat lebih dikenal sebagai Peyeum dan menjadi makanan khas oleh-oleh Jawa barat.

Meskipun terdengar ndeso, tapi Tape Singkong ini bisa diolah menjadi aneka makanan yang enak. Biasanya digunakan sebagai bahan tambahan untuk roti atau cake. Selain rasanya enak, tape singkong juga memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi. Karena sudah melalui proses fermentasi dengan menggunakan ragi, tape singkong ini sangat tinggi akan kandungan karbohidrat tapi rendah lemak sehingga cocok dikonsumsi oleh yang sedang melakukan diet. Namun perlu diingat bahwa tape singkong ingi mengandung alkohol alami, jadi jangan terlalu banyak dikonsumsi.

Cara membuat tape singkong

Cara membuat tape singkong

Nah pada artikel kali ini resephariini.com akan memberikan tips bagaimana cara membuat tape singkong yang lembut dan manis. Sebab, ternyata resep membuat tape singkong ini menjadi resep yang banyak dicari namun sedikit referensi yang bisa digunakan sebagai patokan. Oleh sebab itu kami akan memberikan sedikit tutorial cara membuat tape singkong yang mudah untuk dipraktekkan.

Sayang Untuk Dilewatkan : Resep Tape Ketan Putih Enak dan Mudah Dibuat

Cara Membuat Tape Singkong Lembut dan Manis

Sebenarnya cara pembuatan tape singkong ini tak terlalu rumit. Bahan yang digunakan juga mudah didapatkan dan harganya cukup murah. Meski demikian, dalam pembuatan tape yang perlu diperhatikan adalah takaran ragi dan perlakuan yang pas. Sebab kesalahan atau ketidaktlitian bisa membuat hasil tape menjadi bantat atau ragi tidak berkembang. Untuk langkah-langkah selengkapnya silakan simak di bawah ini ;

Baca juga Resep Kue Prol Tape Cocok Untuk Sajian Arisan

Bahan utama membuat tape singkong

  • Siapkan 1 kg singkong/ketela pohon sebaiknya pilih yang sudah tua
  • 1 butir ragi tape (bisa diperoleh di toko bahan roti)

Langkah membuat Tape Singkong

  1. Kupas singkong dengan cara menguliti (jangan dikupas menggunakan pisau). Kemudian cuci bersih dengan air mengalir hingga benar benar bersih.
  2. Selanjutnya potong potong singkong tersebut sesuai selera. Tapi umumnya berukuran sekitar 10 cm.
  3. Khusus untuk tape singkong jenis peyeum, singkong yang sudah dikuliti tak perlu dipotong karena dikukus secara utuh, namun perlu diingat kita membutuhkan wadah yang besar.
  4. Setelah singkong dipastikan bersih, kita masukkan dalam kukusan dan masak hingga matang.
  5. Yang perlu diperhatikan saat mengukus singkong adalah tekstur singkong tidak boleh terlalu matang atau overcook, sebaiknya dikukus selama 30 menit saja, dan selalu cek teksturnya.
  6. Setelah matang, angkat singkong dan tiriskan hingga dingin. Dalam meniriskan singkong, sebisanya jangan kontak langsung dengan kulits tangan. Gunakan sarung tangan atau garpu agar singkong steril dan tidak terkontaminasi. Hal ini sangat penting untuk proses fermentasi yang sempurna. Hadirnya “makluk asing” seperti kotoran, atau keringat bisa mengganggu proses fermentasi.
  7. Siapkan wadah seperti panci atau baskom, kemudian lapisi dengan daun pisang di bagian alas dan pinggirnya.
  8. Taburi dengan ragi/jamur tape yang sudah dihaluskan kemudian tata singkong dengan garpu hingga satu lapis. Kemudian di atasnya ditaburi lagi ragi, taruh lagi singkong di lapis kedua dan seterusnya.
  9. Setelah itu tutup rapat dengan daun pisang dan tutup rapat.
  10. Biarkan proses fermentasi berjalan, biasanya membutuhkan waktu sekitar 2×24 jam. Setelah dua hari dua malam, silakan dibuka dan cek apakah tekstur tape singkong sudah lembek atau belum, caranya cukup tusuk dengan garpu. Jika belum tutup lagi, namun jika sudah berarti tape singkong sudah jadi.

Itulah cara membuat tape singkong yang lembut dan manis. Tape singkong ini bisa dimakan langsung sebagai kudapan atau bisa juga digunakan untuk bahan membuat kue, atau es campur. Selamat mencoba.

Loading...