Resep Mango Sticky Rice (Khao Niao Mamuang) Dessert Thai

Resep Mango Sticky Rice – Mango sticky rice atau khao niao mamuang adalah salah satu hidangan penutup (dessert) yang terkenal dari negeri Gajah Putih – Thailand. Makanan pencuci mulut yang satu ini terbuat dari bahan utama beras ketan yang dimasak dengan menggunakan santan dan daun pandan. Yang kemudian dihidangkan bersama potongan buah mangga yang matang lengkap dengan siraman saus santan kental yang manis gurih.

Menurut saya Mango sticky rice ini berbeda dengan hidangan penutup lainnya yang biasanya disajikan dingin seperti Puding Mangga dan salad. Karena penyajian makanan yang terkenal akan rasa sedap nya ini disajikan dalam kondisi masi hangat atau di suhu ruangan saja. Jika di negeri asalnya Thai maka si ketan mangga ini dimakan dengan menggunakan tangan. Cara memakannya dengan nasi beras ketan digulingkan terlebih dahulu sampai membentuk bulatan lalu irisan mangga digunakan untuk meraup nasi ketan lalu di makan.

Seiring terkenalnya sajian ini kenegeri tetangga dan menjadi sajian kekinian yang wajib dicoba di beberapa negara Asia termasuk Indonesia, maka tata cara menikmati hidangan ini pun ikut mengalami perubahan. Ini terjadi mungkin karena sifat mangga yang musiman maka mango sticky rice ini pun tidak bisa selalu dimakan atau ditemui sepanjang waktu. Bahkan di negara asalnya mango sticky rice ini digolongkan kedalam summer desserts atau hidangan pencuci mulut yang hanya tersedia pada musim panas saja.

Jangan Lewatkan : Resep Kue Putri Mandi Saus Bubur Santan Putih Kental

Bisanya kenal dengan dessert thailand ini sejak saya makan mango sticky rice di sebuah restoran. Karena rasanya sangat enak maka jadi punya keinginan membuat sendiri di rumah. Namanya buat sendiri jadi kadar manis gurih dan kekentalan sausnya bisa saya sesuaikan dengan selera. Uhuy, kebetulan ada sisa ketan waktu membuat Resep Lemper Ayam beberapa waktu lalu, jadi cus langsung buat deh.

Ketan Mangga

Ketan Mangga Thailand

Untuk sausnya saya pakai santan instan saja ya biar praktis. Jangan lupa pakai wijen juga biar makin endess dan tampilannya makin cantik. Kalau bunda pengin sausnya seger, bunda bisa pakai santan segar yang baru diparut dari kelapa yang matangnya pas. Dan yang paling penting adalah buah mangganya, jangan lupa cari mangga yang manis legit ya, kaya mangga aromanis atau mangga indramayu ya dijamin kemanisannya.

Kebetulan sekarang lagi musim mangga, jadi harganya pun cukup terjangkau cukup Rp 18.000.- saja saya sudah mendapatkan 1kg mangga besar matang dengan aroma wangi yang khas. Sebenarnya saya sempat baca-baca resep mango sticky rice di beberapa blog. Banyak juga rewiew dari food blogger yang membuat air liur menetes.

Hanya bingung mau bikin mango sticky rice yang bagaimana ya, jadi patokan saya ya bagaimana buat ketan mangga lumer ala restauran Jakarta, Kelapa Gading dan Bandung yang super lezat. Walaupun akhirnya saus yang saya buat tidak sekental dan semanis ala restauran tersebut, tetapi menurut saya rasanya sudah mendekati. Kalau bunda suka manis mxzaaka tingga tambah pemanis dan perkental sausnya saja dengan menambahkan jumlah tepung maizenanya.

Cicipi Juga : Resep Manisan Manggan Mudah Segar

Dan jika suka saus yang super gurih, maka perbanyak gunakan santan kentalnya sesuai selera. Kalau saya sih lagi sedikit membatasi penggunaan santan karena sedikit was-was jika terlalu banyak santan. Sesekali bolehlah makan enak, tapi batasi juga agar kesehatan tetap terjaga 🙂

Yuk yang mau icip-icip, langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Mango Sticky Rice Dessert Thailand seperti berikut ini.

Step By Step Membuat Mango Sticky Rice a la Thailand

Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice

Bahan-bahan :

  • Beras ketan 250 gram, cuci lalu rendam kurang lebih selama 2jam
  • Santan kental instan 100 mili liter (bisa tambakan jika dirasa kurang gurih)
  • Air 400 mili liter
  • Daun pandan 1 lembar, simpulkan
  • Gula pasir 3 sendok makan + 1 sendok makan lagi untuk sausnya
  • Garam 1 sendok teh
  • Tepung maizena 1 sendok teh, larurkan dengan 2 sendok makan air (hasilnya tidak begitu kental, bisa ditambahkan menjadi 1 sendol makan atau 2 sendok makan jika ingin saus lebih kental)
  • Wijen sangrai secukupnya, digunakan untuk taburan
  • Mangga 1-2 buah (saya gunakan mangga harum manis), dinginkan kemudian ketika akan dihidangkan baru dikupas dan dipotong-potong

Langkah Membuat Mango Sticky Rice :

  1. Pertama-tama kukus ketan sampai setengah matang, kurang lebih selama 10 hingga 15 menit.
  2. Sementara itu campur santan, air, daun pandan, gula pasir dan garam, aduk rata dan masak sampai mendidih sambil terus diaduk. Cicipi rasanya, jika kurang manis bisa ditambahkan gula pasirnya.
  3. Siapkan mangkuk ukuran sedang, pindahkan ketan yang sudah dikukus ke mangkuk, lalu ambil 150 mili liter larutan santan dan gula, tuangkan ke dalam mangkuk berisi ketan, aduk rata sampai santan terserap oleh ketan.
  4. Selanjutnya kukus kembali sampai matang kurang lebih selama 20 menit, cicipi rasanya, angkat dan dinginkan.
  5. Untuk sausnya, didihkan kembali larutan santan, tambahkan lagi gula 1 sendok makan, beri larutan maizena, masak sampai saus mengental sambil di aduk.
  6. Cicipi rasanya, angkat dan dinginkan.

Cara Penyajian Mango Sticky Rice :

  • Ambil ketan secukupnya, cetak dengan mangkuk kecil jika suka lalu tumpahkan di piring saji.
  • Selanjutnya beri potongan buah mangga, tuangkan saus santan di atasnya secukupnya.
  • Taburi wijen secukupnya, siap dihidangkan.

Untuk menyajikan mango sticky rice cukup mendinginkan dengan suhu ruang saja ya. Tidak perlu dimasukan ke dalam kulkas, karena menurut saya enakan yang begini. Apa lagi kalau disajikan dalam kondisi hangat, nasi ketannya endess banget bun. Super gurih!

Sebenarnya sebelum deseert ketan mangga saus santan ala thailand ini ada. Di kota Bandung sudah ada kreasi nasi ketan sejenis ini. Jika di Thailand pakai mangga, untuk sajian di Bandung menggunakan Durian. Jadi buah duriannya dibikin saus lembut gitu bun, kalau tidak salah ada santannya juga. Untuk mendalaminya kapan-kapan kita bahas ketan durian ala Bandung nya ya.

Coba Juga : Resep Ikan Gurame Sambal Mangga Lezat

Nah ternyata mudah kan cara membuat Resep Mango Sticky Rice (Khao Niao Mamuang) Dessert Thai ini? Semoga bermanfaat ya, silahkan mencoba dan semoga sesuai dengan selera. Jangan lupa share ya bunda, agar teman-teman tahu rahasia dan tips lezatnya Mango Sticky Rice.

Terimakasih 🙂