Menu Sahur Agar Puasa Kuat dan Tidak Lemas

Menu Sahur Agar Puasa Kuat – Sahur merupakan waktu makan yang sangat penting bagi orang yang akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Agar tidak lemas di siang hari, maka anda juga wajib memilih menu makanan yang akan di konsumsi. Makanan tersebut bukan hanya makanan yang bisa membuat kenyang, namun juga harus sehat dan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Sepengetahuan saya, orang berpuasa itu paling penting tidak merasa lemas dan lapar di siang hari. Yang bertujuan agar selalu bersemangat menjalani rutinitas di setiap harinya yang tidak bisa di hilangkan saat bulan Ramadhan tiba.

Baca Juga : Inspirasi Menu Buka Puasa 30 Hari

Kalau di lihat dari pengalaman saya saat berpuasa, lemas dan lapar di siang hari terjadi karena kadar gula darah dalam tubuh mulai menurun setelah di pakai beraktivitas seharian. Untuk itu, maka anda wajib pilih menu sahur yang tepat agar gula darah tetap stabil.

Nah menu sahur sehat yang di maksud di sini adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak, sayur dan buah-buahan. Karbohidrat kompleks mengandung tinggi serat agar penyerapannya pelan-pelan, gula darah naiknya pelan-pelan, dan akan dimasukkan ke sel oleh insulin secara perlahan juga. Jadi jangan heran lagi kalau menjelang buka puasa, gula darahnya masih tinggi sehingga tidak merasa lemas di siang hari.

Jangan Lewatkan : 2 Menu Buka Puasa Sederhana Yang Mudah di Hidangkan

Contoh karbohidrat kompleks banyak sekali, namun yang paling mudah di temui adalah nasi merah, nasi hitam dan kentang yang direbus dengan kulitnya. Sedangankan untuk protein hewani bisa di peroleh dari ikan, daging ayam, dan putih telur. Jangan lupa mengkonsumsi sayur dan buah juga yang mengandung banyak serat.

Lebih jelasnya, yuk langsung saja di intip menu sahur apa saja sih yang bisa membuat tubuh tetap kuat saat berpuasa seperti berikut ini.

Tips Menu Sahur Agar Puasa Kuat Seharian

Menu Sahur Agar Puasa Kuat

Menu sahur agar puasa kuat via www.imccsub.com

Pertama, Sayur-sayuran

  • Berbagai jenis sayuran hijau seperti bayam, brokoli, wortel dan kacang pajang merupakan sayuran yang kaya akan serat. Serat memang tergolong dalam karbohidrat kompleks yang sulit di cerna oleh tubuh, namun ini yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh. Anda bisa menyantap sayuran dengan cara di rebus, kukus, tumis atau hanya sekedar menjadi lalaban.

Kedua, Buah-buahan

  • Sebaiknya sisakan waktu yang tersisa sebelum imsak untuk menyantap buah-buahan favorit. Serat yang terkandung dalam buah tidak bisa dicerna sehingga mampu merangsang lambung bekerja lebih lama menghancurkan makanan. Semakin lama makanan berada di lambung, maka semakin lama juga kita merasa kenyang.

Ketiga, Daging Sapi Rendah Lemak

  • Menurut penilitian, diet tinggi protein dan rendah lemak bisa mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama. Jadi daging sapi ini sangat baik dikonsumsi saat sahur. Anda bisa mengolah daging sapi yang sebelumnya sudah dibuang lemaknya menjadi santapan menu sahur yang lezat.

Keempat, Ikan

  • Ikan yang kaya akan protein sehingga sangat cocok disajikan untuk menu sahur agar puasa kuat dan tidak lemas. Sebaiknya jangan mengolah ikan dengan di goreng. Karena hal ini dapat menambah lemak. Jadi sebaiknya olah ikan dengan dipepes, atau dibuat sup ikan yang enak dan lezat.

Kelima, Susu Kedelai dan Sari Kacang Hijau

  • Jika suatu saat anda tidak sempat bersantap sahur dengan makanan lengkap, maka Anda bisa minum susu kedelai atau sari kacang hijau. Protein yang ada dalam susu kedelai cukup tinggi, sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Tetap olahraga dan perbanyak minum air putih saat buka puasa dan sahur juga membantu puasa Anda kuat dan tidak lemas seharian.

Yuk di coba Tips Menu Sahur Agar Puasa Kuat dan Tidak Lemas dari Resephariini.com, semoga bermanfaat ya 🙂