Resep dan Cara Membuat Puding Bebek Berenang Praktis

Puding Bebek Berenang – Dessert manis seperti puding kian banyak diminati banyak orang, mulai anak kecil hingga orang dewasa. Karena selain rasanya yang lezat, warna dan teksture puding sendiri mampu menarik orang untuk segera mencicipinya. Seperti puding sutra buah beberapa waktu lalu yang saya bagikan.

Puding yang masuk ke dalam kategori puding lembut selembut sutra ala puding puyo (puding sedot a.k.a pudot) ini pun mampu mempunyai banyak penggemar dalam waktu yang singkat. Bagi yang ingin mencoba puding puyo dan puding sutra buah bisa klik resepnya di sini Resep Puding Puyo Lava Lumer Selembut Sutera dan Resep Puding Sutra Buah Susu Enak Super Lembut.

Sama halnya dengan puding bebek, puding ini langsung populer di grup masakan dan food blogger lainnya karena tampilannya yang unik dan menggemaskan. Padalah jika ditelusuri puding bebek hanya merupakan olahan puding susu sederhana yang dicetak ke dalam bentuk bebek dan ikan. Cetakan tersebut berbentuk 3D atau cetakan silikon berbentuk bebek.

Puding bebek

Puding Bebek Berenang Di Nampan Plastik

Jadi untuk mengolahnya, bunda cukup masak bubuk agar-agar dan nutrijel sesuai petunjuk kemasan kemudian di cetak ke dalam cetakan puding bentuk bebek. Cara mengolah puding bebek serta kolamnya di bedakan ya, agar tampilannya mirip seperti layaknya bebek sungguhan yang berenang di dalam kolam air bening berwarna biru.

Jangan Lewatkan : Resep Puding Beras India (Puding Nasi) Enak, Mudah Dibuat

Jadi untuk menciptakan kesan seperti itu dalam membuat resep puding bebek ini kita akan dibantu bermain dengan pewarna makanan. Mungkin kira-kira kita akan membutuhkan 3 pewarna makanan yang bewarna biru / hijau, kuning dan merah. Kalau ingin berkreasi warna, bunda bisa pakai pewarna makanan yang lebih menarik sesuai selera.

Bagi yang penasaran akan proses pembuatan puding bebek, berikut adalah Bahan-bahan dan Cara Membuat Puding Bebek yang mudah untuk di pratekkan. Yuk mari disimak ya 🙂

Step by Step Membuat Puding Bebek Berenang

Puding Bebek

Puding Bebek Berenang In Cup

Alat Puding Bebek :

  • Mika puding 20 pcs (bisa gunakan mika dengan bentuk sesuai selera ya, kalau saya pakai nampan plastik jadi seperti kolam gitu dan mika puding yang langsung ada tutup cembungnya, jadi pas sekali untuk puding 3D seperti ini.
  • Cetakan bebek mika atau silicon (menurut saya lebih enak pakai cetakan puding bebek bahan mika karena bebeknya 2 arah, kalau yang silicon hanya 1 arah jadi pengerjaan betuk bebeknya jadi sedikit lama.

Bahan Puding Bebek :

  • Susu cair 200 mili liter (Ultra milk atau Indomilk)
  • Bubuk agar-agar swallow 1 sendok teh munjung
  • Gula pasir 100 gram (bisa disesuaikan dengan selera)
  • Pewarna kuning atau pasta jeruk sedikit saja

Bahan Kolam Puding Bebek :

  • Bubuk agar-agar swallow 1 bungkus
  • Gula pasir 200 gram atau sesuai selera
  • Pewarna makanan warna biru sedikit saja

Bahan Finishing atau Mewarnai Bebeknya :

  • Pewarna makanan warna orange sedikit saja, digunakan untuk mewarnai paruh dan sayap bebek.
  • Meises coklat (ceres) sedikit saja (hancurkan dan dibentuk bulat-bulat kecil untuk mata bebeknya).
  • Kalau mau simple bisa diberi pewarna hitam saja.

Langkah Membuat Puding Bebek :

  1. Puding Bebek 3D : Campur semua bahan (susu, bubuk agar-agar dan gula), aduk rata dan masak sampai mendidih. Koreksi rasanya, lalu tuang pelan sampai sedikit penuh ke dalam cetakan bebek. Diamkan sejenak lalu masukkan ke dalam kulkas, biarkan sampai beku atau dingin. Jika sudah beku, kelurkan bebek dari cetakan secara perlahan, jangan sampai ada yang hancur ya. Lalu tempelkan kedua sisi bebek sampai bebek dalam posisi berdiri. Bebek yang sudah berdiri dimasukkan lagi ke dalam kulkas agar makin lengket.
  2. Puding Kolam : Campur semua bahan (agar-agar, gula pasir, pewarna biru) aduk rata dan masak sampai mendidih. Koreksi rasa, diamkan 1 menit agar tidak terlalu panas saat di tuang ke dalam mika puding. Kemudian tuang ke dalam mika puding pelan-pelan, diamkan sejenak sampai sedikit dingin, masukkan ke dalam kulkas, lalu biarkan sampai beku.
  3. Cara Meletakkan Bebek Ke Dalam Kolam : Langkah awal siapkan terlebih dahulu bahan puding kolam yang masih panas, bahannya sama dengan bahan membuat puding kolam tadi. Gunanya untuk menutup lubang kerokan nanti. Selanjutnya untuk puding kolam yang sudah beku dibuat lubang tengahnya dengan cara di kerok untuk meletakkan bebek 3d nya. Caranya letakkan pelan-pelan sampai bebek bisa berdiri tegak, lalu tuangkan puding kolam yang masih panas tadi secara pelan-pelan sampai bebek melekat. Ulangi cara tersebut sampai semua selesai.
  4. Cara Mewarnai Bebek : Untuk paruh dan sayap diberi sedikit pewarna oren yang diberi sedikit air agar warnanya tidak terlalu tebal. Hias menggunakan cotton bud pelan-pelan agar tidak luntur pewarnanya ke dalam puding kolam. Untuk matanya saya pakai coklat ceres yang dihancurkan lalu dibulatkan kecil-kecil seukuran mata bebeknya. Bisa juga pakai pewarna hitam biar lebih cepat, mudah dan praktis.

Saat menghias puding bebek berenang memang sedikit agak rempong ya bun, tapi hasilnya bagus loh. Anak-anak pasti suka.

So, yuk bagi bunda yang mempunyai bisnis rumahan seperti jajanan pasar dan bakulan, tak ada salahnya loh memasukan puding bebek sebagai menu baru di bakulan bunda. Pasti laris manis!

Soalnya selain digunakan untuk camilan atau dessert unik, ternyata resep puding bebek ini cocok juga untuk pengganti kue ulang tahun. Jadi mirip Jelly Art gitu. Oh iya, kalau puding bebeknya ingin terlihat ramai, bunda bisa tambahkan pula puding ikan ke dalamnya. Seperti yang saya buat ini, hasilnya cantik dan menggemaskan kan?

Bunda bisa beli cetakan puding bebek dan cetakan puding ikan di toko bahan kue terdekat atau di pasar tradisional dan swalayan dibagian peralatan dapur. Di sana terdapat banyak cetakan puding yang beraneka bentuk dengan harga yang bervariasi.

Oke, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep dan Cara Membuat Puding Bebek Berenang Praktis. Semoga bermafaat, silahkan share bunda. Terimakasih 🙂