Resep Putu Ayu Pandan Kelapa Kukus Empuk dan Anti Gagal

Resep Putu Ayu Pandan Kelapa – Lihat list resep kue yang sudah saya bagikan ternyata kebanyakan cake dan puding kekinian ya. Sampai hampir lupa mempopulerkan kembali kue basah tradisional yang banyak di sukai masyarakat Indonesia. Seperti kue putu ayu pandan misalnya, kue dengan ciri khas berwarna hijau ini memiliki teksture yang empuk dan lembut.

Agar hasilnya berwarna hijau cantik biasanya saya beri sedikit pewarna makanan hijau ke dalam adonan. Kalau ingin warna-warni seperti kue putu ayu pelangi / rainbow juga boleh. Bunda tinggal kreasikan saja adonan menjadi beberapa warna sesuai keinginan. Agar lebih alami sih sebenarnya pakai daun suji saja yang di blender / jus dengan segelas air.

Tapi hari gini nyari daun suji dimana ya, kayanya susah banget. Kalau ada tanamannya mah saya juga ingin nanem buat di pakai pewarna makanan alami. Kalau daun pandan sih sudah banyak banget di kebun belakang rumah, jadi enak kalau mau bikin kue / bolu atau cake pandan tinggal petik saja.

Yuk Icip-icip : Resep Kue Lupis Ketan Hitam Putih

Jika ingin praktis sebenarnya bisa pakai pasta pandan siap pakai. Tapi kalau saya kok kadang kurang suka dengan aroma pasta pandan atau essen pandan beli. Menurut saya aromanya berlebihan, beda aromanya dengan daun pandan asli. Jadi untuk pewarna di resep putu ayu santan ini saya pakai jus pandan dan pakai pewarna makanan hijau sedikit saja agar warna hijaunya ngejreng.

Advertisement
putu-ayu-5

Kue Putu Ayu Kukus Pandan Kelapa Parut

Cara Membuat kue putu ayu yang enak dan empuk sebenarnya sangat mudah. Hanya saja ada beberapa tips membuat putu ayu yang perlu bunda ketahui. Misalnya soal penggunaan cetakan kue putu agar hasilnya tidak bau plastik, bunda sebaiknya pakai cetakan kue putu yang tebal. Kalau ada lebih bagus lagi pakai cetakan dari alumunium atau silikon.

Jika perlu jangan lupa olesi cetakan dengan sedikit minyak goreng saja, jangan pakai margarin. Yang bertujuan agar aroma asli kue putu tidak tercampur dengan aroma margarin. Tapi kali ini cetakan tidak saya kasih oles minyak, karena sudah ada minyak alami dari penggunaan kelapa parut. Jika di lihat dari proses pembuatannya, cara membuat adonan kue putu ini sama seperti membuat sponge cake biasa. Jadi telur dan gula di kocok sampai kental dan mengembang, baru deh di masukkan bahan-bahan lainnya.

Cicipi Juga : Resep Kue Klepon Pandan Tanpa Kapur Sirih Isi Gula Merah Legit

Tapi untuk kue putu memerlukan cairan agar lebih lembut teksture kuenya dan lebih moist di banding cake kukus biasa. Cairan biasanya berupa santan agar citarasa tambah enak dan gurih. Tapi ada juga kreasi resep putu ayu tanpa santan yang sering muncul di time line grup memasak media sosial. Menurut saya rasanya jadi kurang gurih, alias kurang nendang.

Selain itu ada pula resep kue putu yang menggunakan emulsifier atau baking powder. Padahal tanpa menggunakan bahan pengembang kue, hasil adonan akan mengembang dengan baik. Asalkan di mixer sampai benar-benar mengembang kental berjejak, saya menggunakan mixer Bosch agar lebih cepat naik adonanya.

Yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Putu Ayu Pandan Kelapa Kukus Seperti berikut ini.

[Sponsor] Cari jam tangan/tas/kacamata branded yang stylish berkualitas dengan harga terjangkau? Cocok jadi hadiah untuk orang tersayang. Hubungi: PIN 7C608A6C / WA 082324908020

Step By Step Langkah Membuat Kue Putu Ayu

putu ayu

Step By Step Langkah Membuat Kue Putu Ayu

Bahan-bahan Kue Putu :

  • Telur 2 butir
  • Tepung terigu 150 gram
  • Tepung kanji 1/2 sendok makan
  • Gula pasir 120 gram
  • Garam halus 1/2 sendok teh
  • Air santan pandan 100 mili liter (saya pakai air 50 mili liter + santan kara 50 mili liter)
  • Pewarna hijau makanan kualitas bagus 2 tetes saja (Kalau ingin buat yang warna warni bunda bisa bagi adonan jadi beberapa bagian, lalu kasih pewarna makanan mulai dari merah, coklat, kuning, biru, pink, ungu, orange dll)

Topping atau Taburan :

  • Kelapa parut kupas kulit 1/3 butir
  • Garam halus 1/2 sendok teh

Cara Membuat Putu Kukus :

  1. Topping : Langkah pertama campurkan kelapa parut dengan garam, aduk rata. Kukus selama 15 menit, sisihkan. Setelah agak dingin ambil kelapa sedikit lalu padatkan di dasar cetakan kue.
  2. Kue Putu : Kocok telur dan gula sampai mengembang, jambul petruk. Kecilkan kecepatan mixer, masukkan tepung terigu dan kanji perlahan lahan sambil terus dimixer. Menyusul garam, santan dan pewarna makanan sambil dimixer sampai rata.
  3. Selanjutnya tuang ke dalam cetakan putu ayu sampai hampir penuh. Kukus selama kurang lebih 15 menit di dalam dandang atau panci kukus yang sudah terlebih dahulu dipanaskan dan air kukusan mendidih.
  4. Angkat, hilangkan uap panasnya lalu lepaskan dari cetakan. Siap disajikan.

Kue putu kukus ini merupakan salah satu kue tradisional yang banyak variasinya. Jadi adonan dasar kue putu bisa di beri variasi warna, bentuk dan rasa sesuai selera. Misal di buat warna warni biar makin cantik (kue putu pelangi), kue putu ayu bambu, di bikin cake putu ayu besar versi jumbo layaknya Bolu Pandan gitu bun. Biasanya untuk bolu gulung putu ayu di beri isian parutan kelapa gula merah.

Kemudian di beri campuran gula merah juga oke, dan biasanya di sebut kue putu ayu gula merah. Selanjutnya dibuat dengan campuran tepung ketan, inovasi putu ini disebut putu ayu ketan. Dan yang terakhir di tambahi umbi-umbian seperti putu ayu labu kuning dan putu ayu ubi ungu juga mantap loh.

Agar hasil kelapanya cantik jangan lupa gunakan kelapa yang sedang, jadi tidak tua tidak muda. Kemawur gitu ya bun, biar terasa legit dan gurih. Terus jangan lupa kupas kelapanya, biar warnanya putih bersih tidak ada bintik hitam dari kulit kelapa.

putu-ayu-besar

Kreasi Bolu Putu Ayu Besar

Oh iya, mengingatkan kembali ketika kue putu ayu pandan no amis telur ini di kukus, jangan lupa lapisi tutup panci dengan kain atau serbet bersih ya, Agar uap air tidak menetes. Kecuali kalau bunda pakai kukusan jenis *klakat*, tidak perlu di lapisi serbet. Beres!

Jangan Lewatkan : Resep Kue Mata Roda Enak

Jika ingin menyimpan kue putu ayu kelapa yang masih sisa, agar hasilnya awet dan tidak mudah basi. Jangan lupa bungkus rapat kue, simpan di kulkas, baru deh besoknya bisa di panaskan kembali sesaat sebelum di sajikan. Tapi kalau males manasin lagi dan berniat besoknya langsung di makan, sebaiknya kue di kemas satuan dengan mika atau plastik agar teksture permukaannya tidak kering.

Sama halnya untuk kue putu ayu jualan, di buat pas malam hari nya juga tidak apa-apa, asal pagi nya di panasin sebentar. Tenang rasa akan tetap sama dan tidak akan basi. Walahhhhhhh, cukup panjang juga ya review mengenai kue putu ayu ini? Semoga panjang lebar ku tentang Tips dan Kunci Sukses membuat kue putu ini bermanfaat 🙂

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Putu Ayu Pandan Kelapa Kukus Empuk dan Anti Gagal. Jika di rasa bermanfaat, jangan lupa share ya bun… terimakasih 🙂

Advertisement