Resep Ayam Bakar Taliwang Khas NTB

Resep Ayam Bakar Taliwang Khas NTB – Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki berbagai budaya dan ciri khas daerah. Selain bahasa dan adat istiadat, masing-masing daerah tentu saja memiliki masakan enak yang khas. Begitu banyak sekali masakan Indonesia yang dicintai oleh negara lain. Seperti nasi padang yang populer di nusantara, soto makasar, soto betawi dan lain sebagainya.

Menggunakan bumbu rempah asli indonesia membuat masakan nusantara terkenal akan bumbu yang melekat pada masakan. Sehingga banyak sekali para wisatawan yang menyukai kuliner asli Indonesia.

Walaupun untuk masakan sering menggunakan bahan yang sama, namun setiap daerah memiliki masakan andalannya masing-masing yang dikenal seantero wilayah negeri, bahkan banyak yang sampai keluar negeri. Salah satunya adalah masakan khas Indonesia yaitu ayam taliwang yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB).

Jika kita telusuri konon awal mula ayam bakar taliwang ini berasal dari kampung Karang Taliwang. Ciri khas dari ayam taliwang sendiri adalah mempunyai rasa yang pedas dan lezat. Baca juga: Resep Opor Ayam Gurih Beserta Sambal Goreng Ati

Untuk menikmati ayam taliwang biasanya disajikan dengan Pleting Kangkung. Kedua masakan ini sangat terkenal sekali dimasyarakat indonesia sebagai masakan yang khas dari NTB.

Disajikan selagi hangat dengan ditemani sang nasi putih hangat nan pulen semakin menciptakan kenikmatan yang luar biasa. Pleting kangkung yang memiliki rasa pedas dan kriuk-kriuk kangkung khas NTB sangat cocok sekali disajikan dengan ayam bakar taliwang. Sama-sama memiliki rasa pedas yang nikmat, bagi anda para pecinta makanan pedas, lidah anda akan dimanjakan dengan kedua masakan ini.

Untuk ayam bakar taliwang selain terkenal di NTB, saat ini juga sudah ada direstauran-restauran nusantara. Malah seringkali ayam bakar taliwang dijadikan salah satu menu andalan direstauran tersebut.

Nah, bagi anda yang penasaran sekali akan rasa enak dan lezatnya ayam bakar taliwang namun belum bisa ke NTB atau jauh dari restauran yang menyajikan ayam bakar taliwang jangan bersedih, karena anda dapat membuat ayam bakar taliwang khas NTB ini sendiri di rumah. Baca juga: Resep Ayam Saus Asam Manis Nanas

Anda cukup menyiapkan bahan-bahan yang digunakan dan mengikuti cara membuat dan memasak ayam bakar taliwang seperti pada artikel Resep Ayam Bakar Taliwang yang kami bagikan dibawah ini.

Resep Ayam Bakar Taliwang Khas NTB

ayam bakar taliwang
Ayam Bakar Taliwang Khas NTB

Bahan-bahan Ayam Bakar Taliwang :

  • Ayam kampung 1 ekor (bersihkan)
  • Air 200 mililiter
  • Minyak goreng 1 sendok makan
  • Air perasan jeruk limau 2 sendok makan
  • Garam 1/2 sendok teh

Bumbu Halus Ayam Bakar Taliwang :

  • Bawang merah 7 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • Cabai merah 4 buah
  • Tomat 1 buah
  • Kencur 1 ruas jari
  • Terasi goreng 1 sendok teh
  • Gula merah 1 sendok teh
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang :

  1. Langkah awal belah dada ayam (jangan sampai putus ya) tekan lalu renggangkan.
  2. Selanjutnya lumuri ayam dengan air jeruk limau dan garam, lalu diamkan selama 20 hingga 30 menit.
  3. Setelah itu tumis bumbu halus hingga tercium aroma wangi, lalu masukkan ayam dan aduk-aduk hingga kaku.
  4. Tuang air, lalu masak dengan menggunakan api sedang hingga matang. Angkat.
  5. Kemudian bakar ayam diatas bawa api dengan di olesi bumbu yang masih tersisa.
  6. Terus bakar ayam sambil dibolak-balik hingga keluar aroma sedap, angkat dan sajikan selagi hangat.
  7. Ayam bakar taliwang siap dinikmati.

Jangan Lewatkan : 3 Resep Ayam Goreng Bumbu Gurih
Resep Ayam Goreng Kremes Mbok Berek

Demikian bahan-bahan ayam bakar taliwang yang digunakan dan cara membuat ayam bakar taliwang nya, tidak susah kan?

Ayam bakar taliwang sebenarnya sangat mudah dan simpel sekali dibuat, jika anda mengikuti langkah demi langkah dalam cara memasak ayam bakar taliwang ini, pasti anda tidak akan kesulitan dalam membuatnya. Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Ayam Bakar Taliwang Khas NTB yang kami bagikan kali ini.

Loading...