Resep Ayam Goreng Kremes Suharti

Resep Ayam Goreng Kremes Suharti – Ayam goreng kremes ini salah satu favorit Mimin dan keluarga nih bun. Rasanya uenake poool, ayamnya gurih-gurih gimana gitu. Ditambah lagi kremesannya yang kriuk-kiruk, eumm makyus banget deh. Makannya pakai nasi putih pulen yang baru turun dari majic com, lengkap dengan lalaban kaya kol, mentimun, daun seledri, daun kemangi plus sambel pedasnya Wuih, mantap!!

Ayam goreng kremes suharti ini merupakan salah satu kreasi olahan ayam kremes ya bun. Cuma bedanya ayam goreng kremes yang satu ini ala Nyonya Suharti yang terkenal itu loh. Rasanya super lezat, tak kalah dengan ayam kremes lainnya yang terkenal di Nusantara. Seperti ayam goreng kremes mbok berek, ayam goreng kalasan, ayam goreng kremes jogja cruncy serta ayam goreng sederhana bumbu laos atau bumbu kuning lainnya.

Sebenarnya mimin udah lama banget pengin share resep ayam goreng kremes ala suharti ini. Sudah cari resepnya kesana kemari, tapi rasanya kok kurang makyus ya. Hasilnya juga ngga seperti yang diharapkan. Kalau ndak keras ya kadang hasilnya malah letoy kaya kue cucur. Tapi akhirnya pas googling nemu juga resep ayam goreng kremes suharti yang pas dengan selera.

Rasanya cocok banget dilidah, penggunaan bumbunya juga ngga lebay. Bumbu yang digunakan untuk membuat resep ayam goreng kremes suharti cukup sederhana. Kaya bawang putih, ketumbar, kemiri, kunyit, lengkuas, jahe, sereh dan daun jeruk. Bumbu rahasia ayam goreng suharti adalah penggunaan chicken powder kedalamnya. Kalau ngga ada chicken powder bisa diganti dengan kaldu jamur ya bun.

Penggunaan santan, tepung tapioka dan telur di bahan pelapis menciptakan rasa gurih yang bener-bener menggoda. Ditambah lagi kremesannya yang kriuk-kriuk makyuss, bikin lupa diri deh kalau dah makan dengan menu ayam kremes yang satu ini. Nah, pada kesempatan kali ini mimin ngga hanya memberikan informasi resep ayam goreng kremes suharti saja. Namun mimin juga akan membagikan cara membuat kremesan yang enak kriuk bersarang dan anti gagal.

Serta sambal ala suharti yang pedas dan cocok untuk dicocol ke ayam goreng. Wah, kini ngga usah berburu ke restauran Ny.Suharti untuk mencicipi lezatnya ayam goreng kremes ya. Cukup membaca Bahan-bahan dan Cara Membuat Ayam Goreng Kremes Suharti yang mimin berikan, anda pun dapat membuatnya sendiri dirumah. Penasaran dengan proses pembuatan nya? Yuck disimak step by stepnya seperti berikut ini. Cekidot!!

Cara Membuat Resep Ayam Goreng Kremes Suharti

resep ayam goreng kremes suharti

Cara Membuat Resep Ayam Goreng Kremes Suharti

Bahan-bahan Ayam Goreng :

  • Ayam kampung 1 ekor (potong jadi 4 atau 8 bagian sesuai selera)

Bumbu Halus Ayam Goreng :

  • Garam 1 sendok makan (tambahkan 1/4 sendok teh kalau ngga terlalu suka asin)
  • Bawang putih kating 3 siung
  • Ketumbar 1/2 sendok teh
  • Kemiri 3 butir
  • Chicken powder 1/4 sendok teh (kalau mimin pakai kaldu jamur)
  • Kunyit 1,5 centi meter
  • Lengkuas 1 centi meter
  • Jahe 1 centi meter
  • Sereh dan daun jeruk secukupnya

Bahan Pelapis Ayam Goreng :

  • Santan 100 mili liter
  • Tepung tapioka 50 gram
  • Telur 1 butir
  • Garam 1/4 sendok teh

Bahan Membuat Kremesan :

  • Tepung tapioka 50 gram
  • Tepung beras 20 gram
  • Air rebusan ayam 425 mili liter
  • Kuning telur 1 butir (atau 1/2 butir telur kocok)
  • Secumput garam

Cara Membuat Ayam Goreng Kremes Suharti :

  1. Ayam Presto : Pertama-tama lumuri ayam dengan bumbu halus sampai rata. Susun dalam loyang presto, alasi dengan sereh dan daun jeruk. Tata ayam diloyang presto. Setelah itu tambahkan air di pancinya (seperti mengukus tapi pakai loyang atau bagian panci yang ngga bolong)
  2. Setelah itu tutup presto, masak selama 90 menit dengan menggunakan api sedang. Setelah 90 menit, matikan api, dinginkan. Buka presto, tiriskan ayam. Sisihkan kuahnya untuk digunakan sebagai kremesan.
  3. Kremesan : Campurkan semua bahan kremesan, aduk rata. Kemudian ambil 1 sendok sayur ukuran kecil, tuang bertahap dalam minyak panas. Goreng hingga kering dan kecoklatan.
  4. Ayam Goreng : Langkah awal buat bahan pencelup, kemudian celupkan ayam presto dalam bahan celupan. Goreng dengan menggunakan minyak panas sampai ayam berwarna kuning kecoklatan (goreng secukupnya jangan terlalu kering ya). Angkat, tiriskan.

Itu dia bahan-bahan dan cara membuat ayam goreng kremesnya, mudah di pratekkan bukan? Oh iya, seperti janji mimin tadi kami juga akan membagikan Resep Membuat Sambal Ala Ny.Suharti ya, so simak bahan-bahan dan cara membuatnya seperti dibawah ini ya.

Bahan-bahan Sambal :

  • Cabai merah keriting 250 gram (rebus utuh lalu uleg halus)
  • Tomat 2 buah (parut)
  • Ebi 13 buah (rendam air panas, uleg halus)
  • Bawang putih 9 siung (iris halus)
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Sambal Ala Ny.Suharti :

  1. Tumis bawang putih hingga tercium aroma wangi sedap, masukkan semua bahan. Masak hingga mengental, lalu tambahkan gula merah dan garam.
  2. Ayam goreng kremes suharti siap dinikmati selagi hangat lengkap dengan sambal dan lalaban sesuai selera. Nyam!!

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai artikel Resep Ayam Goreng Kremes Suharti. Semoga dengan adanya resep ayam goreng kremes ala suharti homemade yang kami bagikan dapat membantu anda membuat ayam goreng lezat ala suharti sendiri langsung dari dapur tercinta dirumah. Jangan lupa buka juga resep masakan asik lainnya dari kami seperti Resep Nasi Goreng Hongkong Ala Resto Dimsum dan Resep Kue Nastar Lembut Lumer Dimulut. Semoga bermanfaat, bantu share yaa šŸ™‚

Loading...