Resep Ayam Goreng Tulang Lunak Presto

Resep Ayam Goreng Tulang Lunak Presto – Jika berbicara tentang ayam goreng presto, siapa sih yang tak menyukainya? Memiliki rasa yang enak, gurih dan daging yang empuk hingga ketulang memang begitu nikmat. Ayam goreng presto atau yang sering disebut dengan ayam goreng tulang lunak ini sangat enak sekali jika dinikmati dengan nasi hangat nan pulen. Ditambah lagi dengan sambal pedas dan lalapan yang menemaninya, eum nyumi, begitu enak dan lezat.

Ayam goreng tulang lunak merupakan salah satu kuliner yang selalu memberikan kepuasan tersendiri bagi para penikmat ayam. Sehingga anda jangan heran lagi jika akhir-akhir ini banyak sekali restoran yang menyajikan ayam goreng tulang lunak atau ayam goreng presto sebagai daftar menu masakannya. Bahkan, tak jarang banyak restauran yang menjadikan ayam goreng tulang lunak presto ini sebagai menu utama di restauran tersebut.

Selain bisa disajikan sebagai hidangan selingan istimewa untuk keluarga anda dirumah, ayam goreng tulang lunak presto ini juga sering kali disajikan sebagai hidangan special dihari-hari istimewa. Misalnya acara syukuran, acara ulang tahun keluarga, hari raya idul fitri, dan lain sebagainya. Ayam goreng tulang lunak presto yang enak dan empuk memang sangat cocok sekali disajikan di moment special. Baca juga : 20 Kreasi Resep Masakan Ayam Terbaru

Nah bagi anda yang ingin membuat ayam goreng tulang lunak presto sendiri dirumah dan selalu gagal, mungkin anda dapat mencoba resep ayam goreng tulang lunak presto yang akan kami bagikan kali ini. Karena kami akan membagikan Bahan-bahan ayam goreng tulang lunak presto dan tentu saja lengkap dengan Cara Membuat ayam goreng tulang lunak presto dengan mudah.

Untuk membuatnya tentu saja kita memerlukan panci presto agar bisa mendapatkan ayam goreng yang teksturnya empuk hingga sampai ke tulang. Walaupun ada beberapa artikel yang saya baca jika anda tidak mempunyai panci presto, anda dapat merebus ayam nya selama 3 jam di panci biasa, namun kami kurang yakin hasilnya bisa benar-benar lunak hingga ketulang.

Sebelum digunakan untuk merebus ayam, jangan lupa alasi dasar panci dengan daun pisang ya. Lalu usahakan pilih ayam kampung yang masih muda, agar dalam memasak ayam goreng tulang lunak presto ini tidak terlalu lama. Baca juga : Resep Ikan Bandeng Presto Rumahan

Bagaimana, apakah anda sudah penasaran dan ingin segera membuatnya? Jika begitu yuk segera di simak Resep Ayam Goreng Presto berikut ini.

resep ayam goreng tulang lunak presto kremesan
Resep Ayam Goreng Tulang Lunak Presto Kremes

Resep & Bahan Ayam Goreng Tulang Lunak Presto

  • Ayam kampung muda 1 ekor
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Santan 1 liter dari 1 butir kelapa
  • Daun pisang (untuk mengalasi panci presto)
  • Minyak secukupnya (digunakan untuk menggoreng ayam)

Bumbu Halus Ayam Goreng Tulang Lunak Presto

  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 5 siung
  • Kemiri 5 butir (disangrai)
  • Ketumbar 2 sendok teh (disangrai)
  • Kunyit 2 ruas
  • Jahe 2 ruas
  • Minyak (digunakan untuk menumis)

Bumbu Lainnya

  • Lengkuas 2 ruas (memarkan)
  • Serai 3 batang (ambil bagian putihnya lalu memarkan)
  • Daun salam 10 lembar
  • Daun jeruk 5 lembar
  • Garam 2 sendok teh
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Kaldu bubuk 1 sendok teh (optional)
  • Air asam jawa 2 sendok makan

Bahan & Bumbu Kremesan Ayam Goreng Presto

  • Tepung sagu 1 sendok makan
  • Tepung maizena 1 sendok makan
  • Tepung beras 2 sendok makan
  • Air sisa merebus ayam 400 mililiter
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Kuning telur 1 butir (dikocok lepas)
  • Minyak yang banyak (digunakan untuk menggoreng kremesan)

Baca Juga :

Resep Ayam Goreng Kremes Mbok Berek

Resep Ayam Goreng Kremes Suharti


Cara Membuat Ayam Goreng Tulang Lunak Presto

  1. Langkah awal, siapkan panci presto lalu alasi bagian dasarnya dengan daun pisang. Kemudian olesi mulut panci dengan sedikit minyak goreng untuk memudahkan anda membuka tutup panci saat ayam sudah matang. Sisihkan.
  2. Selanjutnya siapkan ayam kampung muda, bersihkan dan belah bagian dadanya, jangan sampai putus ya. Patangkan ayam, lalu taburi permukaan dan bagian dalam ayam dengan baking powder hingga merata. Tutupi dengan plastik wrap atau penutup lainnya, lalu diamkan di kulkas selama setengah jam.
  3. Setelah itu siapkan wajan, lalu beri dan panaskan 2 sendok makan minyak. Kemudian tumis bumbu halus hingga harum, setelah itu masukkan bumbu lainnya, tumis hingga daun rempah dan matang (ambil rempahnya, seperti lengkuas, daun salam, serai, dan daun jeruk yang terdapat pada tumisan, ketuk-ketuk agar bumbu halus yang melekat terlepas, lalu masukkan rempah daun ini ke dalam panci presto). Sisihkan bumbunya.
  4. Keluarkan ayam dari kulkas, lalu olesi ayam dengan tumisan bumbu tadi hingga seluruh permukaan tertutup oleh bumbu. Lalu diamkan selama setengah jam (bisa di suhu ruang atau di kulkas).
  5. Jika sudah setengah jam, masukkan ayam ke dalam panci. Lalu tuangkan santan hingga ayam terendam oleh santan. Jika kurang asin tambahkan garam. Tutup panci presto dan ikuti seksama intruksi yang tertera di buku petunjuk panci presto anda.
  6. Masak dengan menggunakan api besar hingga uap keluar dan mendesis dari katup di panci selama setengah jam. Setelah itu kecilkan api dan masak selama 1 jam dengan api yang tidak terlalu besar. Matikan api kompor, biarkan uap benar-benar menghilang dari panci, baru deh buka penutup panci prestonya. Pada tahapan ini air untuk merebus benar-benar habis, karena itu perhatikan baik-baik saat anda merebusnya jangan sampai air benar-benar habis dan gosong. Diamkan ayam hingga dingin.
  7. Panaskan minyak goreng yang banyak, lalu ambil ayam secara hati-hati karena ayam sangat rapuh, biarkan air sisa merebus dan sisa-sisa bumbu dipanci. Karena kita akan menggunakannya untuk membuat kremesan. Goreng ayam dalam minyak yang cukup panas hingga berubah warna kecoklatan, kemudian balik dan goreng sisi sebelahnya sampai benar-benar matang (saat menggoreng, tidak memerlukan waktu yang lama). Angkat, tiriskan.

TIPS : Untuk menghindari ayam hancur adalah dengan meletakkan ayam di atas saringan, lalu goreng. namun jika anda menlakukannya dengan hati-hati dan ayam tidak dibolak-balik, tanpa menggunakan saringanpun hasinya tetap oke.

Cara Membuat Kremesan Ayam Goreng Presto

  1. Langkah awal tuangkan 400 mililiter air ke dalam panci bekas merebus ayam, lalu aduk-aduk menggunakan spatula kayu hingga bumbu dan sisa santan yang menempel dipanci dan daun rempah larut. Saring air berbumbu ke dalam mangkok. Lalu masukkan bahan-bahan kremesan lainnya ke dalam air.
  2. Selanjutnya aduk semua bahan kremesan hingga tercampur baik membentuk adonan yang halus dan tidak bergerindil, adonan yang berbentuk encer dan tidak pekat.
  3. Setelah itu saring minyak bekas menggoreng ayam tadi, lalu tuangkan di wajan lalu panaskan minyak hingga benar-benar panas. Selanjutnya ambil satu sendok makan adonan kremesan, dengan jarak yang cukup jauh dari wajan kira-kira 40 centi meter dari permukaan minyak (cara ini agar adonan menyebar dan tidak menggumpal saat digoreng). Ulangi dan lakukan hingga dipermukaan minyak terbentuk cukup banyak kremesan. Lalu biarkan adonan mengeras.
  4. Goreng kremesan hingga warnanya kecoklatan (dalam menggoreng kremesan jangan terlalu lama ya soalnya kremesan mudah sekali gosong). Angkat lalu tiriskan.
  5. Terakhir, tata ayam goreng di piring, lalu taburi dengan kremesan lalu ayam presto pun siap disajikan dengan nasi putih hangat, sambal dan lalapan sesuai selera.

Jangan Lewatkan : Resep Laksa Ayam Bogor Enak Mudah

Demikian Resep Ayam Goreng Tulang Lunak Presto lengkap degan kremesannya yang wajib anda coba. Terimakasih sudah berkunjung ke resephariini.com, semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda.

Loading...