Resep Bawang Goreng Renyah, Serta 5 Tips Membuatnya Agar Enak dan Tahan Lama

Resep Bawang Goreng Renyah – Bagaimana cara membuat bawang goreng renyah seperti bawang goreng asal Sumenep? Jawabannya gampang banget bun. Bila beberapa waktu lalu bunda sering membuat bawang goreng tapi kok hasilnya hitam, tidak renyah dan hasilnya tak secantik bawang goreng dengan merek terkenal yang memiliki harga cukup mahal. Mungkin ada salah satu tips membuat bawang goreng renyah yang terlewat.

Ya seperti yang kita ketahui membuat bawang goreng renyah memang dapat dibilang gampang-gampang susah. Karena salah sedikit saja bawang goreng bisa menjadi gosong. Atau bisa juga terlalu berminyak dan bawang goreng menjadi lembek dan tidak crispy. Pasti kesel banget dong ya, sudah susah-susah mengiris bawang yang super pedas di mata namun hasil bawang goreng tidak sesuai dengan harapan.

Nah untuk itu kami akan memberikan Resep dan 5 Tips Membuat Bawang Goreng Renyah yang enak dan dapat bertahan lama. Kunci sukses mengolah bawang goreng ternyata sangat mudah. Hanya beberapa trik sederhana tanpa ada modal banyak bawang merah atau bawang putih goreng homemade hasilnya akan enak, renyah dan dapat di simpan dalam beberapa waktu yang cukup lama.

resep bawang goreng

Resep dan 5 Tips Membuat Bawang Goreng Renyah

Sebelum kami bagikan Resep Bawang Goreng Merah renyahnya, silahkan bunda baca 5 Tips Membuat Bawang Goreng Agar Enak, Renyah dan Tahan Lama yang akan membantu dalam proses pembuatan bawang goreng nanti. Di simak dan pratekkan ya bun! 🙂

  1. Pertama, pilihlah bawang merah yang berkualitas. Untuk hasil yang renyah dan crispy, silahkan pilih bawang goreng yang masih segar dengan ukuran yang sedang atau besar.
  2. Kemudian tips yang kedua adalah perhatikan proses pengirisan. Untuk mendapatkan bawang merah goreng terbaik iris bawang goreng tipis dan jangan terlalu tebal. Karena dapat membuat bawang goreng hasilnya lembek, berminyak dan tidak renyah. Agar lebih praktis bisa gunakan alat pengiris bawang agar hasil irisannya tipis merata.
  3. Yang ketiga silahkan tambahkan tepung maizena serta garam agar hasilnya crispy. Caranya setelah diiris-iris tambahkan garam secukupnya, diamkan sebentar agar garam meresap. Setelah itu taburi dengan tepung maizena secukupnya. Untuk 1 kg bawang membutuhkan kurang lebih 1 hingga 1 1/2 sendok makan tepung maizena saja. Diamkan sebentar, lalu goreng. Dengan cara seperti ini dijamin hasil resep bawang goreng akan kriuk-kriuk kering renyah.
  4. Bunda harus sabar ketika proses penggorengan, karena untuk membuat bawang goreng dengan tampilan cantik anda dituntut menggoreng bawang dengan api yang kecil atau sedang. Alasannya karena bawang goreng cepat sekali menjadi gosong jika digoreng dengan minyak yang terlalu panas. Goreng dan aduk dengan cepat, lalu segera angkat begitu bawang goreng mulai menguning. Jangan sampai telat karena bawang goreng masih akan bertambah kuning sesaat setelah diangkat. Layaknya menggoreng kerupuk saja.
  5. Tips terakhir simpan bawang goreng renyah di wadah tertutup dan kedap udara. Untuk bawang goreng yang sudah diangkat dan ditiriskan sebaiknya segera dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup atau toples kedap udara supaya tidak melempem. Sebelum dimasukkan ke wadah pastikan terlebih dahulu jika minyak goreng sudah habis dengan cara ditiriskn di atas tisu makan. Karena minyak goreng yang berlebihan akan membuat bawang goreng cepat menjadi tengik. Nah agar ingin lebih awet bisa juga disimpan ke dalam lemari pendingin ( kulkas ).

Nah sudah baca dong ya 5 kunci sukses membuat bawang merah renyah yang enak dan tahan lamanya. Berikut kami bagikan Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Bawang Goreng Renyah yang dapat bunda buat sendiri di rumah. Mari disimak ya 🙂

Resep Bawang Goreng Renyah dan Cara Membuatnya

resep bawang goreng

Resep Bawang Goreng Renyah dan Cara Membuatnya

Resep By Susi Agung

Bahan-bahan Bawang Goreng :

  • Bawang merah 250 gram (kupas lalu cuci bersih)
  • Minyak banyak untuk menggoreng
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Bawang Goreng Renyah :

  1. Langkah awal iris tipis bawang merah, lalu taburi dengan sedikit garam. Remas-remas pelasn agar garam meresap. ( Jangan over meremas ya bun, apa lagi sampai hancur. Cukup sampai garam merata saja ya )
  2. Selanjutnya panaskan minyak goreng, masukkan bawang kedalam minyak panas, goreng dengan api kecil atau sedang dengan terus diaduk agar matang merata. Ketika bawang sudah terlihat tidak basah dan sedikit kecoklatan (menguning) segera angkat. Tidak perlu menunggu bawang sampai berwarna cokelat ya karena bisa dipastikan bawang akan gosong dan hitam bila menunggu bawang sampai cokelat.
  3. Kemudian angkat dan tiriskan bawang goreng di atas tisue dapur dengan agak di sebar yang bertujuan agar minyak terserap dan bawang cepat kering tidak mengandung banyak minyak dan menghasilkan bawang goreng yang super renyah.
  4. Bila sudah dingin segera masukkan bawang goreng kering ke dalam wadah kedap udara dan siap digunakan untuk pelengkap aneka masakan. Seperti bakso, sup, soto, mie ayam, opor ayam, karedok, ketoprak, sayur lodeh, kupat tahu, kupat sayur, Resep Gulai Padang Khas Sedap Makyuss atau dimakan dengan nasi putih hangat juga rasanya sudah enak banget. Cobain deh!

Seperti yang sudah saya katakan diatas untuk mengiris bawang jangan langsung dalam jumlah banyak ya bun. Karena bawang akan berubah warna dan hasilnya tidak lagi cantik ketika digoreng. Sebaiknya iris secukupnya lalu langsung digoreng. Kalau bunda membuat bawang goreng crispy dalam jumlah banyak sebaiknya ada yang mengiris dan ada yang langsung menggoreng agar warnanya tidak berubah.

Dalam Resep Bawang Goreng Kriuk ini kita cukup menggunakan garam saja. Tapi jika ingin super renyah endess silahkan tambahkan tepung maizena secukupnya, caranya sama seperti saat mencampurkan garam ya bun. Tapi menurut saya pakai garam saja juga sudah renyah dan lezat.

Bawang goreng yang mengandung zat MSG alami ternyata dapat membuat masakan jadi lebih enak dan gurih. Jadi bagi bunda yang ingin memasak enak tapi ingin lebih sehat bisa menggunakan bawang goreng ke dalam masakan bunda. Dari pada pakai MSG yang tidak baik untuk kesehatan balita dan anak-anak.

Jadi sekarang jangan membeli bawang goreng kemasan yang biasa dijual di pasar yang katanya tidak asli bawang karena suka ada campurannya. Mending buat bawang goreng homemade sendiri di rumah, hasilnya lebih enak, sehat dan tentu saja tidak bau apek. Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Bawang Goreng Renyah, Serta 5 Tips Membuatnya Agar Enak dan Tahan Lama. Baca juga Resep Cah Kangkung Belacan Pedas Ala Resto, Enak Banget! yang pas diberi taburan bawang goreng renyah ini.

Selamat mencoba ya bun, jangan lupa share ke media sosial jika tips membuat resep bawang goreng super renyah ini bermanfaat. Sekian 🙂

Advertisement