Resep Bubur Mutiara Jahe Kuah Santan, Pas Manis dan Gurinya!

Resep Bubur Mutiara Jahe Kuah Santan – Dari kemarin pengin banget bikin bubur mutiara ini. Efek baper bulan puasa kali ya, jadi rasanya pengin takjil bubur manis yang enak dan legit. Kemarin aku sudah coba membuat Resep Kolak Biji Salak, Menu Takjil Idola Buka Puasa, Dibuat Yuk!. Tekstur kenyal serta legit santan dan saus gula jawanya aku suka bengat.

Nah sekarang lagi pengin membuat bubur manis yang mudah dan praktis dibuat. Akhirnya menjatuhkan pilihan ke resep bubur mutiara ini. Menurutku olahan bubur yang paling gampang dibuat dan tidak membutuhkan waktu yang lama ya ini. Mungkin tak sampai 1 jam, bunda sudah dapat mencicipi lezatnya bubur mutiara santan yang dibuat dari tangan bunda sendiri di rumah.

Untuk menambah inovasi rasa di dalam resep bubur mutiara, kali ini aku akan menyelipkan beberapa buah jahe agar rasanya makin hangat ketika dinikmati. Tak disangka-sangka dengan sentuhan sedikit jahe di dalamnya, hasil akhir dari bubur sagu mutiara ini sangat enak dan hangat. Aku rasa-rasa sensasinya hampir mirip olahan minuman hangat sekuteng, bandrek dan wedang ronde Jogja.

Asli aku suka banget dengan olahan bubur mutiara jahe kuah santan ini, soalnya enak dan hangat dibadan. Oh iya, kenapa disebut dengan bubur sagu mutiara jahe kuah santan, karena pas penyajian bubur sagu merah ini di siram santan kental atau santan sedang secukupnya. Sebenarnya bisa juga dimasak langsung dengan saus gula jawa / gula merah legit dan santan, namun menurutku nanti jadi cepat basi. Jadi kalau kira-kira tidak langsung di makan habis ya mending antara bubur sagu mutiara yang sering disebut bubur pacar china / cina ini di pisah dengan kuah santan gurihnya.

Selain disajikan dalam kondisi hangat, sebenarnya bubur mutiara jahe bisa juga disajikan dingin menjadi es sagu mutiara. Silahkan tambahkan potongan buah nangka, kelapa muda, kolang-kaling, cincau, melon dan lain sebagainya lalu sajikan bersama es batu lengkap dengan sirup gula dan saus santan kentalnya. Hasilnya seger banget, jadi seperti olahan es buah dan sup buah segar pada umumnya. Sedangkan untuk olahan kolak, bunda bisa menyajikan bubur kembang pacar ini bersama potongan buah pisang, ubi jalar, singkong, kacang hijau, kacang merah, jagung, tape dan lain sebagainya.

Tak ada batasan untuk berinonasi dengan kembang pacar, sagu mutiara atau pacar cina ini. Karena selain diolah menjadi kudapan di atas, sagu mutiara dapat diolah menjadi camilan yang enak dan lezat. Seperti puding sagu mutiara, bola mutiara, sagu mutiara saus santan dan gula merah, mutiara kelapa kukus, bubur sumsum pandan mutiara, burjo mutiara roti tawar, puding hunkwee sagu mutiara, mendut mutiara agar-agar, jenang mutiara, lapis sagu mutiara dan lain sebagainya. Kalau udah ngomongin olahan sagu mutiara memang tak pernah ada habisnya ya bun, soalnya banyak banget.

Berikut kami bagikan Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Bubur Mutiara Jahe Kuah Santan seperti berikut ini. Mari disimak!

Cara Membuat Resep Bubur Mutiara Jahe

resep bubur mutiara jahe

Cara Membuat Resep Bubur Mutiara Jahe

Bahan-bahan Bubur Mutiara :

  • Sagu mutiara 200 gram
  • Air 1 liter
  • Pandan 1 lembar (potong-potong)
  • Jahe 2 centi meter (memarkan)
  • Gula pasir 100 gram

Bahan Saus Santan :

  • Santan kental 200 mili liter
  • Pandan 1 lembar (potong-potong)
  • Garam 1/2 sendok teh

Cara Membuat Bubur Mutiara Jahe :

  1. Bubur Sagu : Langkah awal didihkan air bersama daun pandan dan jahe. Masukkan biji mutiara yang sudah di rendam tadi, lalu masak dengan menggunakan api sedang hingga biji mutiara bening. (Jika masih ada titik putih, silahkan tambahkan air panas secukupnya lalu masak kembali hingga bening dan kental).
  2. Setelah itu masukkan gula pasir dan masak kembali hingga gula larut dan bubur mengental.
  3. Saus Santan : Untuk saus santan, silahkan masak semua bahan hingga mendidih. Angkat.
  4. Penyajian : Siapkan mangkuk saji, lalu ambil bubur sagu mutiara jahe secukupnya kemudian siram dengan kuah santan secukupnya.
  5. Bubur sagu mutiara merah siap disajikan selagi hangat dan dingin.

Hujan-hujan seperti ini pas banget deh rasanya menyantap bubur mutiara sagu. Untuk sarapan pagi juga oke, bunda bisa tambahkan roti tawar kedalamnya agar lebih komplit dan special. Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Bubur Mutiara Jahe Kuah Santan, Pas Manis dan Gurinya!. Jangan lewatkan artikel resep terbaru dari kami seperti Resep Kolak Pisang Kolang Kaling Ubi yang pas untuk menu takjil buka puasa esok hari. Semoga bermanfaat šŸ™‚

Advertisement