Resep Buntil Daun Singkong Enak

Resep Buntil Daun Singkong Enak – Buntil adalah salah satu masakan tradisional Indonesia warisan nenek moyang yang sayang sekali bila terlewatkan. rasanya yang enak dengan kuah santannya yang lezat membuat banyak orang yang menyukai buntil. masakan buntil ini terkenal sekali di daerah jawa, khususnya daerah Istimewa Jogjakarta dan Banjarnegara. disana, buntil ini seringkali disajikan bersama nasi gudeg lengkap dengan tempe bacem jogja dan goreng krecek nya.

Mungkin sebagian dari kalian ada yang masih bingung ya, buntil itu apa sih? oke untuk kalian yang belum mengetahui hidangan buntil ini, kami akan sedikit menjabarkan sedikit tentang buntil. buntil adalah masakan khas Jawa yang terbuat dari parutan kelapa yang bercampur bumbu, ikan teri serta petai china. kemudian semua bahan tersebut di bungkus dengan daun pepaya atau singkong. terkadang juga bisa menggunakan daun talas dan daun lumbu sebagai pembungkusnya lalu direbus di dalam kuah santan berbumbu yang lezat.

Namun karena daun talas dan daun lumbu sering sulit di temukan di pasaran, sehingga kebanyakan masakan buntil dibuat dari daun pepaya dan daun singkong. bagi anda yang tidak suka dengan pahitnya daun pepaya, biasanya buntil daun pepaya di campur dengan sedikit daun singkong untuk menghilangkan sedikit rasa pahitnya. tapi bila anda tidak suka sama sekali dengan daun pepaya, lebih baik anda membuat Buntil Daun Singkong yang resepnya akan kami bagikan kali ini.

Buntil Daun Singkong seringkali di isi dengan ikan teri, parutan kelapa serta petai china. namun kali ini kami akan mencoba mengkreasikan Buntil Daun Singkong dengan isian ikan asin peda yang dikukus lalu di suwir-suwir. sedangkan untuk petai china nya kita ganti dengan 1/2 papan pete yang dibelah menjadi dua bertujuan agar tercipta kreyes khas dari petai. rasanya tentu saja enak sekali, sangat cocok disantap bersama nasi putih hangat yang pulen.

Untuk kuah santan Buntil Daun Singkong yang terkenal dengan sebutan Rawon Ndeso ini bisa di masak encer, kental ataupun hingga kuah santannya sedikit mengering sampai kuah nya tersisa sedikit. kalau orang jawa bilang sih Buntil Daun Singkong kuah nyemek. dengan ini bumbu kuah santan benar-benar meresap kedalam sehingga rasanya akan sedap dan gurih sekali. bila kita lihat resep Buntil Daun Singkong ini hampir serupa dengan masakan Bothok ya. cuma bedanya untuk bothok biasanya dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus.

Sedangkan buntil terbuat dari dedaunan yang bisa dimakan dan dimasak di dalam kuah bersantan yang gurih sedap. pada umumnya bungkusan buntil dimasak dalam waktu yang cukup lama didalam kuah santannya. yang bertujuan agar kuah santan menjadi kenal dan bumbu tampak menempel di permukaan buntil dan daun singkong menjadi bertekstur lembut dan enak ketika disantap. nah, bagi kalian yang penasaran dan ingin mencoba memasak buntil dirumah, yuck di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Buntil Daun Singkong nya seperti berikut ini.

Resep Buntil Daun Singkong dan Cara Membuatnya

buntil daun singkong

Resep Buntil Daun Singkong dan Cara Membuatnya

Bahan-bahan Buntil :

  • Daun singkong 2 ikat ( rebus hingga matang, peras ) bila ingin praktis boleh beli daun singkong yang sudah di rebus di pasaran.
  • Kelapa parut 100 gram ( pilih yang agak muda )
  • Ikan asin peda 2 ekor ( kukus, suwir-suwir )
  • Petai 1/2 papan ( belah dua )

Bumbu Halus Buntil :

  • Cabai merah keriting 3 buah
  • Cabai rawit merah 2 buah
  • Bawang putih 1 siung
  • Ketumbar 1/8 sendok teh
  • Kencur 1 centi meter
  • Terasi 1/4 sendok teh ( dibakar )
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Gula pasir 1 sendok teh Atau gulau merah sesuai selera

Bahan Kuah Santan Pedas :

  • Santan 600 mili liter
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 2 centi meter ( dimemarkan )
  • Cabai rawit merah 8 buah
  • Kaldu bubuk 1 sendok teh atau garam secukupnya
  • Gula merah sisir 2 sendok teh

Bumbu Halus Kuah Santan :

  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 2 siung
  • Kemiri 2 butir ( disangrai )
  • Cabai merah keriting 10 buah

Cara Membuat Buntil Daun Singkong Enak :

  1. Buntil : langkah awal aduk rata kelapa parut, ikan asin peda, pete dan bumbu halus buntil. cicipi, bila ada yang kurang silahkan tambahakan.
  2. Selanjutnya ambil daun singkong rebus, pipihkan rapat. lalu beri campuran kelapa parut di tengahnya, bungkus lalu bentuk bulat lonjong. ikat dengan tali dari bambu atau bahan lain yang aman bila di panaskan. ikat rapi dan rapat, bertujuan agar isinya tidak keluar ketika di masak kuah. kukus buntil selama 30 menit hingga matang.
  3. Kuah Santan : Tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan cabai rawit merah, salam dan lengkuas. aduk hingga layu. tambahkan santan, garam dan gula merah. masak hingga matang dan mendidih.
  4. Langkah selanjutnya masukkan buntil yang sudah dikukus lalu masak hingga bumbu meresap.
  5. Buntil daun singkong siap di santap selagi hangat.

Selain terkenal dengan buntil isi ikan asin, kelapa parut dan pete, buntil juga dapat di kreasikan dengan isian tahu yang di hancurkan loh. buntil dengan isian tahu yang dihancurkan ini terkenal dengan sebutan nama Buntil Tahu. lalu untuk bahan pembungkus selain daun-daunan seperti daun singkong, daun lumbu, daun talas, daun pepaya dan lain sebagainya buntil juga dapat dibuat dari pare loh. untuk buntil yang dibuat dari sayuran pare terkenal dengan nama Buntil Pare.

Nah, itu dia cara membuat buntil daun singkong nya, cukup mudah dibuat bukan? oke, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Buntil Daun Singkong Enak ini dirumah. buka juga informasi resep camilan dan lauk untuk menemani buntil seperti Resep Dim Sum Siomay Ayam Ekonomis dan Resep Dadar Gulung Isi Bayam Bergizi yang sayang sekali bila terlewatkan. terimakasih sudah membuka resephariini.com, semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat. enjoyy memasak !!