Cimol Bojot dan Cimol Kopong, Camilan Serupa Tapi Tak Sama

Halo sahabat pecinta kuliner, sudahkah sukses mengeksekusi resep cimol kopong yang kami bagikan sebelumnya? Jika belum, terus coba hingga berhasil ya. Nah, ternyata selain cimol kopong, ada lagi jenis cimol yang juga sangat terkenal dan bikin banyak anak sekolahan rela antre untuk mendapatkannya. Namanya Cimol Bojot, jajanan murah meriah dari Garut. Apa bedanya Cimol Bojot dan Cimol Kopong? Yuk, cari tahu!

Cimol Bojot

Pada dasarnya, cimol kopong dan cimol bojot hampir sama. Bahan dan cara pembuatannya tak banyak berbeda. Namun ada dua hal besar yang membuat dua jenis cimol ini tak sama. Perbedaan pertama, jika cimol kopong digoreng hingga matang dan berwarna kecoklatan, cimol bojot hanya digoreng setengah matang. Perbedaan kedua, cimol kopong enak disajikan dengan saus sambal, saus tomat ataupun sambal kacang. Sementara cimol bojot disajikan dengan minyak bawang dan bubuk cabe.

Kali ini, kami mau bagikan bagaimana cara membuat cimol bojot yang enak, namun tetap sehat. Pertama-tama siapkan bahan untuk membuat cimol. Bahannya tak jauh beda dengan membuat cimol kopong, jadi silakan tengok resep cimol di postingan sebelumnya ya. Namun untuk memberikan rasa pedas yang khas, campurkan juga bubuk cabe dalam adonan cimol bojot. Baca juga : Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang Bandung

Sementara itu, siapkan dulu minyak bawangnya. Kamu perlu 2 siung bawang putih. Setelah dikupas dan dicuci, geprek dan rajang bawang putih tersebut, lalu goreng dengan tiga sendok makan minyak sampai berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan sisihkan dulu.

Setelah minyak bawang siap dan adonan cimol sudah dibentuk dalam bulatan-bulatan seperti kelereng. Saatnya menggoreng cimol dengan teknik yang sama seperti menggoreng cimol kopong. Bedanya, tak perlu menunggu cimol matang sepenuhnya alias goreng setengah matang saja. Cukup panaskan sebentar, lalu angkat. Baca juga : Cara Membuat Cilok Goreng Crispy

Dalam keadaan masih panas, taruh cimol di mangkuk atau wadah yang kamu suka. Lalu tambahkan minyak bawang yang telah dibuat. Satu, dua, tiga sendok makan atau sesuai seleramu. Sebagai pamungkas, taburkan bubuk cabe dan bumbu kaldu untuk memberikan cita rasa pedas dan gurih. Semakin pedas, semakin cimol bojot namanya. Mudah kan?

Loading...