Resep Donat Maizena Tembem Tanpa Cetakan

Resep Donat Maizena Tembem Tanpa Cetakan – Siapa sih yang gak tau salah satu cemilan ini bentuknya hampir menyerupai cincin bulat dengan lubang di tengahnya, benar sekali ia adalah Donat. Bentuk donat sendiri tidak hanya dengan ciri khasnya itu karna ada pula donat dengan bentuk bulat tanpa lubang. Donat seperti ini bisanya dilengkapi dengan isian di dalamnya berupa macam-macam isian seperti selai, coklat meses atau keju.

Seiring dengan berkembangnya bisnis pada bidang makanan tak mengecualikan camilan donat pun menjadi target market yang menjangkau seluruh kalangan. Terbukti dengan mulai bermucunculan gerai dan toko yang khusus menjual donat. Aneka toko kue tersebut seakan-akan berlomba-lomba menawarkan donat dengan variasi bentuk dan rasa yang bermacam-macam. Ciri khas olahan donat tersebut tentu saja demi memuaskan pelanggan para pecinta donat.

Cara membuat donat sendiri tentunya cukup praktis dan bahan bahannya pun mudah di dapat. Donat yang dibuat dari bahan dasar tepung yang melalui proses peragian kemudian di selesaikan dengan proses penggorengan dan finishing di percantik dengan hiasan toping di atasnya. Toping yang biasanya digunakan untuk taburan donat biasanya berupa taburan gula halus, dicelup campuran madu dan gula, disiram coklat yang telah dicairkan atau di poles dengan whipcream kemudian ditaburi coklat butir / coklat choco beraneka warna dan juga bentuk.

Asal-usul donat sampai sekarang belum pasti dan masih menjadi perdebatan banyak sumber. Namun tidak dipungkiri donat sangat lekat dengan kebudayaan di Negara Paman Sam (Amerika). Seperti halnya makanan khas Amerika yaituyhamburger dan panganan lain yang berbau kebaratan. Bahkan di sana banyak gerai donat yang menyediakan donat dan kopi gratis, itu terjadi karena banyaknya penggemar donat.

Sedangkan di Indonesia donat di di kenalkan pertama kali pada acara Djakarta Fair (sekarang disebut Pekan Raya Jakarta) oleh stan American Donut pada tahun 1968. Yang hingga saat ini masih setia dan menjadi tradisi tahunan bagi Amerikan Donut membuka stan di Pekan Raya Jakarta. Pada Tahun 1985 Dunkin’Donat mendirikan gerai pertamanya yang disusul dengan tersebarnya 200 gerai di berbagai kota yang terus berkembang hingga saat ini di Indonesia. Yang kemudian di ikuti dengan masuknya bisnis donat waralaba asing lainnnya.

J.CO adalah salah satu merek lokal donat yang didirikan oleh Johnny Andrean seorang penata rambut terkemuka di Indonesia. J.CO Donuts & Coffee membuka gerai pertamanya di Supermall Karawaci pada tanggal 26 Juni 2005. Dan keberhasilan J.CO diikuti oleh merek lokal lain yang juga membuka gerainya di mall mall ternama di ibukota.

Dikarenakan banyaknya macam dan jenis donat serta tempat untuk menjajakannya muncul lah satu nama yang unik yaitu donat kampung. Donat kampung ini adalah nama untuk jenis donat yang diproduksi industri kecil yang dijajakan keliling menggunakan sepeda atau di tawarkan para pedagang asongan di dalam bus. Ada juga donat kentang yaitu donat dengan tekstur lembut yag dibuat dari bahan baku kentang dan lebih sering di produksi oleh para pedangan kaki lima yang banyak dijual di pasar tradisional. Jika ingin membuat donat kentang klik resepnya disini Resep Donat Kentang Empuk Praktis.

Sedangkan untuk resep donat yang akan kami share kali ini merupakan salah satu kreasi dari olahan donat original yang bernama donat maizena. Rasanya yang empuk, mengembang, tembem walaupun tanpa cetakan mulai menggeser donat kentang, donat kampung atau donat ala J.CO yang beberapa waktu lalu populer dimana-diaman. Rasa dan Tampilan resep donat maizena ini tak kalah dengan donat merek lokal ataupun donat merek Negara tetangga. Ini dia Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Donat Maizena seperti berikut ini.

Resep Donat Maizena dan Cara Membuat

resep donat maizena

Bahan-bahan Membuat Donat :

  • Tepung terigu protein tinggi(cakra) 500gram
  • Fermipan 1 bungkus
  • Gula halus 5 sendok makan
  • Telur 2 butir
  • Air biasa 200 mili liter
  • Mentega 75 gram
  • Tepung maizena 5 sendok makan
  • Susu bubuk 5 sendok makan
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat Donat Maizena :

  1. Siapkan semua bahan, kemudian campur fermipan dengan air aduk rata diamkan 5 menit.
  2. Setelah itu campur semua bahan kecuali mentega aduk menggunakan tangan.
  3. Langkah selanjutnya masukan mentega, lalu uleni.
  4. Jika adonan lengket di tangan tambahkan segenggam terigu lagi.
  5. Terus uleni sampai adonan kalis, kurang lebih diuleni sekitar 20 menit. Jika sudah kalis, diamkan adonan selama 30 menit kemudian tutup menggunakan kain.
  6. Kempeskan adonan, kemudian bagi adonan sesuai selera. sebaiknnya di timbang, agar hasil donat sama besarnya.
  7. Cetak donat atau bulatkan donat dengan menggunakan tangan hingga semua adonan habis. Diamkan kembali selama 20 menit.
  8. Lempengkan adonan, kemudian tusuk tengah-tengah adonan pakai jari telunjuk. Lakukan terus hingga adonan habis.
  9. Langkah terakhir, goreng adonan donat di atas api kecil hingga matang. Angkat, tiriskan.

Untuk toping atau taburan donat hasil Resep Donat Maizena Tembem Tanpa Cetakan bisa menggunakan gula bubuk atau aneka selai buah seperti selai strawberry, selai nanas, selai kacang, cokelat leleh, keju dan aneka toping lainnya sesuai selera. Saat ini donat pun bisa di modifikasi sebagai pengganti kue tart ulang tahun. Bahkan hampir semua gerai donat dan toko kue menyediakan layanan ini.

Atau kita bisa membuatnya sendiri dengan mengandalkan kreasi yang kita miliki. Selain lebih higienis, dengan membuat donat maizena sendiri bisa kita jadikan lahan bisnis yang menjanjikan. Apalagi olahan Resep Donat Maizena sangat mudah dibuat sehingga tidak akan menyita waktu yang cukup lama untuk membuatnya.

Cukup sekian sebagian ulasan tentang jenis donat, secuil cerita masuknya donat di Indonesia dan Resep Donat Maizena Tembem Tanpa Cetakan. Terimakasih telah membaca resephariini.com, baca juga resep lainnya dari kami seperti Resep Tahu Bulat Kopong Praktis yang layak untuk dicoba. Semoga bermanfaat.

Advertisement