Resep Es Dawet Ireng Khas Purworejo

Resep Es Dawet Ireng Khas Purworejo – Es dawet merupakan minuman segar yang sangat khas dari Jawa Tengah. terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka yang di olah dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan butiran-butiran dawet yang berbentuk kecil memanjang. pada umumnya es dawet ini memiliki warna hijau. es dawet dengan warna hijau merupakan dawet yang berasal dari Kota Banjarnegara Jawa Tengah dan terkenal dengan nama Es Dawet Ayu.

Berkembangnya es dawet selain populer dengan Es Dawet Ayu Banjarnegara nya, kini es dawet pun di kreasikan menjadi lebih menarik dan unik. seperti Es Dawet Ireng Khas Purworejo yang resepnya akan kami bagikan kali ini. Es Dawet Ireng atau yang dalam arti bahasa Indonesia nya Es Dawet Hitam merupakan minuman segar dingin yang khas dari Purworejo. maka jangan heran lagi bila anda melintasi jalan raya Banyumas-Purworejo banyak sekali pedangan dawet yang berjejer di pinggiran jalan sawah.

Warna hitam atau ireng yang khas dari dawet ireng purworejo ini bukan dari pewarna makanan, namun menggunakan air abu merang. nah, bagi anda yang tidak tahu abu merang itu apa akan kami jelaskan sedikit agar anda tidak bingung mencarinya. abu merang dibuat dari daun padi kering atau yang sering disebut oman dalam bahasa jawanya, lalu dibakar hingga menjadi abu. kemudian abu itu dicampur dengan air dan menghasilkan warna hitam pekat yang alami tanpa bahan pewarna lainnya.

Penggunaan abu merang pada dawet ireng membuat rasa dan aromanya menjadi berbeda dari dawet-dawet biasanya. selain sebagai pewarna hitam alami, penggunaan air abu merang ini juga membuat tekstur dawet menjadi sedikit lebih kenyal dan enak. dengan ini membuat abu merang sering digunakan di aneke jajanan pasar tradisional, karena selain sebagai pewarna hitam alami bisa juga menjadi bahan pengenyal alami. wah, keren ya, ternyata abu yang merupakan limbah selain sebagai pupuk alami disawah bagus juga untuk pewarna makanan dan minuman.

Anda jangan kawatir dengan penggunaan abu merang ini, karena aman dikonsumsi dan kita hanya memakai sari air hitam dari abu merang saja. namun bila didaerah anda tidak ada abu merang, bisa diganti dengan pasta pandan ataupun daun suji. nanti akan menjadi dawet hijau seperti Es Dawet Ayu Banyumas. atau bisa juga menggunakan warna merah alami sehingga menjadi Es Dawet Merah ( Es Red Dawet ).

Es Dawet Ireng ini memang benar-benar enak dan segar sekali, apalagi bila disajikan saat cuaca panas. rasanya segar dan nampol ditenggorokan, sehingga cocok sekali untuk pelepas dahaga. rasanya yang kenyal segar bersama sirup gula dan santan gurihnya akan terasa nikmat juga bila disajikan untuk Menu Takjil atau Menu Berbuka Puasa Ramadhan. selain itu es dawet ireng khas purworejo juga sering digunakan diberbagai acara-acara special seperti khitanan, arisan keluarga, pernikahan, acara adat dan lain sebagainya.

Dawet Ireng paling enak bila disajikan dengan santan kental segar hasil pemerasan kelapa langsung seperti Es Dawet Ireng Asli Purworejo. namun penggunaan santan semacam itu membuat dawet ireng tidak bertahan lama. jadi jika tidak langsung dikonsumsi anda harus meracik kuah santan terlebih dahulu agar dawet ireng menjadi tahan lama dan kesegaran santan tetap terjaga. nah, bagi anda yang penasaran akan kesegaran es dawet ireng dan belum sempat berlibur ke purworejo buat sendiri dirumah aja yuck.

Cara membuat dawet ireng purworejo ini sangat mudah dan tidak ribet loh. jadi resep ini bisa dibuat atau dipratekkan oleh siapa saja, bagi yang baru belajar memasak sekalipun. nah, untuk lebih jelas dari Bahan-bahan Dan Cara Membuat Es Dawet Ireng Khas Purworejo nya silahkan disimak artikel resepnya dibawah ini.

Resep Es Dawet Ireng Dan Cara Membuatnya

es dawet ireng purworejo

Resep Es Dawet Ireng Dan Cara Membuatnya

 

Bahan-bahan Dawet Ireng :

  • Tepung beras 60 gram
  • Tepung tapioka/sagu 50 gram
  • Air 800 mili liter
  • Abu merang 5 sendok makan ( dilarutkan dengan 100 mili liter air, andapkan atau saring dengan
  • saringan halus, sisihkan )
  • Garam 1 sendok teh

Bahan Sirup Es Dawet Ireng :

  • Gula merah 250 gram ( disisir )
  • Daun pandan 2 lembar
  • Air 250 mili liter

Bahan Kuah Santan :

  • Santan 500 mili liter dari 1 butir kelapa
  • Daun pandan 2 lembar
  • Garam 1/4 sendok teh

Bahan Pelengkap Es Dawet Ireng :

  • Nangka ( dipotong-potong kecil )
  • Es batu atau Es serut secukupnya ( sesuai selera )

Cara Membuat Es Dawet Ireng Khas Purworejo :

  1. Dawet Ireng : Pertama-tama campurkan tepung beras, tepung sagu, dan air abu merang dalam wadah hingga merata. masukkan air lalu larutkan campuran bahan hingga merata.
  2. Selanjutnya rebus adonan dengan menggunakan api sedang sambil terus diaduk hingga adonan mengental. sebagai tanda apabila adonan sudah meletup-letup segera matikan kompor, angkat.
  3. Setelah itu tuang adonan ke dalam cetakan cendol yang diletakkan diatas baskom berisi air es. tekan-tekan adonan sampai cendol atau dawet ireng berjatuhan ke dalam air es, lakukan hingga adonan habis. saring dawet yang sudah jadi, kemudian masukkan kedalam air matang dingin.
  4. Sirup : didihkan semua bahan sirup diatas dengan menggunakan api sedang hingga kental, aduk rata.
  5. Santan : rebus bahan kuah santan dengan menggunakan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih dan santan matang.
  6. Penyajian : Siapkan mangkuk atau gelas saji, lalu isi dengan Dawet Ireng, santan, dan sirup gula merah secukupnya atau sesuai selera. bila suka sajikan bersama bahan pelengkap seperti potongan buah Nangka dan Es Batu atau Es Serut secukupnya.

Jangan Lewatkan : Resep Es Jelly Manohara Segar

Dawet Ireng Asli Purworejo biasanya dibuat dengan menggunakan Tepung Kerut. tetapi karena tepung jenis ini saat ini sangat sulit didapat maka pada Resep Dawet Ireng Mudah ini diganti dengan Tepung Sagu atau tepung tapioka. ngomong-ngomong dari tadi bahas dawet ireng admin jadi keinget sama Es Cendol Bandung nih. yups, cendol yang dibuat dari tepung beras saja atau tepung sagu, tepung hungkwe atau tepung garut ini bentuknya sama dengan Dawet Ireng, Dawet Ayu, Dan Red Dawet. dan tentunya sama-sama enak dan segar :0

Penggunaan nangka didalam Es Dawet Ireng praktis ini menciptakan aroma wangi yang khas, tentu saja akan semakin menggoda banyak orang untuk mencicipi nikmatnya es dawet ireng. sajikan es dawet selagi dingin, agar enak dan segarnya maksimal 😀 hihiihi. oke deh, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Es Dawet Ireng Khas Purworejo ini dirumah. tetap setia di blog kami resephariini.com, karena masih banyak lagi aneka resep dan tips memasak yang tentu saja akan bermanfaat untuk anda. sekian 🙂

Loading...