Resep Ikan Kembung Kuah yang Segar, Lezat dan Bergizi Tinggi

Resep Ikan Kembung Kuah yang Segar, Lezat dan Bergizi Tinggi – Ikan kembung mungkin tidak terdengar eksklusif dan menarik, namun tahukah jika kandungan omega-3 nya jauh lebih banyak dibandingkan ikan salmon. Dengan harga yang tentunya jauh lebih murah, kita bisa mendapatkan ikan yang lebih bergizi. Bahkan tidak hanya mengandung omega-3, ikan kembung juga mengandung vitamin A dan D.

Ikan kembung sendiri mengacu pada sekelompok ikan laut bermarga Rastrelliger. Konon meski tubuhnya kecil, ikan ini masih bersaudara dekat dengan tongkol, tuna, tenggiri dan makerel lo. Di daerah Makasar, ikan kembung memiliki nama Banyar atau Banyara. Lalu perlahan berkembang menjadi sebutan ikan kembung banjar. Sementara di Ambon, ikan Kembung dikenal sebagai Lema atau Tatare.

Nah, dengan kandungan gizinya yang melebihi ikan salmon, tentunya sangat bagus sekali jika ikan kembung disajikan sebagai resep andalan keluarga. Digoreng saja lalu disajikan dengan nasi hangat dan sambal terasi atau sambal bawang, ikan kembung pun sudah sangat lezat. Namun jika ingin mendapat cita rasa yang lebih kaya dan nikmat, resep ikan kembung berkuah ini bisa dicoba.

Masakan Ikan Kembung Kuah Segar

Untuk bisa menyajikan ikan kembung kuah yang kaya rasa, kita harus melakukan beberapa langkah berikut ini.

Langkah 1: Siapkan Bahan Masakan

Resep tanpa bahan yang akan dimasak tentu bukanlah resep namanya. Maka inilah bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat ikan kembung kuah:

  • 3 ekor ikan kembung yang sudah dicuci bersih
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 siung bawang putih yang dihaluskan
  • 1 sdt garam atau sesuai selera

Langkah 2: Siapkan Bumbu Yang Harus Ditumis

Setelah itu, saatnya siapkan bumbu-bumbu di bawah ini. Bumbu-bumbu inilah yang akan memberikan cita rasa yang kaya dalam ikan kembung kuah. Jangan lupa, untuk mengeluarkan aroma yang nikmat nan segar, bumbu-bumbu tersebut harus ditumis.

  • Siapkan bawang putih, cukup 1 siung dan diiris tipis.
  • Jangan lupa bawang merah sebanyak 3 siung dan diiris tipis.
  • Gunakan juga jahe sepanjang kurang lebih 1 cm, kemudian geprek untuk mengeluarkan rasanya.
  • Lengkuas sepanjang 1 cm.
  • Gunakan juga sereh 1 batang. Tidak perlu digunakan semuanya, cukup pakai bagian putihnya lalu digeprek.
  • Ambil daun salam dan daun jeruk sebanyak 2 lembar.
  • Selanjutnya siapkan cabe rawit dan cabe keriting, masing-masing 3 buah dan diiris tipis.
  • Cabe merah juga dibutuhkan, siapkan satu buah dan diiris tipis.
  • Gunakan juga kecap asin sebanyak 1 sendok makan, kecap manis 1 sendok teh, garam 2 sendok teh, gula pasir satu 1 sendok teh, dan merica ½ sendok teh.
  • Selanjutnya siapkan tomat 1 buah saja, lalu potong menjadi 2 atau 4 bagian.
  • 3 hal terakhir yang dibutuhkan; margarin sebanyak 1 sendok makan, fiber creme atau santai (sesuai selera) sebanyak 30 gram dan air sebanyak 250 milimeter.

Langkah 3: Peracikan

Setelah bahan yang akan dimasak sudah siap dan dicuci bersih semua. Kini kita akan mulai memasak.

Pertama-tama ikan kembung yang sudah dibersihkan, beri garam secukupnya/sesuai selera. Tambahkan juga bawang putih dan air jeruk nipis, lalu aduk rata. Biarkan selama 30 menit agar bumbunya menyerap.

Setelah 30 menit, siapkan wajan dan panaskan minyak. Goreng ikan kembung hingga terlihat kedua sisi matang. Angkat dan sisihkan.

Sementara menunggu ikan kembungnya kembali ke suhu normal, panaskan margarin. Kemudian tumis bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk, dan sereh sampai tercium aroma wangi yang khas.

Setelah itu masukkan air, cabe rawit, cabe keriting, cabe merah, tomat, fiber creme/santan, kecap asin dan kecap manis, lalu aduk terus hingga rata. Untuk menguatkan rasa, jangan lupa untuk menambahkan gula, garam, dan merica secukupnya/sesuai selera. Icipi apakah rasa yang dihasilkan sudah pas. Jika sudah, lanjutkan masak hingga mendidih.

Langkah terakhir, masukkan ikan kembung yang telah digoreng. Masak sampai bumbu kuah menyerap dan air agak berkurang. Jika sudah agak kental, angkat dari kompor dan letakkan dalam wadah atau mangkuk yang pas.

Baca Juga :
Resep Sup Ikan Patin Khas Sragen
Resep Ikan Bandeng Presto Rumahan
Resep Ikan Gurame Tepung Asam Manis

Langkah 4: Ayo Makan!

Bagian yang paling dinanti dalam resep Ikan Kembung berkuah tentu saja menyantapnya bersama nasi hangat. Hmm, lezatnyaaaa.

Tidak sulit kan membuatnya? Selamat mencoba di dapur masing-masing, sahabat kuliner!

Loading...