Resep Keripik Tempe Untuk Usaha Rumahan

Resep Keripik Tempe Untuk Usaha Rumahan – Keripik tempe dengan sensasi kriukk dan renyah nya seringkali membuat kita tidak bisa berhenti untuk terus menikmatinya. Cita rasanya yang kaya akan rempah, gurih dan garing menjadi ciri khas yang tidak bisa dihilangkan dari keripik tempe goreng. Karena sensasi menggelitik dari keripik tempe, membuat makanan ringan ini menjadi salah satu oleh-oleh yang khas di beberapa kota di Indonesia. Kota penghasil keripik tempe yang terkenal dan populer di Indonesia adalah Keripik Tempe Bandung, Keripik Tempe Kebumen, Keripik Tempe Purwokerto dan lain sebagainya.

Keripik Tempe adalah jenis makanan ringan berbahan tempe kedelai yang digoreng kering dengan irisan tipis dan di campur bumbu rempah dan bahan-bahan lainnya. Tempe sendiri merupakan olahan kedelai yang dalam sejarahnya berasal asli dari Indonesia. Itu berdasarkan pada beberapa penemuan kuno di tanah Jawa. Maka tak aneh lagi jika industri tempe kedelai banyak berada di daerah Jawa.

Kita patut bangga karena keberadaan tempe kedelai ini yang sudah membuat Indonesia terkenal penghasil tempe kedelai terbaik hingga ke luar Negeri. sedangkan tempe kedelai merupakan salah satu makanan warisan nenek moyang kita yang menjadi tradisi kuliner turun temurun bangsa yang juga mulai masuk di negara tetangga. Sayangnya kita sebagai negara si empunya tempe kedelai tidak bisa memenuhi kebutuhan kedelai yang sangat besar seiring dengan perkembangan pengolah kedelai menjadi tempe kedelai dan tahu. Walaupun Indonesia merupakan negara produsen tempe terbesar di Asia.

50% dari konsumsi kedelai di olah menjadi tempe kedelai, 40% pengolahan tahu, dan 10% sisanya sebagai aneka olahan bahan pangan lainnya seperti kecap, tauco, susu kedelai dan lain sebagainya. Dengan begitu melimpahnya hasil olahan tempe kedelai ini membuat banyak orang berinovasi mengolah tempe kedelai entah sebagai menu masakan ataupun sebagai makanan pendaping. Seperti tempe orek, tempe bakar, tempe bacem, gulai tempe, tempe penyet, tempe goreng, mendoan, sambal tempe dan keripik tempe yang resepnya akan kami bagikan kali ini.

Kembali pada keripik tempe yang menjadi topik utama kita. Seperti yang sudah di jelaskan diatas, keripik tempe kedelai dengan cita rasa enak gurih yang membuat banyak orang ketagihan ini, pasti membuat banyak orang berpikir kalau membuat keripik tempe dirumah itu sulit? Jangan salah disini kami akan memberikan step step lengkap dengan cara membuat tempe kedelai hingga menjadi keripik tempe super garing yang crispy gurih untuk anda. Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Keripik Tempe yang pastinya mudah untuk di praktekan dirumah. Simak dan jangan sampai terlewatkan satu bahanpun ya.

Resep Keripik Tempe Dan Cara Membuatnya

resep keripik tempe

Resep Keripik Tempe Dan Cara Membuatnya

Bahan Membuat Tempe Kedelai :

  • Kedelai putih 1kg
  • Ragi 1 sendok teh
  • Tepung sagu/tapioka 1kg

Cara Membuat Tempe Kedelai :

  1. Langkah awal, cuci bersih kedelai.
  2. Kemudian direbus selama 45 menit, buang air rebusan ganti air baru. Lalu, rendam selama 12 jam.
  3. Selanjutnya itu cuci bersih sambil diremas agar kulit kedelainya terkelupas.
  4. Jika kedelai sudah bersih, kukus selama 15 menit. Lalu angin-anginkan.
  5. Bila kedelai sudah hangat kuku masukan ragi tempe dan tepung sagu, aduk hingga rata.
  6. Masukkan kedalam plastik sambil ditekan agar padat(tujuannya agar nanti setelah menjadi tempe gampang diiris dan tidak mudah hancur)
  7. Setelah semua selesai dibungkus, tusuk tusuk plastik menggunakan tusuk gigi atau garpu.
  8. Eram didalam kardus dan tutup dengan kain bersih (ini bertujuan agar prosses peragian berjalan sempurna).
  9. Diamkan selama 24 jam.
  10. Setelah jadi tempe diiris-iris tipis dengan alat pemotong keripik ataupun manual dengan pisau tajam, sisihkan.

Bahan Pencelup Keripik :

  • Tepung beras 1/4 kilo gram
  • Bawang putih kating 5 siung
  • Kencur 2 ruas
  • Kemiri 5 butir
  • Daun jeruk 2 lembar
  • ketumbar bubuk 1 bungkus
  • Kaldu bubuk 2 bungkus
  • Garam secukupnya
  • Air 1 liter

Cara Membuat Adonan Pencelup :

  1. Blender bawang putih, kencur, kemiri dan daun jeruk.
  2. Setelah halus masukan bumbu kedalam wadah yang berisi tepung beras.
  3. Masukan ketumbar bubuk dan garam, lalu masukan air sambil terus di aduk hingga rata.
  4. Adonan siap di gunakan untuk bahan pencelup keripik tempe.

Cara Membuat Keripik Tempe :

  1. Siapkan minyak goreng cukup banyak dan panaskan di atas api sedang, setelah minyak panas celupkan satu persatu tempe ke dalam adonan pencelup dan langsung masukan ke dalam minyak.
  2. Goreng tempe berbubu sampai kering dan sedikit berwarna kecoklatan.
  3. Angkat dan tiriskan.

Tips Membuat Keripik Tempe Kedelai :

  • Jangan merendam tempe yang sudah di iris ke dalam adonan pencelup karna ini akan membuat tempe menjadi lengket satu dengan lainnya.

Proses yang begitu panjang dan memakan waktu yang lumayan adalah bayaran yang setimpal untuk rasa keripik tempe yang telah mendunia. Sekarang ini ada banyak produsen kripik tempe yang mulai menambahakan varian rasa pada kripik tempe yang di produksinya. Seperti layaknya Keripik Tempe Mantan dan keripik Tempe Maicih yang memiliki varian rasa balado, barbeque, keju, pedas manis, jagung bakar, pedas level dan masih banyak lainnya. Ini merupakan salah satu strategi pemasaran untuk lebih membuat banyak orang tertarik dan menyukai keripik tempe.

Dan bagi anda yang akan mecoba Resep Keripik Tempe Gurih dari kami bisa di aplikasikan dengan berbagai rasa seperti yang telah di sebutkan di atas. anda dapat membeli bubuk bumbu instan varian rasa yang banyak di jual di toko bahan pangan dan kue. Karena resep keripik tempe ini kami sengaja bagikan untuk anda yang sedang ingin meritis usaha di makanan atau snak, kami pun membagikan cara membuat keripik tempe dari awal pembuatan tempe kedelai homemade agar harganya lebih ekonomis.

Bagi ibu rumah tangga yang melihat peluang usaha disekitar rumah, silahkan berkreasi dengan Resep Keripik Tempe Untuk Usaha Rumahan ini. Di tempatku banyak loh ibu rumah tangga yang sukses dengan usaha keripik tempenya. Bahkan sampai memiliki beberapa karyawan yang membantu untuk menjalankan usaha keripik tempe homemade nya. Untuk keripik tempe asin gurih rasa original hasil industri rumahan biasanya dijual per bungkus dengan harga Rp 8.000.- hingga Rp 10.000,-.

Agar tidak rugi dan menambah penghasilan remahan dari keripik tempe atau keripik tempe rijeck nya dijual dengan harga setengahnya dari harga keripik tempe bagus. Dengan ini tak ada lagi keripik tempe sisa, jadi semua dapat dijual dan mengahasilkan uang. Jika anda konsisten menjalankan bisnis keripik tempe rumahan ini, tak menutup kemungkinan kalau anda pun bisa memiliki brand ternama sekelas keripik Maicih dan keripik Mantan yang kini ngehitz dan populer di Indonesia yang menyajikan beragam keripik, dari keripik singkong, keripiki ubi, keripik bakso, keripik usus dan lain sebagainya.

Untuk anda yang sekedar hobi dengan keripik tempe, anda dapat mencoba membuat Resep Keripik Tempe Untuk Usaha Rumahan ini sebagai camilan murah meriah nan lezat dirumah. Apa lagi sebentar lagi Bulan Ramadhan, anda dapat menyajikan keripik tempe sebagai makanan pendamping ketika sahur atau pun saat berbuka puasa. Bahkan keripik tempe kedelai garing renyah ini pun dapat anda sajikan untuk sajian lebaran Idul Fitri yang enak.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Resep Keripik Tempe Untuk Usaha Rumahan untuk anda. Keripik tempe yang anda buat cocok juga loh disajikan bersama 5 Resep Minuman Kopi Hangat & Dingin. Terimakasih sudah membuka resephariini.com, buka juga resep terbaru dari kami seperti Resep Puding Susu Oreo Praktis Mudah yang sayang bila terlewatkan. Sekian.