Resep Makaroni Skotel, Kuliner Cheesy Mudah dan Praktis

Makaroni skotel atau sering juga disebut skotel yaitu makanan ringan yang baru-baru ini banyak digemari pecinta kuliner di Indonesia. Selain karena enak, salah satu inovasi masakan berbahan dasar makaroni ini bisa menjadi pilihan tepat. Khususnya bagi Anda yang menginginkan olahan makaroni dengan cita rasa yang berbeda. Pasalnya, makanan yang memiliki rasa cheesy ini bisa dibuat dengan cara yang sangat mudah. Berikut ini rahasia resep makaroni skotel enak dan pembahasan menarik lainnya.

Darimana Asal Usul Si Makaroni Skotel?

Sebelum inovasi makaroni skotel ada, di Indonesia makaroni memang lebih umum diolah menjadi campuran sup, atau olahan tumis dengan sedikit kuah. Namun semakin ke sini, olahan makaroni skotel lebih banyak dipilih karena lebih nikmat dan terkesan kekinian. Dalam sejarah perkembangannya, inovasi makaroni sendiri awalnya dikenalkan oleh masyarakat etnis tiongkok. Termasuk inovasi makaroni paling sederhana seperti menjadikan makaroni sebagai tambahan dalam membuat sup.

Namun pada sejarah lain, ada pula yang mengatakan, jika olahan makaroni khususnya resep makaroni skotel ini berasal dari orang Belanda. Jadi ketika datang ke Indonesia, makaroni skotel dijadikan sebagai makanan alternatif ketika masakan Indonesia belum cocok dilidah mereka. Tidak hanya itu, alasan lain yang membuat makaroni skotel lebih dipilih orang Belanda, yaitu karena olahan ini cepat dan tidak rumit dengan susunan bahan yang mudah didapatkan pula di Indonesia.

Gambar Makaroni Skotel

Meskipun tidak sepopuler sekarang, dulu resep makaroni skotel yang minim bahan dengan pengolahan mudah ini, menjadi makanan pokok bagi mereka. Mengingat sebagai makanan pokok, makaroni skotel memang tepat karena mengandung beragam nutrisi yang mampu mencukupi kebutuhan tubuh.

Di negara lain seperti Italia, sampai sekarang makaroni malah dijadikan sebagai karbohidrat pokok. Hal ini tentu berbeda dengan di Indonesia, yang hanya menjadikan makaroni skotel sebagai kuliner pendamping yang enak dan mengenyangkan. Baca juga : Resep Terang Bulan Mini, Inovasi Jajanan Manis yang Ekonomis

Adapun hal menarik lain dari makaroni skotel yaitu, olahan ini sebenarnya memiliki beragam jenis nama. Jika di Indonesia akrab disebut sebagai makaroni skotel, di negara lain memiliki penamaan yang berbeda. Di antara beragam nama tersebut adalah makaronilaatikko, casserole, frittata, macaroni schotel, imqarrun, pudding, dan beragam nama lainnya.

Ini Dia Resep Makaroni Skotel Yang Cheesy

Pada dasarnya, sebagian besar olahan makaroni memang memiliki cara pembuatan yang mudah. Baik itu, menjadikan makaroni sebagai sup, ataupun mengolahnya sebagai makaroni skotel ini. Hanya saja, jika olahan makaroni dalam sup dibuat dengan cara memasaknya, olahan makaroni skotel ini dibuat dengan cara dipanggang.

Dalam segi bahan, makaroni skotel pun lebih banyak. Di antaranya, makaroni, kornet atau daging cincang, daging asap, susu cair, keju cheddar, mentega, telur. Sedangkan bumbu yang dibutuhkan seperti bawang putih, bawang bombay, lada, pala, gula dan garam. Adapun cara pembuatan resep makaroni skotel sangat simple.

Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan, kemudian memasaknya dengan cara dipanggang kira-kira sekitar 40 menit dengan suhu 180 derajat. Tunggu hingga harum dan permukaan makaroni skotel berwarna kecoklatan. Jika sudah, makaroni skotel siap disajikan. Supaya tampilan makin cantik, Anda bisa menambahkan topping tambahan ketika disajikan.

Loading...