Kreasi Resep Otak-Otak, Cemilan Daerah Pesisir Yang Nikmat

Bagi Anda yang tinggal di daerah sekitar pesisir, tentu sudah tau mengenai camilan satu ini. Umumnya, camilan berbahan dasar ikan ini mudah ditemukan di beberapa daerah seperti Jakarta, Makasar, Palembang, serta kota sekitar pesisir. Meskipun banyak digemari, namun ternyata belum banyak yang tahu mengenai cerita serta resep otak-otak ini. Untuk itu, mari mengenalnya melalui pembahasan berikut.

Mengenal otak-otak dan sejarah dibalik namanya

Otak-otak merupakan sebuah camilan yang terbuat dari daging ikan tenggiri yang dihaluskan, kemudian dibungkus daun pisang lalu diolah dengan cara dipanggang. Nama otak-otak sendiri sebenarnya diberikan karena makanan ini memiliki bentuk menyerupai otak, yaitu memiliki putih dengan tekstur lembut dan licin.

Adapun mengenai daerah asal, sebelum tersebar ke berbagai daerah di Indonesia, otak-otak merupakan makanan khas dari daerah Kepri. Namun kini, otak-otak begitu mudah Anda temukan diberbagai daerah tentunya dengan ciri khas resep otak-otak yang berbeda pula. Salah satu jenis otak-otak tersebut, yaitu otak-otak Sei Enam Kijang yang juga terkenal memiliki rasa nikmat dari Kabupaten Bintan. Kreasi otak-otak tulang tersebut ternyata dibuat oleh mahasiswa dari Tanjung pinang.

Resep Otak-Otak

Semua jenis otak-otak tersebut sebetulnya sama-sama memiliki rasa yang nikmat. Hanya saja tetap, tiap jenis memiliki keunikan rasa tersendiri. Dan keunikan tersebut umumnya terletak pada sausnya.

Resep mudah membuat otak-otak lengkap dengan sausnya

Jika Anda ingin mencoba membuatnya, otak-otak bisa Anda buat dengan bahan-bahan, ikan tenggiri, daun kucai, serta bumbu rempah lainnya. Pertama, haluskan ikan tenggiri. Tambahkan bahan-bahan lain yang sebelumnya telah disiapkan, dengan cara melumurinya. Selanjutnya taruh adonan pada daun pisang, bungkus, kemudian panggang otak-otak hingga masak.

Sebenarnya ikan tenggiri bisa Anda ganti dengan ikan lain. Itu artinya, ikan tenggiri di sini bukan merupakan bahan wajib. Hanya saja, ikan ini memang lebih banyak digunakan karena ikan tenggiri tidak memiliki tulang dan memiliki rasa yang lebih gurih dibandingkan dengan ikan lainnya.

Itu sebabnya, jangan heran jika di daerah-daerah lain otak-otak banyak dibuat dengan bahan lain seperti ikan dengan campuran sotong atau cumi seperti jenis otak-otak dari Kabupaten Bintan.

Adapun untuk saus pada otak-otak sebenarnya juga bersifat optional. Saus bisa Anda sesuaikan dengan selera atau kesukaan Anda masing-masing. Namun sebagai referensi untuk melengkapi pembahasan mengenai resep otak-otak, saus akan dibahas pula. Jadi melalui referensi ini, Anda bisa memilih saus yang tepat untuk menemani sajian otak-otak Anda. Baca juga : Resep Ikan Kembung Kuah Segar

Nah, untuk referensi saus yang pertama yaitu saus kacang. Saus kacang ini umumnya sering dipilih, khususnya bagi pecinta otak-otak di daerah Jakarta dan sebagian besar Pulau jawa. Namun berbeda, untuk daerah lain seperti Bangka dan Palembang. Di Bangka, otak-otak sering dimakan menggunakan sambal tauco. Sedangkan di Palembang sendiri, otak-otak dimakan dengan saus khusus, yaitu cuko merah yang dibuat dari tauco dengan imbuhan bahan lain seperti cabai, gula, dan garam.

Loading...