Resep Pempek Sutera Ekonomis Anti Gagal

Resep Pempek Sutera Ekonomis Anti Gagal – Hay buntik semua yang punya hobi masak dan pastinya hobi makan juga (ngomongin diri sendiri) :). Di kesempatan kali ini kami mau membahas kembali tentang Pempek salah satu makanan khas palembang yang sering disebut empek empek. Selain memiliki berbagai macam bentuk, nama dan rasa, pempek ini juga memiki banyak sekali varian resepnya loh. Dari Resep Pempek Lenggang, Pempek Tahu, Pempek Dos, Pempek Adaan, Pempek Kulit, Pempek Pistel, Pempek Keriting, Pempek Tanpa Ikan dan Resep pempek Kapal Selam Palembang yang resepnya sudah pernah kami bagikan beberapa waktu lalu.

Pempek memang makanan yang cukup familiar bagi banyak orang. Namun ada satu ciri khas yang gak bakal lepas dari makanan satu ini. Mau namanya Pempek, Pem-pek atau Pek-Apek tetep pasangannya ya kuah cuko. Makan pempek kalau ga pakai kuah ini ya namanya bukan pempek lagi donk ya. Kuah dengan cita rasa pedas dengan sedikit asam dan manis ini biasa di panggil kuah cuko atau kuah gula pedas manis yang memang rasanya sungguh lezat dan menggigit dilidah.

Tentu aja kalo udah di padu padankan dengan pempek ini akan terasa enak dan lezat. Apalagi sekarang musim hujan, bawaannya laper terus maunya makan yang anget dan pedes pedes gimana gituu ya bund. Nan kali ini kami akan berbagi resep camilan khas palembang dengan varian nama barunya yaitu Resep pempek sutera yang lagi ngehits dan booming di kalangan buntik penghobi masakan. Jika dilihat dari namanya sudah bisa di tebak donk kalau rasa pempek sutera ini pasti lembut selembut sutera.

Tekstur kaya gini mengingatkan kami dengan cireng salju yang memang teksturnya lebih lembut dari aneka olahan cireng lainnya. Selain bahan-bahanya yang mudah di jangkau dimana-dimana dengan harga yang cukup ekonomis. Cara membuat resep pempek sutera ini juga dibilang mudah dan praktis untuk dipratekkan langsung dari dapur tercinta. Di samping itu resep pempek sutera ini anti gagal loh bun, jadi wajib dicoba bahkan bagi pemula sekalipun.

Buntik bisa menyajikan pempek sutera super lembut dan ekonomis ini sebagai camilan yang murah meriah dirumah. Keluarga pasti suka, awas ketagihan yaa!! šŸ™‚ oke deh, tak mau panjang lebar lagi ya berikut kami bagikan Bahan-bahan dan Cara Membuat Pempek Sutera yang super enak, lembut, kenyal, ekonomis dan tentu saja anti gagal. Happy cooking bund, semoga sesuai selera ya..

Resep Pempek Sutera dan Cara Membuatnya

resep pempek sutera
Resep Pempek Sutera dan Cara Membuatnya

Bahan Utama Pempek Sutera :

  • 1 gelas terigu
  • 1 gelas tepung kanji/tapioka
  • 2 butir telur (kocok)
  • 1 gelas air
  • 3 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 batang daun bawang (iris halus)
  • Garam dan penyedap rasa (royco ayam/sapi) secukupnya

Untuk pempek sutera ini kami sengaja membagikan resepnya dengan takaran gelas yah bund, biar memudahkan buat yang gak punya timbangan. (Pakai gelas biasanya ya bukan gelas belimbing)

Bahan Saus/Kuah Cuko :

  • 10 buat cabe rawit merah (bisa sesuai selera)
  • 2 siung bawang putih
  • 2 biji asam
  • 1 1/2 gelas air
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya

Bahan Pelengkap Pempek :

  • Irisan mentimun yang dipotong dadu secukupnya
  • Mie kuning (jika suka)

Cara Membuat Pempek Sutera :

  1. Campur semua bahan pempek dalam wadah, jangan lupa bawang putih dihaluskan terlebih dahulu lalu aduk bahan sampai benar-benar rata. Hasil adonan agak cair ya bund, setelah itu masukan kedalam plastik es dan ikat. (atau bisa diganti dengan yang lain,yang penting tahan panas).
  2. Langkah berikutnya didihkan air dipanci yang cukup besar, kemudian ambil adonan pempek yg sudah terbungukus plastik tadi. Masukan kedalam panci satu persatu dan rebus sampai matang. Angkat lalu tiriskan sampai adonan dingin.
  3. Setelah dingin potong adonan sesuai selera dan goreng pempek ke dalam minyak yang banyak saat akan disajikan.

Cara Membuat Saus/Kuah Cuko :

  1. Mula-mula seduh asam dengan sedikit air.
  2. Setelah larut buang bijinya, kemudian blender cabe, bawang putih, gula merah dengan air asam tadi dan masak di atas api sedang dengan tambahkan sedikit air dan garam hingga mendidih. Matikan api.
  3. Cicipi rasanya, silahkan tambahkan bila dirasa ada yang kurang. Kalau rasa sudah pas tinggal kita sajikan bersama pempek sutera yg sudah di goreng lengkap dengan irisan timun diatasnya.
  4. Pempek sutera kuah cuko siap disantap, nyammm!!

Gimana buntik cara membuat pempem sutera dan kuah cuko pedas manisnya, gampang kan? Rasanya endoss gandoss, cocok banget buat temen ngeteh di saat hujan dan galau melanda. Selamat mencoba Resep Pempek Sutera Ekonomis Anti Gagal ini ya buntik. Buka juga resep menarik lainnya dari kami seperti Resep Olos, Aci Isi Khas Tegal. Terimakasih sudah membuka resephariini.com, tunggu resep anti gagal selanjutnya dari kami, sekian.

Loading...