Resep Puding Mozaik Susu Unik

Resep Puding Mozaik Susu Unik – Puding mozaik yang terkenal dengan sebutan puding kaca ini merupakan salah satu kreasi dari puding sederhana. Tampilannya yang unik dengan warna-warni cantik selalu menggoda orang untuk mencicipinya. Puding mozaik original selain dinikmati begitu saja, puding ini juga sering dikombinasikan dengan susu cair, santan, buah dan jelly. Maka tak aneh lagi bila kreasi puding mozaik memiliki banyak rasa dengan tampilan yang menarik seperti mozaik jelly peach puding, puding anggur mozaik stroberry, puding mozaik santan, puding mozaik nutrijel, puding nangka mozaik dan lain sebagainya.

Jika dilihat tampilan akhir puding mozaik ini mirip sekali dengan art jelly yang sedang booming di masyarakat. Puding-puding lucu dan cantik dengan hiasan di dalamnya memang selalu memiliki daya tarik tersendiri. Hanya saja kebanyakan kreasi olahan art jelly berupa motif bunga lengkap dengan tangkai dan daunnya. Sayangnya resep puding art atau resep art jelly ini masih banyak membuat orang kebingungan untuk membuatnya walaupun banyak vidio pembuatan art jelly di internet.

Mungkin karena membutuhkan keahlian dan harus ektra sabar untuk menyuntikkan bahan warna ke dalam puding. Jadi bagi anda yang ingin mencoba membuat jelly art dirumah namun terhalang kendala alat dan suntikan, Resep Puding Mozaik Susu ini wajib dicoba. Selain rasanya yang super enak seperti jelly art bentuknya pun sama-sama cantik dan unik.

Cara membuat puding mozaik rumahan yang enak tentu saja sangat mudah dan praktis. Kali ini kita menggunakan 3 warna puding sebagai bahan art yang terbuat dari potongan agar-agar berbentuk kotak. Warnanya boleh disesuaikan dengan selera dari warna merah, hijau, putih, coklat, ungu, biru, kuning dan lain sebagainya. Silahkan masak agar-agar sesuai dengan petujuk yang tertulis dinginkan hingga set, potong-potong lalu campur semua potongan agar-agar hingga warna tercampur dengan baik.

Setelah potongan agar-agar beres, selanjutnya kita membuat bahan puding mozaik untuk mengikat antar potongan agar-agar atau jelly. Pada resep puding mozaik ini kita akan menggunakan puding susu sebagai pengikatnya. Namun kita juga akan memakai kuning telur ke dalam adonan agar hasilnya lebih mantap. Caranya dengan memasak susu cair, gula, telur dan sebuk agar-agar hingga mendidih lalu dicampurkan ke dalam wadah yang sudah berisi potongan agar-agar.

Mungkin dalam hati anda bertanya susu cair apakah yang dapat digunakan untuk membuat resep puding mozaik susu ini? Jawabannya anda boleh menggunakan susu cair segala merek apa saja yang anda suka, asalkan jangan menggunakan susu cair cokelat karena membuat potongan jelly didalamnya tidak terlihat. Lalu apakah susu cair bisa diganti dengan santan? Jawabannya boleh sekali. Bahkan bila ingin mendapatkan susu cair yang mudah, anda dapat menggunakan satu sachet susu kental manis yang dilarutkan sesuai petunjuk kemasan dan gunakan sesuai volume susu cair yang diminta dalam resep puding mozaik jelly ini.

Oh iya, bila menggunakan kuning telur, jangan lupa masukkan sedikit bubuk vanili atau vanili ekstrak yang bertujuan untuk mengusir bau amisnya. Namun jika anda enggan memakai kuning telur, skip saja bahan ini dan puding akan tetap baik-baik saja. Selanjutnya untuk cara yang super praktis anda dapat memasak jelly nutrijel sebagai pengikatnya. Baiklah berikut kami bagikan Bahan-bahan dan Cara Membuat Puding Mozaik Susu Homemade yang wajib dicoba.

Resep Puding Mozaik dan Cara Membuat

puding mozaik susu

Resep Puding Mozaik dan Cara Membuat

Bahan Jelly :

  • Agar-agar jelly Nutrijel 3 bungkus dengan warna yang berbada (misal hijau, kuning, merah, ungu, biru sesuai selera)
  • Gula pasir
  • Air

Bahan Pelapis Puding Mozaik :

  • Kuning telur 3 butir
  • Gula pasir 200 gram
  • Vanilla extract 2 sendok teh atau vanili bubuk 1/2 sendok teh
  • Jus lemon 1 sendok makan (optional)
  • Susu kental manis 100 gram
  • Susu cair full cream 900 hingga 1.000 mili liter (jika ingin puding dengan tekstur keras gunakan
  • 900 mili liter, namun untuk hasil yang lembut gunakan 1.000 mili liter)
  • Agar-agar plain putih atau tanpa warna 1 bungkus

Cara Membuat Puding Mozaik Susu :

  1. Jelly : Takaran gula dan air untuk masing-masing agar jelly dapat mengikuti instruksi pada kemasan ya. Biasanya sih untuk 1 bungkus agar-agar jelly menggunakan 150 gram gula pasir dan 400 hingga 600 mili liter. silahkan masak jelly sesuai petunjuk hingga matang, dinginkan hingga set lalu potong-potong kotak kecil. campur rata semua jelly agar warnanya cantik kedalam loyang tulban atau loyang yang anda inginkan. sisihkan.
  2. Puding Susu Pelapis : Siapkan panci kemudian masukkan gula pasir, telur, vanilla extract atau bubuk vanili dan jus lemon (jika pakai). Aduk dengan spatula dengan cepat yang bertujuan agar gula larut dan adonan menjadi kental, tambahkan susu kental manis, terus aduk hingga rata.
  3. Selanjutnya masukkan sekitar 250 mili liter susu cair ke dalam adonan telur, aduk sampai benar-benar rata. sisihkan.
  4. Langkah berikutnya siapkan panci lainnya untuk memasak puding plain. caranya masukkan serbuk agar-agar, tambahkan 100 mili liter susu cair, aduk rata. selanjutnya tuang sisa susu cair, aduk kembali sampai rata. Masukkan larutan kuning telur dan susu tadi, aduk sampai benar-benar rata. Masak puding dengan menggunakan api kecil sambil terus diaduk hingga menimbulkan letupan kecil. angkat, dan segera tuangkan ke dalam loyang tulban yang berisi potongan jelly.
  5. Aduk perlahan dengan spatula agar larutan puding bisa masuk kedalam dasar loyang dan potongan jelly dapat menyebar hingga hasil akhirnya cantik tidak bertumpukan. Diamkan puding sampai uap panasnya menghilang lalu masukkan ke dalam chiller lemari pendingin atau kulkas hingga mengeras.
  6. Lepaskan puding dari loyang, potong-potong dan puding mozaik siap untuk disantap bersama vla susu jika suka. selesai.

Walaupun mudah dalam membuatnya, namun ada beberapa tips yang perlu anda ketahui dalam membuat puding mozaik susu jelly ini. berikut kami ulas untuk anda agar hasil akhir resep puding mozaik cantik, unik dan enak maksimal.

Tips Membuat Puding Mozaik :

  1. Pertama, kami sarankan jangan memasak lapisan puding susu terlalu lama sampai mendidih, karena dapat membuat susu pecah dan terpisah antara air dan lemaknya. dengan ini hasil puding akan membentuk lapisan yang terpisah. jadi ketika muncul letupan pertama di permukaan puding secepatnya di angkat dari api.
  2. Kedua, agar hasil akhirnya potongan jelly tidak terlepas dari puding kami ingatkan kembali ketika adonan puding putih masuk ke dalam loyang anda harus mengaduk adonan puding dan potongan jelly didalam loyang sampai tercampur dengan rata dan jelly tidak menggumbal di satu area saja.
    Dengan tips sederhana ini puding mozaik anda pun akan terlihat cantik, rapih, istimewa serta jelly tidak akan terlepas dari pudingnya.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Membuat dan Resep Puding Mozaik. buka juga resep puding lainnya dari kami seperti Resep Puding Coklat Roti Tawar Special serta resep camilan lezat lainnya seperti Resep Chuross Snak Enak Ala Spayol yang layak untuk di coba sebagai menu desset atau hidangan penutup setelah makan besar. Terimakasih sudah membuka resephariini.com, semoga dengan adanya Resep Puding Mozaik Susu Unik dapat membantu anda menyajikan olahan puding yang special dirumah. see you 🙂

Loading...