Sejarah Dan Rahasia Resep Roti Maryam Paling Gampang

Bagi pecinta roti dengan rasa gurih, roti maryam bisa menjadi santapan senggang yang sangat pas. Roti yang kini mulai akrab di lidah orang Indonesia ini merupakan varian roti yang kini mulai mengalami banyak perkembangan. Meskipun begitu, dibandingkan roti lain, roti maryam memang belum begitu populer di Indonesia. Oleh karena itulah, agar mengenalnya simak pembahasan mengenai roti maryam lengkap dengan resep roti maryam berikut.

Apa Itu Roti Maryam?

Roti maryam atau yang lebih akrab dikenal sebagai roti canai, merupakan sebuah roti dengan rasa gurih yang dibuat dengan bentuk pipih. Berbeda dengan jenis roti lain, roti maryam memiliki kekhasan dalam hal pembuatan yaitu tanpa menggunakan pengembang. Dalam hal rasa pun, roti maryam hampir memiliki rasa seperti roti tawar yaitu datar, gurih dan renyah. Oleh karena itulah, dalam penyajian umumnya roti akan dilengkapi dengan bahan makanan lain yang memiliki cita rasa.

Tempo dulu, bahkan hingga sekarang di negara lain, roti yang populer di daratan India ini, sering dimakan bersama dengan karai daging atau pun karai ayam. Hal itu tentu berbeda dengan roti maryam di Indonesia, yang menyajikan roti menggunakan beragam topping dengan rasa manis.

Roti Maryam aka Roti Canai

Dari Mana Roti Maryam Berasal?

Berbicara mengenai roti maryam, Anda tentu penasaran, sebenarnya dari mana sih, resep roti maryam pertama kali diciptakan? Menurut sejarah, roti maryam merupakan makanan yang berasal dari daerah Timur Tengah. Kemudian berkembang dan menyebar ke negara-negara lainya.

Salah satu yang paling terkenal adalah negara India. Dalam hal ini, memang India memiliki roti yang hampir sama dengan roti maryam. Hanya saja, mereka memiliki penyebutan lain, yaitu Roti canai. Seperti halnya roti maryam pada umumnya, di India roti ini juga memiliki bentuk bulat, pipih, dan berlapis-lapis. Dengan rasa datar yang gurih, orang India memberikan rasa dengan cara menyajikannya bersama olahan kari.

Adapun di Indonesia sendiri, roti maryam pun mengalami perkembangan yang cukup pesat. Khususnya dalam pengimbuhan rasa roti maryam. Nah di sini, roti maryam diinovasikan dengan pengimbuhan beragam topping manis seperti cokelat, meisis, keju, dan topping-topping lainnya. Baca juga : Resep Puding Coklat Roti Tawar

Untuk lidah orang Indonesia, varian roti maryam dengan imbuhan topping manis tentu jauh lebih cocok dibandingkan dengan penyajian bersama makanan berkuah sejenis kari.

Ini Dia Resep Roti Maryam Paling Gampang

Cara pembuatan dan resep roti maryam pada dasarnya hampir mirip dengan cara pembuatan roti tawar. Hanya saja, jika adonan roti tawar menggunakan pengembang, pembuatan roti maryam tidak. Untuk resep, roti maryam memiliki bahan yang sederhana yaitu tepung terigu, air dan minyak saja. Namun untuk beberapa orang, pemasakan ini juga sering imbuhi bahan lain tujuannya untuk memberikan sentuhan rasa yang berbeda dari roti maryam yang dibuat.

Adapun untuk pembuatan roti maryam, usahakan adonan memiliki tekstur yang lembek dan kenyal sehingga nanti adonan roti dapat ditarik hingga melar. Nah tekstur ini bisa Anda dapatkan dengan cara mendiamkan adonan roti maryam kira-kira selama satu jam atau hingga adonan memiliki tekstur kenyal yang sempurna. Baca juga : Resep Roti Jala Kuah Kari Ayam

Sedangkan untuk memberikan sentuhan rasa pada resep roti maryam, di akhir Anda bisa mengimbuhkan beragam topping manis. Misalnya saus cokelat, selai rasa buah, honey, susu kental manis, atau mengimbuhkan keju untuk meningkatkan rasa gurih. Roti maryam lebih nikmat dikonsumsi ketika masih hangat.

Loading...