Resep Sate Kakul Pedas Khas Bali

Resep Sate Kakul Pedas Khas Bali – Sate kakul adalah salah satu kuliner lezat yang khas dari pulau bali. terbuat dari kerang darah membuat sate kakul menjadi kategori masakan seafood yang unik. kerang darah yang biasanya diolah menjadi masakan kuah seperti Gulai Kerang, Kerang Saus Tiram, Kerang Asam Manis, Tumis Kerang Darah, Kerang Darah Cabai Hijau dan Kerang Saus Padang Enak yang resepnya sudah kami bagikan beberapa waktu lalu. kini kerang darah di olah menjadi sate. hhhm, bagaimana rasanya ya? tentu saja enak dan lezat dong, sangat cocok untuk menemani nasi hangat sebagai menu makan siang ataupun makan malam.

Untuk sate kakul masakan Bali asli sebenarnya menggunakan daging kakul. kakul adalah sejenis keong atau siput yang hidup disawah yang terkenal dengan nama keong sawah. biasanya keong sawah yang memiliki tekstur kenyal ini dimasak dengan bumbu rempah khas Bali lengkap dengan kerang darah yang membuat kakul semakin istimewa. untuk masakan kakul jenis masakannya bisa beragam dari sate kakul maupun gulai kakul yang enak dan gurih.

Selain memiliki cirarasa yang enak dan gurih, kakul atau keong sawah ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. diantaranya dapat menurunkan tensi darah bagi yang memiliki hypertensi. lalu kandungan protein dari kakul yang cukup tinggi dan bebas kolesterol sehingga kakul dapat disantap oleh siapapun. bahkan bagi yang mempunyai tekanan darah rendah juga dapat diperbolehkan mengkonsumsi sate kakul dengan batas tertentu.

Di Bali sate kakul pedas ini biasanya disantap bersama jukut ares. bagi anda yang belum tahu apa itu jukut ares, kami akan jelaskan sedikit untuk anda. Jukut ares adalah salah satu sayur khas yang sangat populer dan ngetop di Bali. jukut ares ini terbuat dari pohon pisang muda yang diiris-iris tipis, kemudian diperas berulangkali lalu direbus. namun bagi yang Muslim, jakut ares ini merupakan masakan yang non halal. karena selain menggunakan bumbu lengkap khas bali yang sering disebut Basa Genep, jukut ares ini di campur dengan daging babi.

Nah itu dia sedikit penjelasan tentang jukus ares ala Bali nya, sekarang lanjut ke sate kakul ya. di bali sate kakul memang menggunakan keong sawah dan kerang darah ya, tapi karena keong sawah saat ini susah ditemui sehingga banyak sate kakul yang menggunakan keong darah sebagai bahan utamanya. keong darah dapat dibeli di pasar tradisional maupun supermarket atau swalayan yang terdekat dari tempat tinggal anda. namun hati-hati saat memiliki kerang darah ini ya, usahakan pilih satu persatu agar kualitas kerang darah benar-benar terjamin dan dapat kerang darah yang fress alias tidak busuk.

Bila di bali dan daerah lainnya sate kerang darah disebut dengan sate kakul, berbeda dengan di daerah Jawa Tengah. biasanya sate kerang darah terkenal dengan nama Sate Kerang. untuk bumbu sama-sama menggunakan sambal kacang yang cukup pedas. biasanya sate kerang ini di jual di pasar tradisional dan disajikan dengan potongan ketupat / lontong.

Bagaimana, sudah penasaran dan ingin segera mengetahui Bahan-bahan dan Cara Membuat Sate Kakul Pedas Khas Bali nya? jika iya, yuck segera di simak resepnya seperti dibawah ini.

Resep Sate Kakul dan Cara Membuatnya

sate kakul

Resep Sate Kakul dan Cara Membuatnya

Bahan-bahan Sate Kakul :

  • Kerang darah 350 gram ( pilih yang ukurannya agak besar )
  • Serai 2 batang ( memarkan )
  • Air asam jawa 1 sendok makan ( 1 sendok teh asam + 1 sendok makan air )
  • Garam 1 sendok teh
  • Tusuk sate 17 buah atausecukupnya

Bumbu Halus Sate Kakul :

  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 2 siung
  • Jahe 2 centi meter
  • Kencur 2 centi meter
  • Kemiri 3 butir ( disangrai )
  • Terasi 1 sendok teh ( goreng )
  • Garam 1 sendok teh

Bahan Saus Sate Kakul :

  • Bawang putih 4 siung
  • Cabai merah 3 buah ( potong-potong )
  • Cabai rawit 5 buah ( potong-potong )
  • Kacang tanah goreng 100 gram ( haluskan )
  • Kelapa muda 75 gram ( parut kasar, sangrai, haluskan )
  • Kecap manis 2 1/2 sendok makan
  • Air panas 400 mili liter
  • Garam 1 sendok teh

Cara Membuat Sate Kakul Pedas Khas Bali :

  1. Langkah awal rebus kerang bersama serai, air asam jawa, dan garam hingga mendidih, angkat lalu tiriskan.
  2. campur bumbu halus dan kerang, aduk hingga rata.
  3. Selanjutnya tusuk-tusuk kerang dengan menggunakan tusukan sate. lalu bakar di atas bara hingga matang.
  4. Saus / sambal kacang : Tumis bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit hingga harum. angkat, haluskan. tambahkan kacang tanah, kelapa parut, dan kecap manis. aduk kembali hingga rata. masukkan air dan gara, aduk kembali.
  5. Sate kakul yang enak dan lezat siap disajikan bersama saus / sambal kacang pedasnya.

Selain terkenal di Bali dan Jawa Tengah, ternyata sate kerang darah ini terkenal juga di medan loh. hanya saja untuk sate kerang khas Medan pemilihan daging kerangnya lebih besar-besar dan gemuk-gemuk. citarasa bumbu yang dihasilkan juga berbeda, karena ate kerang Medan asli menggunakan bumbu khas medan dengan menonjolkan rasa pedas dan lezatnya. untuk sate kerang Ala Medan mungkin akan kita bahan di resep selanjutnya ya.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai sate kakul khas bali atau sate kerang nya. cukup mudah untuk di pratekkan dirumah bukan? segera sajikan Resep Sate Kakul Pedas Khas Bali yang halal ini untuk menambahkan sajian unik dirumah. terimakasih sudah membuka resephariini.com, jangan lewatkan resep sate khas Bali lainnya seperti Resep Sate Lilit Ayam Khas Bali & Sambal yang sayang sekali bila terlewatkan. selamat memasak, enjoy .!!

Loading...