Resep Tahu Bulat Kopong Ala Abang-abang, Gurih dan Crispy Banget!

Resep Tahu Bulat Kopong – Mendengar kata tahu bulat, jadi pengin nyanyi “Tahu Bulat digoreng dadakan di mobil limaratusan allooo” berharap suaranya ga fals dan bisa rekaman biar bisa jadi vokalisnya Tahu Bulat dan terkenal seantero Indonesia 🙂 hehehe. Secara siapa sih yang ga tau dengan jajanan hits asal Tasikmalaya ini?

Jajanan atau camilan berbahan dasar tahu putih dengan bentuk bulat seperti bola pingpong, dalamnya kopong dan rasanya gurih ini sudah menjamur sampai pelosok kampung khususnya di Jawa. Biasanya yang sedang tren sekarang dijual keliling menggunakan mobil pick up dilengkapi dengan spiker yang akan mendendangkan lagu atau jargon dengan lirik Tahu Bulat seperti yang saya sebutkan tadi.

Nah, karena tekstur tahu kopong/berongga di dalam, jadi tahu bulat seringkali dinikmati selagi hangat. Maka dari itu penjual Tahu Bulat selalu menggoreng tahunya dadakan, soalnya tahu ini biasanya akan mudah kempis saat mulai dingin. Jadi ga bulet lagi tahunya. Terus, kenapa tahunya kopong? Kenapa ga isi saja? Kan jadi sama kaya Tahu Sumedang. mungkin karena masih olahan Tahu dari Jawa Barat kali ya, masih sodaraan jadi ikutan kopong.

Resep Tahu Bulat

Tahu Bulat Dadakan, Berongga dan Kopong. Makyuss!

Jadi kebayang menikmati si tahu bulat ini saat cuasa mendung atau udara dingin. Dicocol saus sambal atau dimakan bersama rawit serta ditabur bubuk cabai pedas gurih kayanya mantap ya bun. Emmmmm krispi deh, empuk di luar dan kopong di dalam. Guriiih endeessss.. nyam nyam nyam!. Eits, jangan ngiler aja sambil nungguin abang-abang Tahu Bulatnya lewat. Mending siapkan bahan-bahannya, biar bisa buat Tahu Bulat ala abang-abang yang terkenal sendiri di rumah.

Oh iya, sebenarnya untuk membuat Tahu ini agak sedikit tricky dan harus memperhatikan tips khususnya bun. Tapi tenang aja, ga sulit kok! Cuma perlu hati-hati saja. Jadi lakukanlah dengan sepenuh hati, karena makanan yang dimasak dengan hati (pake tangan sih) akan terasa nikmat sampai ke hati (halah). Kenapa pakai trik? karena pengolahan tahu ini berbeda dengan olahan tahu lainnya macam Semur Tahu, Perkedel Tahu, Pepes Tahu, Bakso Tahu, Opor Tahu dll.

Sebenarnya yang membuat Tahu Bulat perlu di goreng hati-hati karena Tahu Bulat memakai bahan pengembang. Nanti kita akan menggunakan Baking Powder Double Action di dalam adonannya. Kalau ga ada Baking Powder Double Action, pakai Baking Powder biasa juga boleh. Penggunaan Baking Powder ini nantinya yang akan membuat tahu mengembang sempurna, berkulit tipis sehingga terasa renyah dan berongga di dalamnya alias kopong. Namun sayangnya penggunaan Baking Powder ini juga yang seringkali membuat kita gagal membuat Tahu yang cantik dan krispi.

Resep Tahu Bulat

Tahu Bulat Ala Abang-abang Yang Gurih dan Bikin Ketagihan

Kalau hasilnya gagal nanti tahu akan mekar merekah membelah-belah, ga krispi dan cepat kempes atau lembek. Selain itu harus diperhatikan juga teknik lainnya. Di antaranya adalah adonan tahu harus kering atau asat atau kisat seperti ampas dan Jangan terlalu banyak mengandung air sebelum diolah. Jadi sebelum digunakan, tahu harus diperas terlebih dahulu. Lalu setelah adonan jadi harus disimpan terlebih dahulu di lemari es kurang lebih selama 3-4 jam (jangan di freezer, karena tahu tidak akan mengembang maksimal jika dibekukan).

Tujuan penyimpanan adonan didalam kulkas bertujuan agar baking powder yang terkandung pada adonan tidak bereaksi secara berlebihan. Backing powder ini hanya akan bereaksi pada zat tertentu dan pada suhu tertentu. Jadi dengan menyimoannya kulkas, adonan Tahu nantinya hanya akan mengembang pada saat digoreng atau pada saat keadaan panas saja. Segera ambil adonan tahu jika sudah dalam kurun waktu yang ditentukan, lalu sesuaikan dengan suhu ruangan terlebih dahulu sebelum digoreng.

Selanjutnya adalah perhatikan teknik penggorengannya. Sebaiknya tahu digoreng menggunakan minyak yang baru atau masih bagus, banyak dan dalam kondisi panas dengan menggunakan api sedang cenderung kecil. Jangan lupa diaduk-aduk juga agar mengembang sempurna dan crispy.

Oke baiklah, sekarang sudah tahu sedikit sejarah Tahu Bulat dan juga sedikit tips and trick pembuatannya dong ya. Ya sudah, yuk di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Tahu Bulat nya. Tapi simak dulu Resep Singkong Goreng Merekah Enak Empuk Special Keju yang enak juga untuk camilan di rumah.

Resep Tahu Bulat Beserta Cara Membuatnya

Resep Tahu Bulat

Resep Tahu Bulat Beserta Cara Membuatnya

Resep By Dinda Rizky Tanjungsari

Bahan – bahan :

  • Tahu Putih Halus Ukuran Sedang 15 buah
  • Kuning Telur 3 buah
  • Baking Powder Double Acting 1 sdt
  • Kaldu Bubuk / royco 3 sdt
  • Minyak Goreng (secukupnya)

Langkah Membuat Tahu Bulat Kopong :

  1. Bersihkan tahu putih, haluskan lalu peras atau saring airnya dengan kain bersih. Usahakan sampai kering seperti ampas (parutan kelapa).
  2. Setelah itu masukan kuning telur, baking powder dan kaldu bubuk. Remas-remas atau aduk sampai rata adonan rata. Tes rasa, silahkan tambahkan bahan lainnya sesuai selera jika ada yang kurang.
  3. Selanjutnya buat bulatan dengan telapak tangan sampai permukaannya terlihat halus. Masukkan ke dalam wadah/box bertutup kemudian simpan di kulkas selama kurang lebih 3-4 jam.
  4. Setelah 3-4 jam, keluarkan tahu dari kulkas lalu diamkan sekitar 10 menit di suhu ruangan sambil panaskan minyak goreng. Kecilkan api saat minyak sudah panas dan Goreng tahu dalam minyak yang banyak dengan api kecil sambil diaduk-aduk agar mengembang rata.
  5. Goreng terus kurang lebih selama 10 menitan sampai mengembang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Kurang dari itu biasanya tahu akan cepat kempes, lebih dari itu tahu juga bisa meletus saat digoreng. Angkat dan tiriskan.
  6. Sajikan Tahu Bulat selagi hangat dengan saus sambal, bubuk cabai pedas gurih atau juga dengan cabai rawit. Nyam!

Mudah bukan cara membuat resep tahu bulat homemade ini? Bisa sering-sering makan tahu bulat di rumah dong ya, tanpa harus nunggu abang-abang Tahu bulatnya lewat depan rumah lagi. Selain itu dengan memasak sendiri, kita lebih menjamin kebersihan dan kesehatan makanan kita. Secara yang namanya jajanan yang digoreng semacam ini kalau diluar bisa saja dimasak dengan minyak yang sudah berkali-kali pakai.

Tahu bulat ini cocok juga disajikan dengan Resep Seblak Kerupuk Basah Khas Bandung, Pedes dan Gurihnya Nampol! loh bun. Pas deh, gurih dan pedesnya sama-sama nampol dilidah. Yowiss, selamat mencoba dan bekreasi sendiri dengan Resep Tahu Bulat Kopong Ala Abang-abang, Gurih dan Crispy Banget! ini ya. Sekian dulu Resep olahan berbahan dasar tahu kali ini, semoga bermanfaat! 🙂

Loading...