Cobalah Resep Takoyaki Dengan Citarasa Indonesia Ini, Dijamin Ketagihan!

Kalau Bandung dan Garut punya cimol, maka Jepang pun punya menu yang hampir mirip. Namanya Takoyaki. Sama-sama berbentuk bulat dan enak disajikan dengan saus. Bedanya jika cimol tak memiliki isian, takoyaki memiliki isian di dalamnya. Di negara asalnya, isian takoyaki merupakan potongan-potongan gurita.

Dari isiannya inilah mengapa makanan yang berasal dari Kansai, Jepang dinamai Takoyaki. Menurut kamus bahasa Jepang, Takoyaki sendiri memiliki arti pangsit gurita. Jika sahabat kuliner ingin membuat takoyaki sendiri di rumah, namun kesusahan mencari daging gurita.. Jangan khawatir, mari gunakan bahan dengan citarasa Indonesia yang tak kalah lezat dan sehat. Apakah itu?

Lele!

Ya, lele. Ikan yang mudah dibudidayakan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi lo. Tidak kalah dengan gurita. Lele merupakan sumber protein hewani yang baik. Dalam 100 gram lele, terdapat 18,7 gram protein. Selain protein, lele juga sangat kaya akan tiamin (vitamin B1) dan riboflavin (vitamin B2). Tidak hanya itu, ada kurang lebih 260 miligram fosfor yang bisa kita temukan di dalam 100 gram lele. Artinya, jika kita mengonsumsi lele 100 gram setiap hari, kita telah memenuhi 30 % kebutuhan mineral untuk tubuh.

Takoyaki dengan isian lele pertama kali diperkenalkan oleh para siswa SMP Alam Ar Ridho Semarang di saat mereka mempresentasikan business plannya. Yuk, kita belajar membuatnya!

Takoyaki Lele ala Indonesia

Bahan Membuat Takoyaki Ala Indonesia

  • 150 gram tepung terigu
  • 1 sdm tepung maizena
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 100 ml susu cair
  • 350 ml air
  • ½ sdt baking soda
  • 1 sdm kecap asin
  • 2 batang daun bawang, potong-potong
  • Lele secukupnya, potong-potong
  • Keju cheddar, potong dadu kecil-kecil, jika suka
  • Garam secukupnya
  • Mayonaise/saos/keju mozarella yang dilelehkan untuk cocolan

Baca juga :
Resep Ikan Lele Pesmol Cianjur
Resep Membuat Bakso Ikan Lele

Proses Membuat Takoyaki Ala Indonesia

  1. Campurkan semua bahan, kecuali lele dan keju cheddar ke dalam wadah/baskom. Uleni semua bahan tersebut hingga membentuk adonan yang kental. Diamkan kurang lebih satu jam.
  2. Sementara itu, goreng atau kukus lele. Pilih sesuai selera. Lalu ambil daging lele bagian dalam yang berwarna putih, potong sesuai selera.
  3. Jika kamu suka keju, bisa tambahkan keju cheddar untuk isian. Potong keju cheddar menjadi berbentuk dadu-dadu kecil.
  4. Panaskan penggorengan untuk takoyaki. Jika tak punya penggorengan khusus untuk takoyaki, kamu bisa menggunakan alat untuk membuat kue cubit. Olesi margarin dan tuang adonan pada tiap cetakan. Jangan penuh-penuh, cukup separuh bagian saja.
  5. Biarkan agak setengah matang, lalu Isi dengan potongan lele dan keju. Lalu tuang lagi adonan takoyaki hingga cetakan penuh/ berbentuk bulat. Masak hingga matang, balik adonan.
  6. Sajikan hangat-hangat dengan cocolan kesukaan; mayonaise, saos sambal, saos tomat ataupun lelehan keju mozarella.

Gampang kan? Selamat mencoba ya, sahabat kuliner.

Loading...