Resep Wedang Kembang Tahu Kuah Jahe

Resep Wedang Kembang Tahu Kuah Jahe – Wedang tahu atau yang sering disebut Wedang Kembang Tahu Kuah Jahe adalah sajian hangat yang terbuat dari kedelai. untuk produk lanjutan nya sih biasanya terbuat dari susu kedelai tawar. minuman hangat yang terbuat dari kembang tahu ini merupakan minuman khas peranakan. entah dari mana asal usulnya, namun wedang kembang tahu sangat populer di Kota Semarang.

Bentuk kembang tahu jika dilihat-lihat mirip sekali dengan egg tofu ya. sama-sama memiliki tekstur lembut dan memiliki warna putih yang sedikit pucat, bisa dibilang mirip dengan Tahu Cina atau Tofu Putih. Selain terkenal dengan Wedang Tahu dan Kembang Tahu Kuah Jahe minuman hangat yang enak dan segar ini juga terkenal dengan sebutan Tahwa. Tahwa yang dalam bahasa Indonesia-nya berartian Kembang Tahu.

Tahwa atau wedang kembang tahu aslinya terbuat dari susu kedelai tawar yang di proses fermentasi dengan ditambah dengan bubuk sekau. penggunaan bubuk sekau disini yang membuat susu kedelai tawar dapat menggumpal dan menghasilkan gumpalan seperti tahu sutra atau puding dengan tekstur yang lembut. nah, bagi anda yang tidak tahu sekau itu apa, sekau adalah obat tahu agar sari kedelai dapat terpisah dari air sehingga menciptakan tekstur lebih padat. sekau atau batu tahu ini bisa didapat di toko obat cina atau toko bahan kue terdekat. . untuk menggunakan sekau kita akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan kembang tahu yang enak dan lembut dengan sempurna, dan jika diihat sekilas tampilannya mirip sekali dengan Bubur Sumsum salah satu jajanan pasar yang masih populer hingga saat ini.

Namun akhir-akhir ini membuat kembang tahu dapat disiasati dan diolah menjadi lebih praktis dengan menggunakan agar-agar bubuk. cara mudahnya adalah susu kedelai yang dicampur dengan agar-agar bubuk kemudian di didihkan, setelah itu baru deh didinginkan sambil di rendam di air. penggunaan agar-agar bubuk dalam pembuatan wedang kembang tahu membuat kembang tahu menjadi cepat mengeras. alhasil jika mengeras nantinya akan menjadi seperti aneka puding pada umumnya.

Namun dengan cara ini kembang tahu tetap memiliki rasa yang enak, lembut dan begitu nyess ketika disantap seakan lumer di mulut. kembang tahu biasanya di sajikan dengan kuah dari gula jawa, jahe dan daun pandan sehingga rasanya enak, hangat dan sangat menyegarkan. cocok sekali disajikan saat sore atau malam hari ketika musim hujan, musim dingin dan saat berbuka puasa. oh iya, bila dirumah tidak ada susu kedelai, anda juga dapat membuat kembang tahu dengan menggunakan susu kedelai siap pakai yang biasanya dijual dipasaran agar lebih mudah dan praktis.

Advertisement

Tapi ingat, pilih susu kedelai segar yang tawar ya, agar hasilnya lebih enak dan lebih fress. jika anda membuat kembang tahu dengan bubuk sekau, selain enak di olah menjadi Wedang Kembang Tahu, kembang tahu nya juga dapat diolah menjadi aneka masakan rumahan yang enak dan lezat loh. seperti Tumis Kembang Tahu, Kembang Tahu Masak Kuah, Capcap Kembang Tahu, Bakso Kembang Tahu, Suwir Ayam kembang Tahu, Sup Kembang Tahu Ikat, Sop Kembang Tahu Jamur, Sup kembang Tahu Telur dan lain sebagainya.

Nah, karena kita menggunakan Cara Praktis Dalam Membuat kembang Tahu, maka kita hanya dapat mengolah kembang tahu menjadi Wedang Kembang Tahu Kuah Jahe Hangat saja. walaupun bisa disebut Kembang Tahu KW, namun rasanya tak kalah dengan Kembang Tahu Asli Semarang. nah, bagi anda yang ingin membuatnya sendiri dirumah, yuck disimak Bahan-bahan dan Cara Membuat Wedang Kembang Tahu seperti berikut ini.

[Sponsor] Cari jam tangan/tas/kacamata branded yang stylish berkualitas dengan harga terjangkau? Cocok jadi hadiah untuk orang tersayang. Hubungi: PIN 7C608A6C / WA 082324908020

Resep Wedang Kembang Tahu dan Cara Membuat

wedang tahu

Resep Wedang Kembang Tahu dan Cara Membuat

Bahan-bahan Kembang Tahu :

  • Susu kedelai 600 mili liter
  • Air 400 mili liter
  • Agar-agar bubuk 1 bungkus
  • Garam 1/2 sendok teh

Bahan-bahan Kuah Jahe :

  • Gula merah 200 gram ( sisir halus )
  • Air secukupnya ( bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kemanisan yang diinginkan )
  • Daun pandan 2 lembar
  • Jahe 50 gram ( bakar lalu digeprek )
  • Garam 1/4 sendok teh

Cara Membuat Wedang Kembang Tahu Kuah Jahe :

  1. Kuah Jahe : campur semua bahan, lalu biarkan mendidih. angkat, saring bila perlu.
  2. Langkah awal, campur susu kedelai, air, garam dan agar-agar bubuk, aduk hingga rata lau didihkan sambil di aduk-aduk agar susu kedelai tidak pecah.
  3. Selanjutnya tuang adonan ke dalam loyang atau mangkuk, biarkan dingin sambil direndam dengan air agar cepat menggumpal dan mengeras. begitu kembang tahu mengeras, segera di ambil dengan sendok.
  4. Saran Penyajian : Ambil tahwa atau kembang tahu secukupnya, tuangi kuah jahe secukupnya, dan wedang kembang tahu siap dinikmati selagi kuah jahe masih panas.

Jangan Lewatkan : Resep Membuat Tahu Sumedang Crispy

Selain enak dan menghangatkan badan, wedang kembang tahu ini sangat menyehatkan loh. karena banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dengan menikmati Wedang Kembang Tahu Khas Semarang. diantara lainnya dapat menurunkan berat badan, mencegah osteoporosis, membantu pasien deabetes dengan masalah ginjal, mencengah penyakit jantung, meningkatkan produksi energi, dapat menyamankan sakit perut ketika haid, melancarkan asi dan lain sebagainya. intinya kembang tahu atau tahwa ini menyehatkan bisa dikonsumsi dengan benar tanpa kuah gula yang terlalu banyak.

Oke deh, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Wedang Kembang Tahu Kuah Jahe Hangat praktis ini dirumah ya. semoga adanya resep kembang tahu sederhana homemade ini dapat mengurangi rindu anda terhadap wedang tahu kuah jahe hangat yang saat ini susah ditemui. terimakasih sudah membuka resephariini.com, semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda.  😀 enjoy.

Advertisement