Kreasi Resep Wingko Babat Empuk dan Mudah Dibuat

Wingko atau yang lebih akrab dengan wingko babat tentu bukan merupakan jajanan yang asing. Diantara jajanan tradisional, bisa dibilang wingko termasuk dalam satu dari sekian banyak jajanan tradisional yang telah punah. Bahkan kini wingko malah menjadi jajan khas di beberapa daerah, dan mulai dikreasikan dengan beragam rasa yang unik. Oleh karena itu, resep wingko babat tentu akan sangat menarik jika dibahas. Terutama alasan mengapa jajanan ini masih menjadi jajanan eksis, serta mampu bersaing dengan jajanan di masa kini.

Sudah Tahu Apa Itu Wingko Babat?

Pada dasarnya, wingko babat terdiri dari dua kata yaitu wingko dan babat, yang keduanya memiliki arti berbeda. Wingko merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras ketan, gula, dengan campuran kelapa muda. Sedangkan babat sendiri, adalah sebuah daerah kecil yang berada di Lamongan, Jawa Timur. Nah, dalam hal ini, “wingko babat” merupakan penyebutan legendaris dari jajanan yang banyak ditemukan di pasar, stasiun atau toko oleh-oleh ini.

Adapun dalam pemasarannya, wingko babat sendiri sering dipasarkan dalam bentuk bulat besar atau kecil tipis dengan dibungkus kertas. Ini tentu merupakan hal yang umum. Baca juga : Resep Makaroni Skotel, Kuliner Cheesy Mudah dan Praktis

Uniknya, di daerah babat, wingko menjadi jajanan wajib yang harus ada pada seserahan dalam acara pernikahan. Di sana, wingko dianggap sebagai sebuah simbol dari tekat bulat lelaki untuk meminang perempuan yang dicintainya.

Jajanan Tradisional Wingko Babat

Benarkah Wingko Babat Berasal dari Semarang?

Terlepas dari nama akrabnya yaitu wingko babat, jajanan ini sering gadang sebagai jajanan khas dari daerah Semarang. Namun yang menjadi pertanyaan apakah benar pernyataan tersebut?

Seperti yang diketahui, dari penyebutannya saja, pernyataan mengenai wingko dari Semarang memang menimbulkan keraguan. Hal itu karena memang, wingko ini membawa nama sebuah daerah kecil Jawa Timur yaitu Babat. Oleh karena itu, meskipun telah menjadi jajanan khas kota semarang, sejarah wingko babat tetap mencatat jika sebenarnya wingko berasal dari kota kecil yang berada dekat dengan kota Tuban, Jawa Timur yaitu Babad.

Nah, agar lebih jelas, mari membahas cerita sejarah mengenai perjalanan wingko babat khususnya bagaimana bisa resep wingko babat sampai di kota Semarang secara singkat. Baca juga : Sejarah Dan Rahasia Resep Roti Maryam

Pada zaman dahulu, wingko merupakan sebuah kue yang dibuat oleh Loe Lan Hwa yang berasal dari kota Babad, di Kota Semarang. Singkat cerita, setelah dibuat kue ini banyak disukai sehingga menjadi kue yang banyak dipilih khususnya untuk oleh-oleh di Semarang. Dari sinilah, orang mulai menganggap wingko babat sebagai oleh-oleh khas dari kota semarang.

Padahal, sebenarnya untuk memberikan kenang-kenangan pada kota Babat, Lo Lan Hwa sendiri telah memeberikan tanda melalui nama kue ini, yaitu wingko babad. Sehingga bisa disimpulkan, wingko babat sebenarnya bukan berasal dari Semarang melainkan dari kota Babad.

Rahasia Resep Wingko Babat Enak Dan Mudah Dibuat

Pembuatan wingko babat sebenarnya sangatlah mudah. Kue khas kota Babad ini hanya memiliki sedikit bahan saja. Yaitu tepung ketan, kelapa parut, santan kental, gula, garam, dan sedikit bubuk vanilli, telur dan juga minyak. Adapun untuk cara pembuatan resep wingko babat, yaitu campurkan semua bahan mulai dari tepung ketan, telur, dan bahan-bahan lain kemudian aduk hingga santan pada adonan habis. Selanjutnya, adonan wingko babat bisa langsung dipanggang hingga masak. Diamkan lalu bungkus menggunakan kertas.

Loading...