Resep Sate Taichan Ayam Ala Abang-abang Senayan

Resep Sate Taichan Ayam – Satu lagi kreasi sate ayam yang harus dicoba. Bernama sate taichan, sate ini merupakan salah satu hasil inovasi sate ayam Madura yang memiliki citarasa berbeda dari olahan sate lainnya. Jika sate ayam Madura, Sate Kambing Madura dan sate Padang selalu di olesi bumbu kacang dan kecap saat proses pembakaran.

Berbeda dengan sate taichan, karena sate ini tidak menggunakan bumbu kacang pedas dan kecap sama sekali. Melainkan hanya di bakar begitu saja dengan sesekali diolesi minyak sayur agar memiliki warna putih pucat yang mengkilat. Salah satu ciri khas dari sate unik yang sekarang lagi hits dan happening sekali di Jakarta memang memiliki tampilan daging yang berwarna putih pucat.

Hal ini bukan berarti daging ayamnya belum matang. Namun di karenakan saat membakar tidak menggunakan kecap atau bumbu kacang seperti yang saya katakan di atas. Selain itu ciri khas lainnya dari sate taichan daging ayam adalah cara membuatnya yang mudah, simple dan tidak ribet seperti olahan sate pada umumnya. Yup, kenapa disebut praktis? karena untuk membuat sate ini tidak memerlukan bahan bumbu yang berjibun banyaknya.

Cicipi Juga : Resep Sate Kakul Pedas Khas Bali

Rasa yang paling ditonjolkan dari olahan sate taichan adalah rasanya yang asin, asam dan pedas. Untuk asinnya tentu saja dari bumbu penyedap atau garam yang digunakan untuk membumbuinya. Sedangkan untuk rasa asamnya merupakan rasa yang berasal dari air perasaan jeruk nipis. Dan yang paling special dari resep sate ayam taichan adalah rasa pedasnya yang berasal dari sambal pedas yang menemaninya.

Sate Senayan Taichan

Sate Taichan Ayam Putih Khas Senayan

Cara membuat sate taichan ala abang-abang Senayan di rumah tentu saja sangat mudah dan tidak sulit. Semua orang dapat membuatnya, bahkan bagi pemula atau mamah muda yang baru belajar memasak. Yaitu dengan cara memotong kecil-kecil daging ayam dan kulit segar di tusukkan ke sujen bambu (tusuk sate).

Setelah itu sate bisa dipanggang atau di bakar di atas bara api kurang lebih selama tiga hingga lime menit saja. Sate yang sudah matang tersebut segera dilumuri minyak sayur, perasaan jeruk nipis, dan taburan penyedap rasa. Yang terakhir pembeli bebas mengambil sambal pedas dengan level pedas yang diinginkan. Dari sambel pedas, pedas banget, super pedas dan pedas level setan.

Yuk Icip-icip : Resep Sate Kambing Bumbu Kecap Eempuk

Selain terkenal akan ke-khasan nya yang berwarna putih dari daging ayamnya, yang paling membuat sate ayam taichan terkenal adalah abang-abang atau penjualnya yang menyerukan celotehan-celotehan khasnya seperti “Cuocokk!” dan “Okeh kalau begitu”. Dengan ini beberapa pembeli yang lelah mengantre sate taichan Senayan pun tak jarang ketawa karena ulah abang-abang tersebut.

Menurut review dari para food blogger, penjual sate taichan yang paling terkenal di daerah Senayan adalah Bang Ocit yang berada di Kawasan Patal Senayan, Jalan Asia Afrika, persis di seberang patung panahan Senayan. Dan teman-temannya seperti Bang Amir, Bang Heri dan Ipan yang tempatnya tak jauh dari tempat bang Ocit.

Wowkeh, yang ingin mencicipi lezatnya sate taichan a la Senayan, yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuatnya Seperti dibawah ini.

Step By Step Membuat Sate Taichan Senayan

Sate Taichan

Step By Step Membuat Sate Taichan Senayan

Bahan Bumbu Sate :

  • Dada ayam 1 buah, potong dadu
  • Jeruk nipis 2 sendok makan
  • Royco ayam 1 sendok makan
  • Minyak sayur sedikit saja

Bahan Sambal Sate :

  • Cabe rawit 7 buah
  • Cabe merah 15 buah
  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • Tomat 1/4 buah (atau bisa pakai tomat kecil)
  • Air 50 mili liter
  • Gula pasir 1/2 sendok teh (bisa diganti gula Jawa / gula merah)
  • Lada putih 1/2 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Minyak untuk menumis secukupnya

Langkah Membuat Sate Taichan Senayan :

  1. Pertama-tama potong dadu daging ayam, lalu lumuri dengan perasaan jeruk nipis, sedikit minyak sayur dan kaldu ayam. Diamkan selama 15 menit sampai bumbu meresap.
  2. Kemudian tusuk-tusuk ayam dengan tusukan sate lalu bakar sampai ayam berubah warna dan matang. Angkat, sisihkan.

Cara Membuat Sambal Sate Taichan :

  1. Uleg halus atau blender semua bahan sambal. Kemudian tumis dengan minyak goreng. Koreksi rasa.
  2. Tumis sampai cabai matang dan tidak bau langu. Jika sambalnya terlalu kental maka boleh ditambahkan sedikit air lagi sampai mendapatkan sambal dengan kekentalan yang diinginkan. Angkat, matikan api kompornya.

Penyajian Sate Taichan Ayam :

  1. Tata rapih sate di atas piring saji lengkap dengan lalaban sepeti daun selada, timun, potongan tomat, kol dllnya lalu sajikan bersama sambal dengan keadaan terpisah.
  2. Atau bisa juga dengan menggulingkan sate ke sambal, lalu sajikan dengan lalaban lengkap bersama nasi putih, irisan lontong atau ketupat.
  3. Boleh ditambahkan bawang merah goreng jika suka.

Selain menggunakan daging ayam, sate taichan juga dapat dibuat dengan menggunakan daging sapi, kambing, bahkan seafood seperti udang dan cumi. Bertambahnya kreatifitas, kini ada juga kreasi sate taichan goreng yang rasanya tak kalah lezatnya dengan sate taichan original.

Awalnya sate ayam taichan yang ngehitz di media sosial ini memang terkenal dari daerah Senayan Jakarta. Makanya banyak orang yang menyebut sate ini adalah sate Senayan. Namun kini sate senayan sudah terkenal dan populer di kota-kota besar lainnya seperti Bandung, Bekasi, Bogor dan Medan.

Simak Juga : Resep Sate Lilit Ayam Khas Bali & Sambal

Nah, ternyata mudah ya cara membuat resep sate taichan ala Senayan di rumah? Yuk ah, selamat berkreasi sendiri dengan Resep Sate Taichan Ayam Ala Abang-abang Senayan. Semoga sesuai selera ya bun 🙂

Terimakasih sudah membuka artikel resep sate taichan, semoga yang saya bagikan kali ini bermanfaat. Monggo kalau ada yang mau share, agar bunda lainnya tau mengenai tips dan rahasia membuat sate taichan homemade. Terimakasih 🙂