2 Resep Sempol Ayam Goreng Wortel Khas Malang Untuk Jualan

2 Resep Sempol Ayam – Hujan-hujan makan sempol ayam goreng yang di cocol sambal kacang atau saus, wuihh maknyuss deh. Kalau ngomongin sempol, pasti anak-anak ya bun jagonya. Soalnya jarang banget anak-anak yang nolak akan gurihnya sempol ayam. Saya juga termasuk penyuka camilan gorengan semacam sempol dan teman-tamannya seperti cilok goreng, cireng, basreng (bakso goreng), cakwe dan tahu aci.

Lanjut ke sempOl ayam, jajanan pinggir jalan (pedagang kaki lima) yang khas dari Malang ini sekarang lagi ngehitz dimana-dimana. Bahkan di timeline media sosial saya juga sering di banjiri tutorial atau step by step cara membuat sempol ayam. Mulai dari sempol ayam sederhana yang dibuat dari bahan-bahan yang praktis dan mudah di dapat sampai sempol gurih special yang dibuat dengan daging ayam yang banyak.

Selain ayam sebenarnya sempol dapat dibuat dari olahan daging lainnya. Mulai dari sempol udang, sempol daging sapi, sempol ikan tenggiri, sempol kornet, sempol tahu, sempol ayam sosis dan sempol ayam yang dikombinasi dengan udang serta daging sapi. Tekstur sempol yang kenyal dengan citarasa yang gurih memang enak dijadikan camilan keluarga yang murah meriah. Jadi jangan aneh lagi jika banyak orang yang suka menikmati gurihnya sempol. Dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Jangan Lewatkan : Resep Rolade Ayam Kulit Lumpia, Simple, Hemat dan No Ribet!

Cara membuat sempol ayam sebenarnya sangat mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan juga terjangkau dimana-mana. Proses awal membuat sempol adalah haluskan daging ayam kemudian campur semua bahan-bahan, aduk sampai rata, tusukan ke tusukan sate kemudian rebus sampai adonan mengambang pertanda sempol matang. Nah untuk mempermudah ketika menusukan adonan ke tusukan ada 2 cara. Yang pertama dengan membuat bulat-bulat adonan terlebih dahulu dan ada juga yang langsung menusukan adonan ke lidi tusukan.

Tampilan sempol yang bulat memanjang sebenarnya hampir mirip dengan camilan kaki naga. Hanya bedanya untuk kaki naga bentuknya lebih bulet (gembul/gendut) sehingga mirip ayam goreng yang di tusukan ke bambu. Sedangkan untuk sempol tampilannya lebih ramping hampir mirip dengan sosis goreng ataupun sosis bakar.

Untuk bunda yang punya anak kecil, suka ngemil tapi tidak terlalu doyan sayur. Bunda bisa coba mengkreasikan sempol ayam goreng ini dengan parutan wortel dan sayuran lainnya seperti brokoli ke dalam adonan. Anak-anak pasti suka dan rasa sayurnya pun ketutup dengan gurihnya sempol ayam goreng yang gurih.

Yasudah, yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Sempol Ayam Khas Malang yang wajib dicoba. Cekidot!

Resep dan Cara Membuat Sempol Ayam Kanji

resep sempol ayam

Resep dan Cara Membuat Sempol Ayam Kanji

Bahan-bahan :

  • Daging ayam 250 gram (saya ambil bagian dada)
  • Tepung tapioka / kanji 100 gram
  • Tepung terigu segitiga biru 50 gram
  • Bawang putih 4 siung
  • Bawang merah goreng 3 sendok makan
  • Telur ayam 1 butir
  • Daun bawang 1 batang
  • Daun seledri 1 batang

Bumbu Tambahan Biar Gurih (Boleh Di Skip) :

  • Garam secukupnya
  • Gula pasir, kaldu bubuk dan merica bubuk secukupnya

Bahan Pencelup :

  • Telur 1 butir (kocok lepas)

Bahan Lainnya :

  • Air secukupnya (digunakan untuk merebus)
  • Minyak goreng (digunakan untuk menggoreng)
  • Tusakan sate atau tusukan bambu nugget secukupnya

Langkah Membuat Sempol Ayam :

  1. Haluskan daging ayam dan bawang putih (saya menggunakan food frocessor). Kemudian masukkan ke dalam wadah agak besar.
  2. Campur adonan daging bersama bawang goreng, telur ayam dan masukkan juga sedikit demi sedikit tepung, gula, garam, kaldu bubuk dan merica. Aduk jadi satu sampai semua bahan tercampur dengan rata. Kemudian masukkan irisan daun bawang dan daun seledri. Lalu uleni adonan hingga rata. (di resep sempol ayam ini tidak menggunakan air es lagi ya untuk adonannya karena menurut saya sudah pas teksturnya).
  3. Selanjutnya rebus sedikit adonan untuk cek rasa, kalau rasa sudah pas baru deh ambil adonan secukupnya lalu rekatkan ketusukan sate dengan cara dikepal-kepalkan pelan agar menempel ke tusukan. Bentuk lonjong memanjang atau sesuai selera, lakukan sampai adonan habis. Saat proses ini jangan lupa oleskan minyak goreng ke telapak tangan agar adonan tidak lengket saat dibentuk.
  4. Langkah berikutnya didihkan air, rebus sempol ayam kurang lebih selama 20 menit atau hingga matang, angkat lalu tiriskan.
  5. Celupkan ke dalam kocokan telur, goreng dengan menggunakan api sedang sampai berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan.
  6. Sajikan sempol ayam hangat bersama saus sambal botolan, mayonaise atau sambal kacang sesuai selera. Maknyusssssssssssssssss!

Ini adalah kreasi olahan sempol ayam yang memiliki rasa enak dan gurih. Bunda bisa menambahkan udang kupas ke dalam adonan ayam giling agar rasanya semakin sedap dan komplit.

Untuk anak-anak sebaiknya kreasikan sayuran kedalamnya. Seperti parutan wortel atau sayuran lainnya sesuai selera. Jadi makin kaya rasa deh! enaknya dapet, kandungan gizinya juga dapet. Berikut adalah kreasi Resep Sempol Ayam Sayur yang cocok untuk anak-anak. Mari di simak ya!

Step By Step Membuat Sempol Ayam Wortel

sempol ayam wortel

Step By Step Membuat Sempol Ayam Wortel

Bahan-bahan Sempol Sayur :

  • Tepung tapioka 200 gram
  • Dada ayam 300 gram
  • Telur 2 butir
  • Wortel 1 buah
  • Daun bawang 2 batang
  • Tusukan sate (ujungnya yang tajam dipotong aja bun)
  • Lada secukupnya
  • Masako ayam secukupnya
  • Sedikit gula pasir

Cara Membuat Sempol Ayam Wortel :

  1. Blender daging ayam dan bawang putih yang sudah dipotong-potong (atau pakai food frocessor)
  2. Kemudian campurkan semua bahan jadi satu seperti telur, tepung tapioka, daging ayam, masako, gula dan sedikit lada. Uleni adonan menggunakan tangan sampai tercampur dengan rata.
  3. Selanjutnya ambil air setengah panci yang dicampur sedikit minyak goreng, setelah mendidih kecilkan apinya.
  4. Oleskan tangan ke minyak goeng, tempelkan adonan ke lidi seperti akan membuat Resep Sate Lilit Ayam Khas Bali & Sambal, kemudian masukkan ke dalam panci, setelah adonan naik kepermukaan atau mengapung angkat lalu tiriskan. Lakukan terus sampai adonan habis.
    Panaskan minyak goreng yang agak banyak. Balurkan sempol ke dalam kocokan telur, kemudian goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat lalu sajikan dengan saus cabe, saus tomat dan mayonaise.

Walaupun banyak penjual sempol di luaran dengan harga yang cukup ekonomis, namun tak ada salahnya jika sesekali membuat sempol ayam khas Jawa Timur sendiri di rumah. Keluarga pasti suka! Bunda bisa jadikan sempol ayam sebagai camilan murah meriah saat berkumpul dengan keluarga. Atau bisa juga untuk sajian arisan, pengajian, isian snack box serta menu bento sederhana untuk bekal anak ke sekolah.

Icip Juga – Resep Pisang Goreng Crispy Panir (Pisgor Pasir) Renyah Kriuk

Selain itu untuk menu baru di jualan juga oke loh bun. Di daerah saya juga banyak bakulan yang menjual sempol ayam dan sempol ikan siap makan. Rasanya lumayan enak bun, yah walaupun tetap enak bikinan sendiri 🙂 #lebay. Satu sempol yang kerasa sekali daging ayamnya bisa hargai sekitar Rp 3.000,-. Sedangkan untuk sempol-sempolan yang dengan menonjolkan rasa tepung kanji dan sedikit ayam biasa dijual sekitar Rp 1.000,- hingga Rp 2.000,- per sempol goreng.

Selamat mencoba dan bekreasi sendiri dengan 2 Resep Sempol Ayam Goreng Wortel Khas Malang Untuk Jualan. Silahkan ciptakan peluang usahamu sendiri!

Jika di rasa bermanfaat jangan lupa like dan share ya bun, makasih 🙂