Resep Semur Bola Bola Daging Isi Telur Puyuh Maknyusss

Resep Semur Bola Bola Daging Isi Telur Puyuh – Saya termasuk orang yang demen banget sama yang namanya olahan semur. Entah itu cuma semur sederhana kaya semur tempe, semur tahu, semur telur, semur kentang, semur bakso dan semur jengkol. Rasanya kok enak aja, manis-manis gurih gitu di lidah. Apa mungkin karena saya ini orang Jawa Tengah ya, jadi sudah terbiasa dengan masakan khas Jateng yang pedas, manis dan gurih.

Beda sama orang Sunda yang identik suka asin, kaya temen saya di Bogor penggila asin. “Hai Novitasi dan Rangga, semoga cepat dapat jodoh yah” (zzzzzzzz kaya yang nulis udah dapet jodoh saja) Hiks. Lanjut ke semur, di Indonesia memang banyak sekali olahan semur yang menggiurkan ya bunda. Selain masakan semur di atas, bumbu semur paling enak dimasak bersama daging sapi, kambing, ayam dan bebek.

Karena termasuk hidangan favorit keluarga, jadi masakan semur ini selalu ada di acara-acara special keluarga. Mulai dari lebaran Idul Fitri yang di makan dengan irisan ketupat dan lontong. Dan sering juga saya sajikan untuk menu makan keluarga dengan nasi putih hangat pulen yang menul-menul. Apa lagi sebentar Lebaran Idul Adha yang identik memotong daging korban, jadi siap-siap saja nih dapet requesan dari keluarga biar masak semur.

Semur Bola Bola Daging Telur Puyuh

Cara Membuat Semur Bola Bola Daging Telur Puyuh

Kalau Ibu Bapak saya, senangnya semur daging sapi yang dipotong-potong agak besar kaya olahan Resep Rendang Daging Sapi Padang Gurih Dan Tips. Kalau Kaka dan adik-adik saya sukanya sama olahan resep semur daging cincang yang dibuat bola-bola daging gitu. Kalau di keluarga saya namanya resep semur bola bola daging yang manis gurih.

Cicipi Juga : Resep Semur Cumi Pedas Enak

Advertisement

Biar makin endesss dan komplit, saya sering campurkan irisan tahu dan kentang ke dalamnya. Biar makin banyak isian dan kaya rasa gitu bun. Nah, kali ini saya akan mencoba salah satu menu andalan Bunda Tintin Rayner Cookpad yaitu resep semur bola bola daging isi telur puyuh. Pas saya liat picturenya, langsung ngecess deh, soalnya kaya bola bola daging isi telur ala resto gitu.

Cara membuat semur bola bola daging isi telur puyuh tentu saja sangat mudah, simple dan super praktis. Tapi rasanya tak sesimple rasanya loh bun, percayalah! Jadi wajib di simak dan di coba ya Bahan-bahan dan Cara Membuat Semur Bola Bola Daging Isi Telur Puyuh yang akan saya bagikan di bawah ini. Mari disimak!

[Sponsor] Cari jam tangan/tas/kacamata branded yang stylish berkualitas dengan harga terjangkau? Cocok jadi hadiah untuk orang tersayang. Hubungi: PIN 7C608A6C / WA 082324908020

Resep Semur Bola Bola Daging Isi Telur Puyuh

semur bola bola daging isi telur puyuh

Resep Semur Bola Bola Daging Isi Telur Puyuh Tintin Rayner Cookpad

Bahan-bahan :

  • Daging cincang atau daging giling 300 gram (saya pakai sapi, bisa pakai daging ayam dan kambing ya bun)
  • Telur ayam 1 butir
  • Tomat matang 2 buah (potong dadu)
  • Bawang merah 6 buah (iris tipis)
  • Bawang putih 3 buah (iris tipis)
  • Saus tomat 2 sendok makan
  • Telur puyuh rebus kupas secukupnya
  • Margarin 6 sendok makan penuh (digunakan untuk menumis)

Bumbu Semur Atur Sesuai Selera :

  • Garam / penyedap rasa kaya royco sapi/ayam
  • Gula pasir
  • Kecap manis
  • Lada / merica halus
  • Pala parut
  • Kentang 2 buah (potong kotak sedang)
  • Air 600 mili liter (bisa disesuaikan mau kuahnya banyak atau sedikit)

Step By Step Membuat Semur Bola Bola Daging :

  1. Langkah pertama campur bahan dalam mangkuk seperti daging cincang, gula, garam, merica, pala, sedikit kecap dan telur. Lalu aduk rata. (saya bumbui kira-kira per 1/2 sendok teh). Kalau pengin lebih empuk dan kenyal dagingnya bisa ditambahkan 2 sendok makan tepung roti. Bentuk bola-bola kecil seperti bakso lalu isi dengan telur puyuh.
  2. Selanjutnya panaskan margarin, lalu goreng bola-bola daging sampai kecoklatan, tiriskan.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan sisa margarin sampai wangi. Masukkan air sampai mendidih, masukkan bola-bola daging goreng, beri semua bumbu (kecap gula, garam, pala, merica saus tomat dan tomat buah) lalu masukkan kentang.
  4. Setelah itu masak sampai bumbu meresap dan kentang empuk. Terakhir, test rasa sebelum diangkat. Mantap!

Tak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat semur bola daging kentang telur puyuh ini. Rasanya endess, untuk bumbu yang digunakan kaya garam, gula pasir, lada, dan pala parut sesuai selera saja ya bun. Tadinya mau saya kasih takarannya tapi takut kurang selera sama bunda. Kalau versi semur daging Betawi biasanya bumbunya tinggal dikasih santan kental, jadi kaya olahan rendang ya bun. Manis legit dan gurih nampol!

Oke, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Semur Bola Bola Daging Isi Telur Puyuh Maknyusss. Cicipi juga kreasi semur lainnya dari ResepHariIni.com di Resep Selat Solo Asli Enak yang wajib untuk dicoba.

Kalau bermanfaat dan enak rasanya, jangan lupa di share ya bun..
makasih 🙂

Advertisement