Resep Tahu Walik Krispi Isi Ayam Khas Banyuwangi

Resep Tahu Walik – Jika berlibur ke daerah Banyuwangi, jangan lupa mampir ke warung Bu Atun di Jalan DI Panjaitan, Kecamatan Banyuwangi Kota. Warung sederhana yang terletak di tikungan kampung Mandar tersebut menjajakan kuliner khas Banyuwangi, yaitu Tahu Walik. Tahu walik yang dalam bahasa Indonesia nya berartian tahu terbalik ini merupakan gorengan krispi yang terkenal dan menjadi favorit banyak orang di sana.

Tahu walik, makanan yang pembuatannya di goreng ini sebenarnya merupakan tahu goreng yang isian bagian dalamnya di keluarkan atau di hilangkan. Sehingga tahu tanpa isi ini akan menjadi kopong layaknya Tahu Kopong / tahu pong. Yang kemudian tahu tersebut diwalik atau di walek (dialek Banyuwangi) sehingga bagian dalam tahu berada di luar. Selanjutnya tahu walik tersebut diberi isian daging ayam cincang lengkap dengan tepung aci dan bumbu lainnya.

Olahan Tahu Lainnya : Resep Tahu Kukus Goreng Telur Puyuh Enak, Murah Meriah!

Isian yang terbuat dari tepung tapioka atau aci yang di beri cincangan daging ayam memang memiliki rasa yang lebih enak di bandingkan olahan tahu aci Tegal yang sering disebut Tahu Pletok. Jadi jangan heran jika banyak orang menyebut tahu walik memiliki harga kos karena murah, dengan rasa bos karena terdapat isian daging ayam di dalamnya.

tahu walik

Tahu Walek Crispy, Renyah di Luar, Kenyal di dalam

Selain di isi dengan daging ayam, isian tahu walik krispi sendiri dapat di kreasikan isinya sesuai dengan selera. Yang paling banyak di pakai untuk pengganti daging ayam adalah udang. Namun jika tidak suka udang, dan ingin berinovasi dengan daging lainnya bisa menggunakan daging sapi / daging asap, sosis, kornet dan bahkan ada juga kreasi tahu walik tanpa daging. Silahkan isiannya di sesuaikan dengan selera, tapi jika ingin yang sama persis dengan tahu walek khas Banyuwangi Jawa Timur ya silahkan bikin dengan isian daging ayam saja.

Cicipi Juga : Resep Tahu Isi Hot Jeletot Huh’hah

Saling larisnya, Ibu Atun mengaku kalau per hari beliau dapat menghabiskan 8 hingga 12 kilogram daging ayam untuk isi tahu walik miliknya. Yang istimewa, tahu walik crispy ala Ibu Atun yang banyak diburu pelanggan karena menggunakan sambal petis Madura yang gurih. Selain itu, pelanggan juga dapat request isian di tambahkan irisan cabai rawit agar pedas atau bisa di campurkan ke campuran sambal petis.

Untuk per porsi tahu kebalik Bu Atun Banyuwangi dipatok dengan harga sekitar Rp 7.500.- hingga Rp 10.000.- dengan isi 10 buah. Sedangkan untuk tahu petis di sana cukup merogoh kocek Rp 5.000,- saja per porsi. Warung Tahu Walik Bu Atun yang buka dari jam 16.00 sampai 23.00 WIB ini selalu ramai dan mulai di padati oleh pengunjung dengan mayoritas muda-mudi Banyuwangi yang di nikmati dengan segelas kopi hitam dan teh manis hangat.

Saking banyaknya pembeli, untuk mendapatkan tahu walik isi daging ayam aci ini anda harus bersabar menunggu sekitar setengah jam hingga satu jam. Waw cukup menguji kesabaran ya? Nah, dari pada harus jauh-jauh ke kota Banyuwangi dan ikutan mengantri panjang, mending buat sendiri saja.

Yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Tahu Walik Pong Banyuwangi. Cekidot!

Step By Step Langkah Membuat Tahu Walik

tahu walik banyuwangi

Step By Step Langkah Membuat Tahu Kebalik

Bahan-bahan :

  • Tahu kulit atau tahu goreng uk biasa 25 buah (kalau mau yang besar bisa pakai tahu kulit bentuk segitiga)
  • Daging ayam tanpa kulit 150 gram
  • Daun bawang 5 batang, iris-iris
  • Tepung tapioka 150 gram
  • Bawang putih goreng 1 sendok makan
  • Bawang merah goreng 1 sendok makan
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Es batu secukupnya
  • Air secukupnya

Bahan Tambahan :

  • Cabai rawit merah 10 buah, iris tipis
  • Merica bubuk sedikit saja
  • (bahan tambahan di gunakan bagi yang ingin membuat tahu walik pedas, kalau tidak mau pedas dan ingin merasakan sensasi rasa tahu walik original sederhana bisa di skip bahan ini)

Langkah Membuat Tahu Walik :

  1. Pertama-tama belah menjadi 2 tahu kulit (bentuk segitiga), kemudian balik (walik) bagian dalamnya keluar. Sisihkan.
  2. Fillet daging ayam, buang kulitnya, cuci bersih.
  3. Selanjutnya blender daging ayam dengan es batu secukupnya, bawang putih serta bawang merah goreng. Tambahkan sedikit air agar adonan cepat halus dan tidak merusak blender.
  4. Langkah berikutnya campur adonan di atas dengan irisan daun bawang, tepung, kaldu bubuk dan garam. Aduk rata (teksture nya jangan terlalu lembek ya bun, kurang lebih seperti adonan bakso saja). Koreksi rasa, dan silahkan tambahkan bahan yang di inginkan sesuai selera.
  5. Setelah itu masukkan adonan dalam tahu secukupnya, lakukan sampai tahu habis.
  6. Terakhir panaskan minyak, lalu goreng sampai kecoklatan dengan menggunakan api sedang (jangan terlalu besar agar adonan matang sempurna).
  7. Jika sudah matang, angkat, tiriskan dan tahu walek goreng hangat siap disajikan bersama sambal petis, cabai rawit, sambal terasi, saus cabai botolan, mayonaise ataupun sekedar cabai rawit untuk *nyigit*. Mantap!

Mudah bukan untuk membuat tahu walik goreng renyah di luar dan kenyal di dalam ini? Resep tahu walik asli Banyuwangi sebenarnya isian dalam tahu di buang layaknya tahu kopong / pong. Tapi saya mikirnya sayang dan bingung akan di olah menjadi apa lagi. Jadi saya biarkan isian tahu menempel di kulit luar, dan ini yang membuat sensasi kriuk di tahu walik. Sedep deh! Saya suka sekali.

Jangan Lewatkan : Resep Membuat Tahu Sumedang Crispy

Kalau di rasa-rasa kreasi dari olahan tahu yang satu ini mirip sekali dengan siomay tahu goreng. Jadi kalau bosan dengan aneka sambal dan saus, bisa juga di nikmati bersama sambal kacang dan sedikit kecap manis yang legit. Bagaimana sudah berniat membuatnya di rumah? Sekedar untuk camilan di rumah saat bersantai. Atau bisa juga untuk menambah menu jualan atau bakulan, boleh boleh saja loh bun. Pasti laku 🙂

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Tahu Walik Krispi Isi Ayam Khas Banyuwangi. Semoga bermanfaat 🙂

Silahkan share bunda, terimakasih 🙂

Sumber :
Merdeka Banyuwangi - Cobain tahu walik Banyuwangi dengan gurihnya petis Madura
Lisda Trijianto - Tahu Walik Khas Banyuwangi
Loading...