Resep Bika Ambon Original Yang Empuk, Kenyal, dan Berongga

Resep Bika Ambon – Bika ambon merupakan penganan atau makanan ringan yang berasal dari Indonesia yang lebih tepatnya berada dikota Medan Provinsi Sumatra Utara. Medan merupakan kota yang mempunyai makanan khas yang banyak dan enak enak.

Salah satunya kue Bika Ambon ini yang biasa dihidangkan saat masyarakat kota Medan sedang merayakan Acara seperti penyambutan tamu adat, acara nikahan, dan lebaran.

Bika ambon sendiri dibuat dari bahan-bahan seperti telur, gula dan santan. Bika Ambon biasanya ditambakan perasa pandan, meskipun kini juga tersedia rasa lainya seperti Bika Ambon rasa durian, Bika Ambon rasa keju dan Bika Ambon rasa cokelat.

Baca Juga : Resep Kue Cucur khas Daerah yang Terkenal Lezatnya

Kenapa namanya menjadi Bika Ambon bukan Bika Medan? Berikut ulasan mengenai asal usul nama penganan Bika Ambon ini.

Konon katanya” Penganan atau kue ini awalnya berasal di Jalan Ambon yang berada dikota Medan sehingga kue ini dinamakan Bika Ambon. Kata Ambon sendiri adalah nama yang mengadopsi dari nama jalan Ambon yang berada dikota Medan.

Bika Ambon merupakan penganan atau kue yang mempunyai rasa yang enak, bertekstur berongga-rongga, berwarna kuning, beraroma pandan, rasanya manis, lembut dan memiliki rasa yang sedikit agak kenyal sehingga rasa ini menjadi salah satu ciri khas kue Bik. Jadi tidak salah kalau Bika  menjadi salah satu sajian utama pada saat perayaan atau acara adat di kota Medan.

Menurut penjelasan M Muhar Omtatok, beliau adalah seorang budayawan dan ahli sejarah yang menjelaskan bahwa Penganan atau Kue Bika Ambon terilhami dari kue khas melayu yang bernama kue Bika atau Bingka.

Simak Juga : Resep Kue Balok Brownies Lumer, Sajian Legit Dengan Cara Sederhana

Walaupun kue ini terilhami dari kue Bika atau Bingka tetapi kue ini mempunyai modifikasi yaitu dengan bahan pengembang yang berupa nira/tuakenau sehingga menghasilkan bentuk kue yang berongga dan memiliki ciri fisik yang berbeda dari kue Bika atau Bingka khas Melayu itu.

Kemudian M Muhar Omtatok juga mengatakan bahwa kue ini bernama Bika Ambon karena pertama kali dijual dan popular disimpang Jl Ambon-sei Kera Medan. Jadi semakin jelas ya kenapa kue ini bernama Kue Bika Ambon bukan Bika Medan.

Karena kelezatannya, saat ini kue Bika dikenal sebagai oleh-oleh khas yang berasal dari Kota Medan.  Di sana, tepatnya di jalan Mojopahit di daerah Medan Petisah, terdapat sekitar 30 toko yang menjual kue bika.

Biasanya toko-toko ini ramai dikunjungi pada saat menjelang hari raya seperti perayaan Idul fitri, Idhul Adha, Imlek, Natal dan Tahun baru. Menjelang Hari Raya tersebut biasanya setiap toko bisa menjual kue bika lebih dari 1.000 bungkus perhari.

Cara Membuat Resep Bika Ambon

Resep Bika Ambon
Resep Bika Ambon – @fridajoincoffee

Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Kue Bika :

  • Kuning telur 12 butir
  • Gula pasir 150 gram
  • Santan kental 200 mili liter
  • Daun jeruk 10 lembar
  • Tepung sagu 100 gram
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Serai, ambil bagian putihnya lalu memarkan 1 batang

Bahan Biang Kue Bika :

  • Ragi instan 1 sendok teh
  • Terigu 1 sendok makan
  • Gula Pasir 1 sendok makan
  • Air hangat 50 mili liter

Langkah Membuat Kue Bika Ambon :

  1. Dalam wadah, campur semua bahan biang lalu aduk sampai merata, diamkan selama 15 menit, sisihkan.
  2. Siapkan panci, masukan santan bersama daun jeruk, serai dan garam, lalu rebus dengan api kecil sampai mendidih, angkat lalu diamkan hingga suhunya turun kemudian sisihkan.
  3. Kocok kuning telur dan gula sampai gula larut.
  4. Masukan tepung sagu dan hasil rebusan santan tadi secara bergantian lalu aduk hingga rata.
  5. Masukan bahan biang, aduk hingga rata kemudian diamkan minimal selama 2 jam.
  6. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah dipanaskan, hentakan loyang perlahan supaya adonan rata.
  7. Masukan oven dan panggang kurang lebih selama 40 menit dengan suhu 180 derajat celcius, biarkan oven sedikit terbuka selama 30 menit pertama atau sampai kue terlihat bergelembung dan berlubang-lubang, baru selebihnya tutup oven dengan rapat.
  8. Angkat, dan kue bika pun siap dinikmati.

Jangan Lewatkan : Resep Kue Sagu Keju Enak Renyah

Jangan lupa olesi loyang dengan sedikit margarin sebelum digunakan untuk mencetak adonan kue bika. Selamat mencoba resep bika ambon, semoga bermanfaat.

Loading...