Resep Makaroni Goreng Kriuk Yang Renyah dan Gurih

Resep Makaroni Goreng – Makaroni atau macaroni adalah salah satu pasta yang berbentuk seperti pipa kecil yang bengkok sperti busur panah. Secara umum biasanya Makaroni diolah dengan tambahan saus krim dan kacang polong.

Namun dengan perkembangan zaman, saat ini makaroni sering disajikan dengan bahan lainya seperti : daging ayam, daging sapi, sosis, jamur hitam, telor, ikan, sayur sayuran dan masih bayak lagi.

Di daerah Jawa Barat, khususnya dikota-kota besar seperti Bandung, Bogor dan Jakarta, Makaroni biasa digunakan sebagai tambahan menu makanan Seblak.

Makaroni termasuk makanan yang sudah dikenal diberbagai beberapa negara dunia terutama dinegara Amerika. Makaroni tawar terbuat dari gandum sejenis durum, tepung terigu dan air tanpa menggunakan tambahan penguat rasa apapun.

Di dalam Makaroni terdapat bahan dasar Semolia yang berasal dari 100% “durum wheat” yaitu sejenis gamdum yang mengandung kadar gluten yang sangat tinggi. Banyak pendapat yang mengatakan atau sejarah Makaroni atau “Macaroni” bahwa penemu Kuliner pasta Makaroni adalah bangsa Cina yang diperkenalkan oleh Marco Polo ke Italia pada tahun 1292.

Baca Juga : Resep Bika Ambon Original Yang Empuk, Kenyal, dan Berongga

Namun di Italia sendiri konon Makaroni telah dikenal sejak zaman Romawi kuno. Pada zaman dahulu makaroni disajikan untuk persembahan bagi para dewa dewi. Dan pada zaman pertengahan silsilah Italia, makaroni sering juga disantap oleh bangsa Arab.

Resep Makaroni sendiri diperkenalkan pertama kali oleh Apicius pada abad 1 dan pada abad ke 12 Guglielmo di Malavalle menghidangkan perjamuan pasta yang memperkenalkan hidangan “Macarrones Sen Logama” yaitu Hidangan Macaroni dengan tambahan saus. Makaroni ini biasanya dihidangkan dipesta-pesta “Banguet” yang diartikan dengan pestanya para petinggi bangsa Italia.

Terlepas dari permasalahan tersebut, konon bangsa Italia selama ini lebih dari 400 tahun mereka sudah menyimpan resep rahasia pembuatan pasta dan membuat resep lebih dari 300 macam bentuk dan sejumlah resep. Sehingga bangsa Italia mengabadikan rasa cinta kepada Macaroni dengan mendirikan sebuah Museum khusus pasta yang dibangun dikota Pontasia, Italia.

Di Amerika Utara Makaroni berbentuk “siku-siku”(elbow macaroni) yang memiliki rasa manis dan biasanya dtemukan di sajian puding dan keju ala Amerika.

Simak Juga : Resep Tekwan Palembang Yang Enak dan Sederhana

Di Cina, Macaroni diolah dengan gaya westren yaitu makaroni yang direbus dalam air kemudian disajikan dengan kaldu beserta tambahan daging ham atau sosis, kacang polong, jamur hitam dan telur.

Di Swedia hidangan ini dikenal dengan sebutan Makaroni pudding yaitu makaroni atau macaroni yang diolah dengan daging ham (potongan daging paha hingga kaki belakang) dengan tambahan keju dan Leek yaitu sayuran yang masih satu jenis dengan bawang bombay dan bawang putih.

Di Negara Malta sajian tersebut dikenal sebagai Imqarrun. Sajian ini terbuat dari makaroni dengan tambahan saus Bolognese dan telur serta versi lainya bisa diberi tambahan hati ayam, telur rebus, kacang polong dan daging asap. Biasanya lapisan atas diberi topping keju parut atau Besciamella (bechamel) yang akan meleleh ketika dipanggang.

Sedangkan di Indonesia hidangan ini dikenal dengan Macaroni Schotel, masakan ini dikenalkan oleh bangsa Belanda selama di Indonesia. Schotel atau Schaal berasal dari bahasa bangsa Belanda yang mengacu dari nama wadah yang digunakan. Di Indonesia Makaroni dibuat dengan keju, daging atau ikan tuna dan sering juga diberi tambahan kentang atau tahu untuk menciptakan rasa yang khas ala Indonesia.

Selain itu, saat ini sedang populer sekali dengan sajian makaroni goreng dengan citarasa kriuk krispi yang enak sekali dijadikan camilan di rumah. Makaroni goreng awalnya dijual oleh pedagang kaki lima yang menjajakannya di depan sekolah.

Jangan Lewatkan : Resep Keripik Pisang Yang Renyah Dan Anti Lembek

Karena rasa makaroni goreng yang enak dan disukai banyak orang, sehingga kini makaroni goreng masuk ke dalam jajanan ala mall dengan harga yang lumayan mahal. Yaitu sekitar 15 hingga 25 ribu, kita dapat 1 kantong makaroni goreng dengan topping bumbu berbagai rasa seperti bubuk ayam bawang, jagung, keju, balado, barberque, dan masih banyak yang lainnya.

Nah bagi Anda yang suka beli makaroni goreng di luaran, tidak ada salahnya loh jika sesekali coba membuat makaroni goreng sendiri di rumah. Kebetulan kali ini saya akan membagikan Resep Makaroni Goreng andalan yang seringkali dibuat untuk camilan keluarga dan juga untuk jualan. Berikut resepnya :

Resep Makaroni Goreng Yang Enak, Gurih, dan Renyah

Resep Makaroni Goreng
Resep Makaroni Goreng – @makaronibonjumadiun

Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Makaroni Goreng

  • Makaroni elbow 150 gram
  • Garam 2 sendok teh
  • Bawang putih cincang 2 siung
  • Tepung maizena/tepung terigu secukupnya
  • Bumbu rasa jagung manis, keju atau sesuai selera
  • Minyak 1 sendok makanan

Langkah Membuat Makaroni Goreng

  1. Masukan makaroni, garam, minyak dan bawang putih dalam air mendidih, rebus sebentar jangan sampai terlalu lembek.
  2. Tiriskan, beri tepung maizena atau tepung terigu, ratakan dan ayak.
  3. Goreng makaroni dengan minyak panas dan api sedang.
  4. Aduk sesering mungkin agar matang merata, tetapi jangan sampai terlalu coklat karena akan pahit, tiriskan.
  5. Setelah minyak tiris,taburkan bumbu sesuai selera.
  6. Simpan dalam kedap udara, agar kerenyahan terjaga.

Tips (hal yang perlu diperhatikan)

  1. Makaroni diberi minyak saat direbus agar tidak menempel satu sama lain.
  2. Rebus jangan terlalu lembek karena akan hancur saat diberi tepung atau diayak.
  3. Terakhir agar makaroni matang merata dan renyah, goreng dengan metode deep fry yaitu metode menggoreng dengan minyak yang banyak.

Demikian artikel tentang Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Makaroni Goreng dan cara memasaknya seraca lengkap dan mudah.

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Makaroni Goreng. Semoga bermanfaat 🙂

Loading...