Resep Nasi Kebuli Kambing Rumahan Yang Gurih dan Mudah Dibuat

Resep Nasi Kebuli – Nasi kebuli merupakan hidangan yang menggunakan bahan utama beras yang diberi bumbu kaya akan rempah dengan aroma khas bercitarasa yang gurih. Hidangan ini sebenarnya sangat indentik dengan bangsa Timur Tengah, namun telah disukai dan dipopulerkan oleh warga betawi asli maupun warga keturunan dari Arab di Indonesia.

Nasi Kebuli di olah bersama kaldu daging kambing, susu kambing,minyak samin dengan tambahan bahan pelengkap seperti daging kambing goreng, taburan kismis dan bawang goreng. Biasanya sajian ini dapat kita temukan saat perayaan keagamaan atau hari raya Islam seperti Maulud Nabi, Lebaran Idhul fitri dan Idhul adha dan berbagai acara lainya seperti pernikahan.

Nasi Kebuli mempunyai ciri khas berwarna kuning dengan aroma kari dan kapulaga yang sangat menonjol. Sajian ini selain bisa disajikan untuk 1 porsi pribadi, namun sering juga disajikan dalam porsi besar yang menggunakan wadah nampan besar dan disajikan untuk 5 hingga 10 orang yang disantap secara bersamaan.

Baca Juga : Kreasi Resep Arem Arem Ayam yang Enak dan Mengenyangkan

Nasi Kebuli sebenarnya hampir mirip dengan Nasi Briani, namun Nasi Briani sedikit agak berbeda yaitu pada rasanya yang sedikit agak pedas dan memiliki aroma dari kunyit.

Umumnya Nasi kebuli menggunakan daging kambing, namun bagi anda yang sudah menjaga makanan atau sama sekali dilarang memakan daging kambing. Sekarang tak perlu kawatir lagi karena sudah ada yang memodifikasi nasi Kebuli dengan menggunakan daging ayam.

Konon cerita asal mula sajian timur tengah ini bisa sampai ke Indonesia karena dikenalkan oleh para pemuka atau penyebar agama islam dari Hadramaut, bangsa Yaman. Pada zaman dahulu ketika menyebarkan agama Islam di India, mereka coba menyambungkan citarasa makanan bangsa Yaman dengan bangsa India untuk menjadi sebuah hidangan nasi rempah yang gurih.

Simak Juga : Resep Udang Asam Manis Special Yang Enak dan Praktis

Setelah sukses di India, para ulama langsung melebarkan sayapnya ke Asia Tenggara dimana pada waktu itu bangsa Indonesia di singgahi untuk pertama kalinya. Tepatnya di Pelabuhan Sunda Kelapa menjadi tanah pertama yang mereka pijak.

Sambil menyiarkan agama Islam, mereka mengajak warga Betawi untuk berkumpul dan mereka pun menyajikan menu nasi yang disebut sebagai nasi khas timur tengah dan menyantapnya bersama-sama. Mungkin karena rasa masakan Yaman sangat berbeda dengan masakan Indonesia. Para Ulama ini kemudian mencoba untuk mencampur adukan rempah- rempah asal timur tengah dengan rempah asal Indonesia serta menambahkan daging kambing untuk pelengkapnya sehingga terciptalah Nasi Kebuli.

Bagi anda yang belum pernah mencoba hidangan yang lezat ini dan ingin untuk bisa mencicipinya, bahkan malah ingin langsung mencoba membuatnya sendiri dirumah. Yuk mari disiimak dan pelajari Resep Nasi Kebuli berikut ini :

Step by Step Memasak Resep Nasi Kebuli Kambing

Resep Nasi Kebuli
Resep Nasi Kebuli – @susie.agung

Bahan Nasi Kebuli :

  • Beras 1kg
  • Daging kambing 500 gram
  • Air panas 1/2 liter
  • Minyak samin 2 sendok makan
  • Kismis 50 gram
  • Kapulaga 4 buah
  • Pala bubuk 1 sendok teh
  • Cengkeh 4 butir
  • Kayu manis 5 centi meter
  • Serai 2 batang, memarkan

Bumbu Halus :

  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Jintan 1/2 sendok teh
  • Garam 1 sendok makan
  • Jahe 1 ruas

Bahan Pelengkap :

  • Kerupuk emping secukupnya
  • Acar timun secukupnya

Langkah dan Cara membuat Nasi Kebuli :

  1. Rebus daging sampai matang, angkat dan tiriskan, kemudian potong-potong sesuai selera, sisihkan.
  2. Panaskan minyak samin, tumis bumbu halus hingga aromanya harum.
  3. Masukan potongan daging kambing, aduk hingga merata dengan bumbu dan aduk hingga bumbu meresap kedalam daging.
  4. Masukan beras, aduk rata sampai beras hangat.
  5. Tuangkan air panas lalu masak hingga kaldu mulai asat dan meresap kedalam beras.
  6. Masukan kapulaga, cengkeh, kayu manis, serai, pala bubuk, dan kismis, aduk rata setelah itu kecilkan api dan masak hingga air terserap habis (aron).
  7. Pindahkan beras setengah matang kedalam panci kukusan, masak sekitar 20 menit hingga matang dan angkat.
  8. Nasi kebuli siap disajikan bersama emping dan acar.

Tips atau hal yang perlu diperhatikan saat membuat Nasi Kebuli adalah penggunaan daging kambing bisa diganti dengan daging lainya seperti sapi atau ayam.

Jangan Lewatkan : Resep Tempe Mendoan Asli Banyumas Yang Enak dan Gurih

Sebaiknya buang kotoran busa yang mengapung dipermukaan air ketika sedang merebus daging. Dan jika anda kesulitan menemukan minyak samin, maka anda bisa menggantinya dengan margarin atau olive oil.

Demikian artikel tentang Resep Nasi Kebuli, selamat Mencoba.

Loading...