Resep Rujak Cingur Khas Surabaya Jawa Timur Yang Enak dan Mudah Dibuat

Resep Rujak Cingur – Rujak cingur merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari Jawa Timur, terutama di kota asalnya Surabaya. Namanya yang unik diambil dari kata cingur, yang artinya adalah mulut. Rujak cingur ini sangat khas dengan sajian rujak yang diberi irisan mulut atau moncong sapi yang direbus. Rasa dari rujak cingur ini sangat beragam. Mulai dari rasa pedas, manis, gurih ditambah sensasi kenyal dari potongan cingur yang bercampur jadi satu saat dimakan.

Seperti olahan rujak pada umumnya, resep rujak cingur ini juga memakai buah-buahan khas rujak seperti timun, bengkoang, nanas muda, kedondong, kemudian ditambah irisan lontong, tahu, tempe, bendoyo, cingur, serta sayuran seperti kecambah atau tauge, kangkung, dan juga kacang panjang.

Semua bahan tersebut dicampur menjadi satu dengan bumbu yang terbuat dari petis udang, dan bahan-bahan lainnya sama ketika akan membuat saus atau bumbu kacang tanah. Yaitu kacang tanah, bawang, cabai, gula merah, irisan pisang biji hijau yang masih muda sering disebut pisang klutuk, dan juga sedikit air untuk mengencerkan bumbu. Semua bahan ini kemudian diulek hingga lembut, itu sebabnya rujak cingur sering juga disebut rujak ulek.

Baca Juga : Resep Sayur Asem Sederhana, Masakan Rumahan Yang Bikin Nafsu Makan Bertambah

Yang paling unik dari rujak cingur adalah proses penyajiannya. Jika kita telusuri, ternyata penyajian rujak cingur ini dibedakan menjadi dua macam. Yaitu penyajian biasa dan penyajian rujak cingur matengan. Nah, apa sih perbedaan kedua penyajian rujak cingur ini?

Jadi penyajian biasa atau yang umum itu adalah berupa semua bahan yang telah saya sebutkan di atas. Sedangkan untuk peyajian rujak cingur matengan adalah olahan rujak yang dibuat dari bahan-bahan yang matang saja. Seperti irisan lontong, tahu goreng, tempe goreng, bendoyo (kerahi yang direbus), sayur kangkung, kacang panjang dan juga tauge rebus. Jadi tanpa bahan mentahannya, yaitu buah-buahan rujakan. Karena pada dasarnya tidak semua orang menyukai buah rujakan, dan sebaliknya ada juga yang tidak suka rujak yang diberi sayuran matang.

Untuk satu porsi rujak cingur komplit umumnya memiliki harga sekitar 20 hingga 75 ribu rupiah. Perbedaan ini biasanya dari banyak sedikitnya bahan yang digunakan dan juga irisan cingurnya. Kalau banyak cingurnya, biasanya harga rujak cingur pun semakin mahal.

Simak Juga : Kreasi Resep Bakso Urat Daging Sapi dan Ayam Spesial yang Lezat

Nah, bagi yang ingin mencicipi lezatnya rujak cingur, tidak harus pergi ke Surabaya loh! Karena kali ini saya akan coba membagikan resep rujak cingur rumahan yang enak dan super nikmat yang wajib untuk dicoba. Penasaran kan apa saja bahan-bahan yang digunakan dan proses pembuatannya? Jika iya, yuk mari disimak bahan dan cara membuat rujak cingur sederhana seperti berikut ini.

Langkah Membuat Resep Rujak Cingur Homemade

Resep Rujak Cingur
Resep Rujak Cingur – @byviszaj

Bahan Rujakan :

  • Cingur 250 gram
  • Tauge 50 gram
  • Kangkung 2 ikat
  • Mentimun 1 buah
  • Bengkuang 1 buah
  • Tempe 1/2 papan
  • Tahu 2 buah

Bumbu Rujak :

  • Cabai rawit 8 buah, bisa disesuaikan dengan selera
  • Kacang tanah goreng 3 sendok makan
  • Petis udang 2 sendok makan
  • Bawang putih goreng 2 siung
  • Air asam jawa 4 sendok makan
  • Gula merah iris 2 sendok makan
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Pisang klutuk, parut kasar sebanyak 2 buah
  • Air matang secukupnya

Bahan Pelengkap Rujak Cingur :

  • Lontong secukupnya
  • Kerupuk secukupnya
  • Bawang putih goreng secukupnya

Cara Membuat Cingur :

  1. Rebus cingur hingga empuk, tiriskan. Kemudian potong-potong sesuai selera.
  2. Selanjutnya petik-petik daun kangkung, lalu rebus hingga matang.
  3. Rendam tauge dengan air panas, tiriskan.
  4. Potong tipis mentimun dan juga bengkuang, sisihkan.
  5. Goreng tempe dan tahu hingga matang, kemudian potong kecil-kecil sesuai selera.

Cara Membuat Bumbu Rujak Cingur :

  1. Haluskan cabai rawit, kacang tanah, bawang putih, gula merah, garam, dan juga pisang klutuk.
  2. Tambahkan petis udang, air asam jawa dan air secukupnya, aduk rata.
  3. Selanjutnya tata sayuran, cingur, tahu, dan tempe goreng di piring saji.
  4. Kemudian siram dengan bumbu rujak.
  5. Rujak cingur, siap disajikan dengan irisan lontong, kerupuk, serta bawang putih goreng untuk taburannya.

Ini merupakan olahan rujak cingur siram, karena bumbu kacangnya disiramkan di atas rujakan. Kalau mau bikin rujak cingur uleg, maka saat membuat bumbu kacang tanah bisa masukkan bahan rujakan mentah dan mateng, serta irisan cingurnya ke dalam ulegan. Aduk rata, lalu sajikan bersama kerupuk. Rujak cingur ini paling nikmat disantap saat siang hari untuk makan siang.

Jangan Lewatkan : Resep Rujak Buah Sambal Kacang

Demikian artikel mengenai Resep Rujak Cingur Surabaya, semoga sesuai selera. Selamat mencoba ..

Loading...