Resep Tempe Mendoan Asli Banyumas Yang Enak dan Gurih

Resep Tempe Mendoan – Tempe Mendoan merupakan salah satu makanan tradisional atau hidangan jenis gorengan yang berasal dari Purwokerto kabupaten Banyumas, provinsi Jawa tengah, Indonesia. Sajian ini dapat kita temukan di pasar-pasar tradisonal, tempat rumah makan, warung-warung gorengan dan pedagang kaki lima di Banyumas.

Biasanya masyarakat Banyumas kerap menyantap Mendoan sebagai cemilan sehari-hari dan juga sebagai lauk tambahan pada saat makan. Tempe Mendoan lebih enak dimakan bersama sambal kecap, cabai rawit, saus dan juga sambal kacang. Menurut saya, Tempe Mendoan ini merupakan sajian yang enak dimakan kapan saja, entah itu di pagi hari, siang, sore maupun malam hari.

Bdw, mengapa gorengan ini diberi nama tempe mendoan? Padahal sekilas sajian ini sama saja dengan Tempe Goreng yang sering kita jumpai di tukang gorengan. Dan apa bedanya antara tempe mendoan dan tempe goreng biasa?

Baca Juga : Resep Tempe Mendoan Purwokerto Asli Banyumas Enak Gurih

Jawabannya : Menurut Sekertaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Banyumas, Suwondo Geni mengatakan “jadi gini, tempe mendoan itu adalah tempe goreng. Namun tempe yang digunakan adalah tempe khas banyumas, bentuknya tipis, kemudian diberi tepung dan bumbu, kemudian digoreng setengah matang atau mendo, lalu dihidangkan.

Jadi mendo” di adopsi dari kata yang berasal dari banyumas yang berarti tempe goreng setengah matang sehingga sajian ini diberi nama Tempe mendoan.

Tempe medoan dibuat dari tempe khusus, bentuknya tipis dan dibungkus dengan daun pisang serta lapisan luarnya dibungkus lagi dengan daun jati. Biasanya setiap satu bungkus tempe terdapat 3 lembar tempe.

Dalam proses pembuatan tempe mendoan, lembaran tempe tersebut selanjutnya dicelupkan ke adonan yang telah diberi bumbu seperti garam, bawang putih, dan daun bawang lalu digoreng sebentar saja.

Simak Juga : 2 Resep Tempe Mendoan Khas Purwokerto

Sedangkan tempe goreng merupakan tempe yang dibuat dengan tempe kedelai berbentuk kotak biasa yang tebal dan dibungkus dengan plastik kemudian dipotong tipis-tipis, lalu di celupkan pada adonan terigu yang juga dibumbui lalu digoreng sampai benar-benar matang atau kering.

Hal ini yang menyebabkan Tempe mendoan sangatlah berbeda dengan tempe goreng lainya dan pastinya Tempe Mendoan lebih istimewa dan sangat khas ditambah lagi dengan irisan daun bawang yang banyak, hmm pokoknya mantap rasanya.

Tempe Mendoan biasanya disajikan selagi hangat, karena bila sudah dingin Tempe Mendoan ini cenderung layu sehingga cita rasanya pun menjadi kurang mantap.

Bagi anda yang berkunjung di Banyumas, Jawa Tengah maka kurang lengkap bila belum menimati jajanan khas Banyumas.  Namun bagi anda yang ingin mencicipi kudapan gurih ini, tak lantas harus pergi jauh ke kota asalnya loh!

Karena anda bisa mencoba membuat Tempe Mendoan sendiri dirumah. Bahan- bahan yang diperlukan untuk membuat mendoan pun sangat mudah ditemukan dipasar-pasar yang dekat dengan rumah anda. Untuk itu, Simak dan Pelajari Resep Tempe Mendoan khas Banyumas berikut ini :

Step by Step Menggoreng Resep Tempe Mendoan

Resep Tempe Mendoan
Resep Tempe Mendoan – @officialgrafika

Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Tempe Mendoan :

  • Tempe bungkus daun 1 papan, iris tipis dan lebar
  • Tepung terigu 150 gram
  • Tepung beras 50 gram
  • Daun bawang 2 batang, iris tipis
  • Daun jeruk 2 lembar, iris tipis (optional)
  • Air 250 mili liter
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus Tempe Mendoan :

  • Bawang merah 2 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Merica 1 sendok teh, sangrai
  • Ketumbar 1 sendok teh, sangrai
  • Garam 2 sendok teh

Bahan Sambel Kecap :

  • Kecap manis secukupnya
  • Cabe kriting secukupnya, iris kecil
  • Cabe Rawit secukupnya, iris kecil
  • Perasan air jeruk nipis 1 sendok makan

Langkah Membuat Tempe Goreng Mendoan :

  1. Campurkan tepung terigu dan tepung beras kedalam wadah, tambahkan daun bawang dan daun jeruk, aduk sampai rata.
  2. Tuangkan air sedikit demi sedikit hingga mencapai tingkat kekentalan yang diinginkan sesuai selera.
  3. Masukan bumbu halus kedalam adonan tepung, aduk sampai merata, sesuaikan rasanya.
  4. Panaskan minyak, balur tempe kedalam adonan mendoan, goreng hingga stengah matang.
  5. Sajikan tempe mendoan selagi hangat, lengkap dengan sambal kecap.

Dalam pembuatan Resep Tempe Mendoan ini, usahakan goreng tempe dengan menggunakan api sedang saja. Silahkan sesuaikan tingkat kematangan Tempe mendoan sesuai selera. Bisa goreng hanya sampai setengah matang berwarna putih saja, atau bisa digoreng hingga kering dan crispy.

Jangan Lewatkan : Resep Keripik Tempe Untuk Usaha Rumahan

Sajikan Tempe Mendoan selagi hangat lengkap dengan sambal kecapnya untuk camilan saat bersantai. Atau bisa juga dijadikan lauk tambahan sehari-hari di rumah.

Selamat mencoba..

Loading...